10 Tools Gratis Terbaik Untuk Mengecek Kesehatan SSD

Pada artikel kali ini, admin daftarpedia.com akan membahas mengenai 10 Tools Gratis Terbaik Untuk Mengecek Kesehatan SSD. Simak penjelasannya dibawah iini.

Jika kita berbicara tentang komponen perangkat keras terpenting di dalam komputer, banyak dari kita akan memikirkan Prosesor dan RAM. Meskipun benar sampai batas tertentu, Hard drive juga memainkan peran penting. Tidak masalah jika Anda memiliki Prosesor i5 atau i7, jika Hard drive Anda kedaluwarsa, sistem akan mem-boot lebih lambat dan program akan dimuat dengan lambat.

Inilah satu-satunya alasan pengguna tingkat lanjut beralih ke SSD belakangan ini. Memasang SSD baru dapat mengubah seluruh pengalaman komputer Anda. Ini dapat memberikan kehidupan baru ke dalam komputer Anda dan membuatnya lebih cepat. Windows tidak menyediakan utilitas bawaan apa pun kepada pengguna untuk memeriksa kesehatan SSD. Jadi, jika Anda ingin tahu apakah SSD Anda berkinerja baik, Anda perlu menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Daftar 10 Tools Gratis Terbaik Untuk Mengecek Kesehatan SSD

1. CrystalDiskMark

Tools Gratis Terbaik Untuk Mengecek Kesehatan SSD

Ini adalah salah satu alat Tolok Ukur PC terbaik dan ringan yang tersedia di luar sana. Alat ini kompatibel dengan sistem operasi Windows dan melakukan uji stres pada drive USB, RAMDisks, Drive SSD, dan Hard drive. Untuk melakukan pengujian, Anda dapat menyetel ukuran pengujian antara 50MB dan 4GB. Setelah mendapatkan hasilnya, Anda bisa membandingkan kecepatan baca dan tulis saat ini dengan kecepatan biasa.

2. AS SSD Benchmark

Free Tools untuk cek kesehatan hardisk dan ssd

Yah, AS SSD Benchmark sangat mirip dengan CrystalDiskMark, tetapi lebih berfokus pada pembandingan drive SSD. Hal utama tentang AS SSD Benchmark adalah memungkinkan Anda menguji kinerja baca dan tulis acak serta kinerja baca dan tulis berurutan. Ini adalah alat portabel, yang berarti Anda dapat menjalankannya di komputer lain melalui drive USB.

3. Anvil’s Storage Utilities

Anvil’s Storage Utilities Free tools Untuk Cek Kesehatan Hardisk dan SSd

Utilitas Penyimpanan Anvil sedikit lebih maju dibandingkan dengan dua lainnya yang tercantum di atas. Selain melakukan tes baca dan tulis lengkap, ini juga menunjukkan hal-hal lain seperti waktu respons, operasi Input / Output per detik, kecepatan dalam MB / s, dll. Selain itu, ada juga tombol tangkapan layar untuk menyimpan tangkapan layar cepat dari hasil tes. Jadi, Utilitas Penyimpanan Anvil adalah alat tolok ukur komprehensif lainnya untuk SSD di pasar.

4. Intel Solid-State Drive Toolbox

Intel Solid-State Drive Toolbox Free Tools Untuk Cek Kesehatan SSD Dan Hardisk

Nah, jika Anda menggunakan Intel SSD dan mencari alat benchmarking SSD untuk memeriksa kesehatan SSD, maka Intel Solid State Drive Toolbox mungkin pilihan terbaik untuk Anda. Ia memberitahu segalanya tentang SSD seperti nomor model, kesehatan drive, perkiraan waktu drive, atribut SMART, dll. Selain benchmark, ia juga melakukan pembaruan firmware dan mengoptimalkan drive SSD.

5. SSD Life

SSD Life Free Tools Cek Kesehatan HDD dan SSD

Seperti namanya, alat ini adalah alat khusus untuk Solid State Drive yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows. Dengan SSD Life, Anda dapat dengan mudah mengukur kesehatan dan kecepatan SSD Anda. Tidak hanya itu tetapi ini menunjukkan detail SSD seperti versi Firmware, nomor model, dan lain – lain. Selain itu, ini menghitung umur SSD, kesehatan saat ini, dan lain – lain.

6. MiniTool Partition Wizard

MiniTool Partition Wizard Free Tools Cek Kesehatan HDD dan SSD

MiniTool Partition Wizard pada dasarnya adalah perangkat lunak manajemen partisi, tetapi ia juga mendapat beberapa fitur pemeriksaan disk. Jika kita berbicara tentang pemeriksaan kesehatan SSD, MiniTool Partition Wizard memungkinkan Anda mengukur kinerja disk dengan menggunakan ukuran transfer variabel. Selain itu, MiniTool Partition Wizard juga dapat memulihkan data yang hilang, menganalisis ruang disk, dan lain – lain.

7. Smartmonotools

Smartmonotools Free Tools Cek Kesehatan Hardisk dan SSD

Jika Anda mencari utilitas pemeriksaan kesehatan disk yang ringan dan mudah digunakan untuk Windows 10, Anda perlu mencoba Smartmonotools. Tebak apa? Smartmonotools memberi Anda pemantauan real0time dari semua HDD & SSD Anda. Ini secara otomatis menganalisis disk Anda dan memberi tahu Anda tentang kemungkinan kegagalan dan degradasi disk.

8. Hard Disk Sentinel

Hard Disk Sentinel Free Tools Cek Kesehatan HDD dan SSD

Ini adalah alat pemantau disk terbaik lainnya yang dapat Anda gunakan di Windows, Linux, dan Dos. Hard Disk Sentinel kompatibel dengan SSD, dan dapat membantu Anda menemukan, menguji, mendiagnosis, dan memperbaiki berbagai masalah SSD. Hard Disk Sentinel juga menawarkan alat pembandingan yang memperingatkan Anda tentang penurunan kinerja.

9. Samsung Magician

Samsung Magician Free Tools Cek Kesehatan Hardisk dan SSD

Jika Anda telah menginstal SSD Samsung di sistem Anda, maka Anda harus menggunakan Samsung Magician untuk memecahkan semua jenis masalah SSD. Hal terbaik tentang Samsung Magician adalah ia menawarkan kepada Anda tiga profil SSD yang berbeda untuk dipilih – Kinerja Maksimum, Kapasitas Maksimum, dan Keandalan Maksimum. Anda juga dapat mengubah profil ini untuk lebih meningkatkan kinerja.

10. SSD Ready

SSD Ready Free Tools Cek Kesehatan HDD dan SSD

Nah, ini adalah alat mini yang bagus untuk memperkirakan umur SSD. Setelah dipasang, SSD Ready secara aktif melacak perilaku penggunaan SSD. Setelah mengumpulkan cukup data, ini menghitung sisa masa pakai SSD. Yang membuat alat ini lebih berguna adalah alat ini juga memberi Anda umpan balik dan tip tentang cara mengoptimalkan drive SSD Anda untuk memperpanjang umurnya.

Jadi, ini adalah alat gratis terbaik untuk memeriksa kesehatan SSD dan memantau kinerja. Saya harap artikel ini membantu Anda! Bagikan juga dengan teman Anda dan baca juga artikel lainnya di website kami.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.