10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS – Tahukah Anda apa itu USB bootable? Biar admin daftarpedia jelaskan! Ini adalah drive yang dapat dibooting yang memungkinkan Anda menginstal sistem operasi pada perangkat tanpa drive CD / DVD. Misalkan Anda memiliki komputer lama yang menjalankan Windows, dan Anda ingin mem-boot Linux ke dalamnya. Namun, komputer tidak memiliki drive CD / DVD. Pada saat itu, drive USB bootable berfungsi sebagai solusi.

Untuk membuat drive Bootable USB, seseorang perlu menggunakan alat Bootable USB. Peran alat USB Bootable adalah menyiapkan drive USB untuk menginstal Windows atau Linux di komputer. Anda tidak dapat membuat drive Bootable USB tanpa menggunakan tools pembuat Bootable USB. Anda perlu menggunakan alat pihak ketiga untuk menyiapkan perangkat USB untuk menginstal sistem operasi.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows, Linux dan MacOS. Beberapa alat yang tercantum dalam artikel hanya kompatibel dengan sistem operasi Windows, sementara yang lain dapat membuat drive yang dapat di-boot Linux.

Daftar 10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows, Linux dan MacOS

Berikut adalah daftar tools terbaik untuk membuat drive Bootable USB dari sistem operasi yang berbeda, baik Windows 10 atau GNU / Linux atau macOS. Simak dibawah ini:

1. Rufus

Ini mungkin alat terbaik dan terlengkap untuk membuat drive USB bootable dari file ISO di Windows. Karena admin telah menggunakannya selama bertahun-tahun tanpa masalah dan memungkinkan Anda membuat unit yang dapat di-boot dari hampir semua sistem operasi. Dan tidak hanya itu itu juga berfungsi untuk membuat USB boot di mana perubahan disimpan untuk sesi berikut.

Dibandingkan dengan alat USB bootable lainnya, Rufus cukup mudah digunakan, dan programnya sangat ringan. Dengan Rufus, Anda dapat membuat drive USB Bootable untuk semua versi Windows dan distro Linux populer seperti Ubuntu, Fedora, Kubuntu, dan lain sebagainya.

2. Windows 10 Installation Media Tool

Windows 10 Installation Media Tool

Ini adalah alat mini yang disediakan oleh Windows untuk membuat USB bootable. Windows 10 Installation Media Tool relatif mudah digunakan, tetapi hanya dapat membuat drive USB Bootable Windows saja. Jika Anda ingin menginstal Windows di komputer lain, Anda dapat menggunakan media instalasi Windows 10 untuk membuat USB Bootable Windows.

Namun, harap diingat bahwa alat pembuatan media Windows 10 hanya dimaksudkan untuk sistem operasi Windows. Itu tidak berjalan di OS lain, juga tidak membuat USB yang dapat di-boot untuk sistem operasi lain selain Windows 10.

3. UNetbootin

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

Ini adalah alat yang mirip dengan yang sebelumnya, tetapi memiliki versi untuk semua platform seperti Windows, GNU / Linux, dan macOS. Saat membuat USB Bootable, ini memungkinkan Anda untuk menggunakan ISO yang telah Anda unduh atau menggunakan daftar sumber Anda sehingga aplikasi itu sendiri mengunduh ISO secara otomatis sebelum memasukkannya ke USB.

UNetbootin lebih fokus pada distribusi Sistem Operasi Linux. Anda dapat mengunduh salah satu dari banyak distribusi Linux langsung dari antarmuka UNetbootin. Namun, proses pembuatan USB yang dapat di-boot cukup lambat, dan ini bukan alat yang sangat andal.

4. Linux Live USB Creator

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

Ini adalah aplikasi gratis dan sumber terbuka atau open source lainnya, dan meskipun dapat digunakan di Windows, ia tidak dapat membuat drive Windows yang dapat dibooting. Alat ini hanya memungkinkan Anda membuat drive boot USB dari distribusi GNU / Linux.

Satu-satunya hal positif dari Linux Live USB Creator adalah antarmuka penggunanya yang menarik. Alat ini cepat dan mendukung hampir semua distro Linux. Jika Anda ingin membuat drive bootable Linux, Anda dapat mempertimbangkan yang ini.

5. Yumi

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

Ini adalah aplikasi yang memiliki spesialisasi dalam membuat unit multiboot USB, yang berarti Anda dapat menginstal beberapa sistem operasi di unit penyimpanan yang sama, dan kemudian Anda dapat memilih mana yang ingin Anda gunakan.

Anda dapat meletakkan distro GNU / Linux yang berbeda atau menggabungkannya dengan Windows, lalu mem-boot-nya dan menggunakannya di PC mana pun. Ini adalah alat bootable USB canggih yang dapat Anda gunakan pada sistem operasi Windows 10.

6. RMPrepUSB

RMPrepUSB adalah salah satu alat USB Bootable paling canggih yang dapat Anda gunakan hari ini. Itu dapat membuat USB yang dapat di-boot untuk file Linux dan Windows ISO. Namun, RMPrepUSB sangat sulit digunakan karena antarmuka pengguna yang berantakan alias tidak teratur interfacenya. Jika Anda seorang pemula dan tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang cara kerja partisi disk, sebaiknya lewati yang satu ini.

Jika kita berbicara tentang fiturnya, RMPrepUSB dapat membuat banyak partisi pada satu drive USB. Itu juga mendapat dukungan multi-boot.

7. LiveUSB Install

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

Aplikasi ini ditulis dengan pemrograman python dan dirancang khusus untuk memfasilitasi instalasi distro GNU / Linux. Sebenarnya, aplikasi ini dibuat khusus untuk membuat USB di Linux, meskipun ia juga memiliki versi untuk Windows.

Ini memungkinkan Anda untuk mengekstrak citra sistem operasi yang ingin Anda masukkan ke dalam USB dari torrent, dari CD atau DVD asli atau file ISO.

8. WinToBootic

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

Ini adalah alat USB Bootable gratis terbaik lainnya yang dapat Anda gunakan di komputer Windows 10 Anda. Namun, WinToBootic membutuhkan kerangka kerja .NET untuk dijalankan. Karena ini adalah alat portabel, ini berjalan tanpa instalasi.

Perangkat lunak ini dapat membuat USB Bootable Windows 7, Windows 8, dan Windows 2008. Antarmuka pengguna alat ini cukup ringan. Itu dibuat dari jendela kecil yang menyediakan akses langsung ke semua fitur.

9. WinSetUp From USB

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

Nah, jika Anda mencari Alat USB Bootable gratis terbaik untuk Windows dan Linux, maka Anda perlu mencoba WinSetUp From USB. Tebak apa? Dengan WinSetUp From USB, Anda dapat dengan mudah membuat Windows versi 32-bit dan 64-bit.

Selain itu, WinSetUp From USB juga dapat digunakan untuk membuat disk penyelamat antivirus yang dapat di-boot. Alat ini sangat ringan, dan tidak memperlambat PC Anda selama proses pembuatan media yang dapat di-boot.

10. XBoot

10 Bootable USB Tools Terbaik Untuk Windows Linux dan MacOS

Nah bootable yang terakhir adalah xBoot. XBoot adalah pembuat drive USB multi-boot gratis terbaik lainnya dalam daftar yang dapat Anda gunakan hari ini. Alat USB yang dapat di-boot hanya mendukung sistem operasi Windows dan Linux. Hal yang paling mencolok tentang XBoot adalah antarmuka penggunanya yang terlihat bersih dan terorganisir dengan baik.

Penutup

Jadi, apa pendapat Anda tentang hal ini? Bagikan semua pandangan dan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah. Dan jika Anda menyukai daftar teratas ini, jangan lupa untuk membagikannya kepada teman dan keluarga Anda.

Leave a Reply