10 Rekomendasi Software OCR Gratis Terbaik Untuk Windows 10

10 Rekomendasi Software OCR Gratis Terbaik Untuk Windows 10 – Berkat software Optical Character Recognition (OCR), mengubah teks tulisan tangan atau teks cetak menjadi jauh lebih mudah. Saat ini, ada banyak perangkat lunak OCR yang tersedia untuk Windows yang dapat mengonversi gambar, atau bahkan tulisan tangan, menjadi teks.

Jika Anda tidak tahu, fungsi software OCR adalah menganalisis dokumen dan membandingkannya dengan font berbeda yang disimpan dalam database mereka. Setelah cocok, itu kemudian mengubah gambar atau bahkan tulisan tangan menjadi file teks. Setelah mengonversi, Anda dapat menyalin teks dan menggunakannya di mana saja.

10 Rekomendasi Software OCR Gratis Terbaik Untuk Windows 10
Image Created by Canva

List 10 Rekomendasi Software OCR Gratis Terbaik Untuk Windows 10

Karena banyak perangkat lunak atau software OCR tersedia untuk Windows, menemukan yang terbaik bisa jadi menantang. Karenanya, dalam artikel ini, kami akan membagikan daftar software OCR terbaik untuk Windows 10. Jadi, mari kita lihat daftar 10 Rekomendasi Software OCR Gratis Terbaik Untuk Windows 10 dibawah ini:

1. Readiris

Nah, Readiris adalah aplikasi pengeditan PDF untuk Windows 10. Dengan Readiris, Anda dapat dengan mudah mengedit, membuat anotasi, mengenkripsi, dan menandatangani file PDF Anda. Readiris juga dilengkapi dengan mesin pengenal karakter optik yang dapat digunakan untuk mengekstrak teks dari teks cetak atau dokumen digital apa pun. Selain itu, ia juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda mengedit teks yang disematkan di gambar Anda dengan OCR.

2. FreeOCR

FreeOCR adalah Perangkat Lunak OCR terbaik dalam daftar dan ditempatkan di tempat kedua di sini. Ini menggunakan Tesseract Engine yang dibuat oleh HP dan dikelola oleh Google. Satu-satunya kelemahan FreeOCR adalah antarmuka penggunanya yang sudah ketinggalan zaman. Jika kita menghiraukan antarmuka pengguna, FreeOCR tidak mengecewakan di bagian lain mana pun. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk memindai dokumen apa pun, membuka file PDF, mengonversi PDF ke berbagai format, dan masih banyak lagi.

3. SimpleOCR

Jika Anda mencari Perangkat Lunak atau software OCR yang dapat menangani konten multi-kolom, gambar warna font non-standar, dan gambar dengan kualitas yang tidak memadai, maka SimpleOCR mungkin pilihan terbaik untuk Anda. Fitur OCR pada SimpleOCR cukup cepat dan dapat memindai dokumen dalam waktu singkat. SimpleOCR juga merupakan aplikasi gratis dan tidak dibatasi dengan cara apa pun. Setelah mengekstrak teks, SimpleOCR juga menawarkan beberapa opsi pengeditan teks seperti pemeriksa ejaan bawaan untuk memperbaiki kesalahan pengetikan.

4. Microsoft OneNote OCR

Tidak banyak yang tahu, tetapi Microsoft OneNote juga memiliki fitur OCR lanjutan yang berfungsi dengan baik pada gambar dan catatan tulisan tangan. Microsoft OneNote mudah digunakan dibandingkan dengan semua software OCR lainnya. Untuk mengekstrak teks dari gambar, Anda perlu mengklik kanan pada gambar dan memilih opsi ‘Salin Teks dari gambar’. Teks yang dikenali akan disalin ke papan klip secara otomatis.

5. ABBYY FineReader 14

ABBYY FineReader 14 adalah perangkat lunak OCR powerfull yang tersedia di Google Play Store. Alat OCR dikenal dengan pengenalan teks yang cepat dan akurat. Tidak hanya itu, ABBYY FineReader 14 juga mampu mengubah file teks yang dipindai ke dalam format file HTML atau ePUB. Ini adalah aplikasi premium, tetapi Anda dapat memanfaatkan masa uji coba gratis selama 30 hari di mana Anda dapat mengakses semua fitur premium secara gratis.

6. Boxoft Free OCR

Boxoft Free OCR adalah software OCR gratis terbaik lainnya yang dapat Anda gunakan hari ini. Alat ini dapat mengekstrak teks dari semua jenis format gambar. Fitur Boxoft Free OCR yang paling menonjol adalah antarmukanya yang sangat bersih dan teratur. Namun, karena sifatnya yang bebas, alat ini terbatas hanya pada barang OCR, dan melewatkan fitur konversi.

7. Google Docs

Google Docs bukanlah alat OCR, tetapi lebih dari aplikasi berbasis web gratis yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit file dokumen dan spreadsheet. Hanya sedikit pengguna Google Docs yang tahu bahwa alat berbasis web ini mengemas alat ORC untuk mengekstrak teks dari gambar apapun. Jadi, Google Docs adalah alat OCR berbasis web terbaik lainnya yang dapat Anda pertimbangkan.

8. TopOCR

Ini adalah alat OCR premium, tetapi Anda dapat mencobanya secara gratis. TopOCR sedikit berbeda dari semua yang tercantum di atas. Alat ini bekerja paling baik pada gambar yang diambil dengan kamera digital dan pemindai. Artinya, ia hanya dapat mengekstrak teks dari gambar berkualitas tinggi. TopOCR juga memungkinkan pengguna untuk mengonversi file keluaran ke dalam format PDF, HTML, TXT, dan RTF.

9. YAGF OCR

Jika Anda mencari software OCR yang memungkinkan pengguna membuka gambar yang sudah dipindai untuk mengekstrak teksnya, maka YAGF OCR mungkin pilihan terbaik untuk Anda. Perangkat lunak ini secara efektif memindai dan mengekstrak teks dari area gambar yang berbeda. Tidak hanya itu, YAGF OCR juga memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks ke dalam bahasa lain.

10. Free OCR to Word

Seperti namanya, Free OCR to Word adalah alat OCR yang mengekstrak teks dari file gambar dan menyimpannya sebagai dokumen kata. Aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur, dan itu mengubah seluruh dokumen yang dipindai menjadi dokumen kata yang dapat diedit. Hal yang hebat tentang Free OCR to Word adalah ia dapat mengekstrak teks dari berbagai format gambar, termasuk BMP, GIF, PNG, ICO, JFIF, PCX, PCD, TGA, dan lain – lain.

Penutup

Jadi, ini adalah pembahasan mengenai 10 Rekomendasi Software OCR Gratis Terbaik Untuk Windows 10 yang dapat Anda gunakan saat ini. Saya harap artikel ini membantu Anda! Tolong bagikan juga dengan teman-teman Anda. Jika Anda mengetahui perangkat lunak lain semacam itu, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Leave a Reply