20 Plugin Terbaik Yang Wajib Diinstal Di WordPress

20 Plugin Terbaik Yang Wajib Diinstal Di WordPress – Ada sekitar lebih dari 40.000 plugin di WordPress yang dapat membantu dan bermanfaat bagi kita untuk menambahkan fitur-fitur atau sebuah layanan tertentu tanpa menyentuh kode (coding) sedikitpun.

Akan tetapi problem-nya di sini:

Tidak semua ke-40.00an plugin tersebut bagus dan bermanfaat bagi wordpress kita. Terdapat banyak plugin yang memiliki kualiatas tidak baik dan justru malah berdampak negatif  untuk WordPress kita.

Ada juga plugin yang memiliki fitur sama sehingga membuat kita malah menginstall dua plugin sekaligus yang sejenis. Para pemula WordPress biasanya menjadi bingung karena hal tersebut. Oleh karena itu kita bahas sekarang.

Pada umumnya terdapat 11 fungsi plugin yang sangat penting untuk semua jenis website wordpress. Untuk masing-masing dari kesebelas fungsi tersebut, admin akan menunjukkan atau memberikan 1-3 plugin terbaik dengan berbagai pertimbangan seperti berikut ini:

  1. Yang sangat mudah digunakan.
  2. Yang terbaik di antara yang gratis atau free.
  3. Yang terbaik, tanpa mempertimbangkan harga atau price

Inilah 20 Plugin Terbaik Yang Wajib Diinstal Di WordPress:

A. Mengamankan dan Membackup Data WordPress

Backup atau membuat cadangan adalah hal yang terkadang diremehkan oleh pemilik website wordpress baru. Padahal fungsinya SANGAT WAJIB kalian miliki.

Bayangkan jika kalian baru membuat atau meng-create sebuah website dengan WordPress, kemudian kalian tertarik untuk membongkar – bongkar kode di plugin dan templet, padahal kalian belum mengerti sekali mengenai PHP.

Hal ini dapat menyebabkan WordPress kalian corrupt atau rusak.

Jika rusaknya sepele, memperbaikinya pasti gampang sekali. Akan tetapi bagaimana jika ternyata kalian tidak dapat mengembalikannya seperti sediakala.

Haruskah install ulang? Seluruh file, post, dan page yang sudah kalian buat akan hilang semua. Untuk mencegah hal-hal seperti itulah kita butuh backup atau mencadangkan.

Meskipun saat ini kalian belum membutuhkannya,akan tetapi sewaktu-waktu ketika kalian butuh datanya maka kalian tidak akan panik.

Berkut ini adalah 2 plugin backup terbaik:

1. Plugin UpdraftPlus

UpdrafPlus

Plugin UpdraftPlus adalah plugin yang berfungsi untuk backup gratis yang fiturnya paling lengkap.

Kalian bisa menjadwalkan atau men-scedulekan backup secara otomatis, lalu filenya akan dikirim ke tempat lain seperti Dropbox, Google Drive, dan lain – lain..

Selain hal itu, UpdrafPlus juga memiliki addon berbayar untuk menambah fitur – fitur atau kalian juga dapat beli versi berbayarnya seharga $90.

Berikut ini adalah fitur-fitur utama Plugin UpdraftPlus:

  • Full backup, dengan penjadwalan atau pen-scedulan secara otomatis.
  • Menyimpan file di storage luar storage seperti Dropbox, Google Drive, Copy.com, OneDrive, dan lain-lain sehingga tidak memakan kapasitas hosting kalian.
  • Email notifikasi saat backup selesai atau jika ada error.
  • Proses restore data yang tidak rumit. Migrasi website ke tempat lain dengan mudah (khusus premium)

Harga: Free dan punya versi premium

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/updraftplus/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download UpdrafPlus[/button]

 

2. Plugin VaultPress

Plugin VaultPress

Ini adalah salah satu plugin untuk kalian yang tak ingin ribet dengan urusan backup data WordPress.

Plugin VaultPress adalah plugin yang berfungsi untuk backup yang banyak dipakai oleh website-website besar. Hal tersebut dikarenakan prosesnya benar-benar sangat simple. Dalam 1 klik saja, semua urusan backup – membackup langsung selesai.

Walaupun tidak free, namun harganya lebih murah dibandingkan jika kalian membeli versi premium atau berbayar dari Plugin UpdraftPlus.

Harganya mulai daru $5/bulan.

Plugin ini dibuat oleh seseorang yang bernama Matt Mullenwerg, co-founder Automattic (perusahannya WordPress). Jadi kehandalannya sudah tak perlu kalian ragukan lagi.

Berikut ini adalah fitur utama dari Plugin VaultPress:

  • Full backup harian secara otomatis dalam 1 kali klik.
  • Realtime backup (untuk paket tertentu).
  • Arsip backup 30 hari untuk paket termurah, dan arsip backup tidak dibatasi untuk paket harga yang lebih tinggi.
  • Restore data otomatis dalam 1 kali klik.
  • Restore data  ke tempat lain.
  • Safekeeper support kalau anda butuh bantuan.

Sebagai tambahan informasi, yang dimaksud dengan realtime backup ini adalah ketika file di WordPress kalian berubah, maka akan langsung dibackup. Oleh karena itu, plugin ini cocok untuk website besar yang banyak sekali aktivitas.

Harga: mulai dari $5/bulan

[button color=”red” size=”medium” link=”https://vaultpress.com/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download VaultPress[/button]

 

B. Menghapus Komentar Spam Secara Otomatis

Karena WordPress itu adalah Content Management System (CMS) yang sangat populer, maka banyak orang di luar sana yang  berbondong – bondong menggunakan tools untuk melakukan spam kepada website – website berbasis CMS WordPress.

Salah satu spam yang paling sering ditemui adalah spam pada komentar. Stelah website kalian berumur 1 hingga 4 minggu, kalian akan melihat banyak sekali komentar dalam bahasa Inggris yang sama sekali tidak berhubungan dan berisi banyak link.

Jika kalian hapus satu per satu akan memakan banyak waktu dan membuat kalian lelah. Maka dari itulah plugin ini sangat berperan penting untuk website kalian.

1. Plugin Akismet

Hanya memili satu rekomendasi dari admin untuk plugin dalam kategori anti spam.

Plugin Akismet adalah plugin gratis atau free yang biasanya telah terpasang secara langsung ketika WordPress kalian baru diinstall.

Kita hanya perlu mengaktifkannya saja. Fitur-fitur utama Plugin Akismet adalah:

  • Mendeteksi dan hapus komentar spam secara otomatis.
  • Database spammer terbesar dan terlengkap.

Harga: gratis

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/akismet/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Aksimet[/button]

 

C. Meningkatkan Kecepatan Atau Loading Website

Ada dua fungsi plugin cache atau untuk meningkatkan kecepatan Website WordPress:

  1. Untuk meningkatkan kecepatan atau loading website saat dibuka oleh visitor.
  2. Untuk meringankan kinerja server kalian.

Jika dijelaskan prosesnya, akan ribet dan panjang sekali, akan tetapu inti kerjanya seperti ini:

Ketika pengunjung atau visitor membuka website kalian, maka di belakang layar atau backend sebetulnya server kalian bekerja terus mengolah data guna menampilkan halamannya kepada visitor.

Ketika semakin banyak halaman yang dibuka, maka semakin berat kinerja server.

Plugin cache inilah yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang diolah server kalian, lalu disimpan di suatu tempat.

Saat visitor datang, mereka akan diberikan data yang telah diolah dan disimpan tadi sehingga hal tersebut membuat server kalian tidak perlu mengolah data berkali-kali untuk setiap visitor. Dengan hal tersebut maka prosesnya jadi lebih cepat.

Berikut ini adalah beberapa plugin cache terbaik:

1. Plugin W3 Total Cache

W3 Total Cache

Plugin W3 Total Cache gratis dengan fitur terlengkap.

Ada banyak fitur – fitur yang dapat kalian atur secara manual pada plugin ini, sehingga membuat hasilnya jadi sesuai seperti yang kalian inginkan.

Berikut ini adalah fitur-fitur utama W3 Total Cache:

  • Segala jenis pengaturan cache.
  • Mendukung CDN, minify, dan GZIP

Harga: gratis (punya versi premium)

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/w3-total-cache/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download W3 Total Cache[/button]

 

2. Plugin WP Super Cache

WP Super Cache

Plugin W3 Total Cache di atas memang sangatlah lengkap, akan tetapi saking lengkapnya terkadang orang- orang atau pemula malah justru jadi bingung pengaturannya seperti apa.

Untuk itulah ada alternatif lain yakni WP Super Cache (Website Admin menggunakan ini).

Kalau kalian tak ingin pusing – pusing melihat banyak settingan dan ingin sekali install langsung pakai, plugin ini mungkin bisa jadi alternatif buat kalian.

Berikut ini adalah fitur-fitur utama Plugin WP Super Cache:

  • Fitur cache yang cukup lengkap
  • Proses pengaturan yang lebih mudah

Harga: gratis

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/wp-super-cache/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download WP Super Cache[/button]

 

3. Plugin WP Rocket

Ada tidak plugin cache yang settingan tidak ribet, namun seper lengkap dan performanya paling top markotop.

Ada yakni plugin WP Rocket.

Dari sebuah testing  yang dilakukan kepada beberapa plugin cache yang ada, ternyata Plugin WP Rocket yang mempunyai performanya paling tinggi.

Berikut ini adalah fitur-fitur utama Plugin WP Rocket:

  • Segala jenis cache, minify, CDN, dan GZIP ada.
  • Lazy Load (gambar dimuat belakangan, saat pengunjung scroll sampai ke posisi gambarnya sehingga loading halaman jadi lebih cepat).

Harga: mulai dari $39

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wp-rocket.me/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download WP Rocket Cache[/button]

 

D. Plugin Untuk Meningkatkan Jumlah Share Ke Sosial Media

Sosial Media adalah salah satu sumber pengunjung website yang sangat besar dan banyak. Bahkan untuk beberapa jenis website dapat lebih besar daripada Google itu sendiri.

Oleh karena itu kekuatan sosial media tidak boleh dianggap remeh.

Kita ingin agar konten-konten di website kita dishare ke sosial media oleh visitor atau pengunjung website. Agar semakin banyak yang datang.

Agar para visitor mau share, kita wajib menyediakan tombolnya.

Berikut ini adalah plugin-plugin untuk menyediakan tombol share di website:

1. Plugin AddThis

Plugin AddThis

Plugin AddThis adalah plugin sosial sharing free yang fitur – fiturnya paling lengkap dan desainnya sangat indah.

Berikut ini adalah fitur-fitur Plugin AddThis:

  • Tombol sharing standar di awal/akhir konten.
  • Tombol sharing yang menempel di ujung kiri/kanan halaman dan ikut turun ketika halaman discroll.
  • Tombol sharing untuk mobile.
  • Tombol follow akun social media.
  • Integrasi dengan Google Analytics.
  • Statistik jumlah share harian.

Harga: gratis (ada versi premium)

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/addthis/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin AddThis[/button]

 

2. Plugin SumoMe

Plugin SumoMe

Plugin SumoMe merupakan sebuah plugin dengan fungsi atau fitur yang banyak. Walaupun desainnya tidaklah banyak, akan tetapi fitur share di SumoMe cukuplah lengkap.

Berikut ini adalah fitur-fitur Share di Plugin SumoMe:

  • 13 penempatan tombol social share, termasuk di awal/akhir konten dan tombol yang ikut turun ketika halaman discroll
  • Tombol share khusus mobile yang bisa diatur supaya menampilkan social media yang berbeda dengan desktop (premium)
  • Statistik harian
  • Tombol share di atas gambar
  • Tombol share yang muncul ketika pengunjung memblok tulisan

Harga: gratis (ada versi premium)

[button color=”red” size=”medium” link=”https://sumo.com/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin SumoMe[/button]

 

E. Plugin Untuk Menutup Celah Keamanan WordPress

Admin bukannya ingin menakut-nakuti kalian, tapi website berbasis WordPress itu sering menjadi sasaran para hacker. Hal tersebut disebabkan karena WordPress itu CMS paling populer di kalangan pengguna, jika seorang hacker mengetahui cara untuk membobol website WordPress maka hacker dapat membobol banyak website.

Dasarnya WordPress itu aman. Sangat jarang terjadi ada website yang dapat ditembus oleh hacker. Akan tetapi agar kita sebagai pemilik website jadi semakin tenang dan adema ayem, ada baiknya juga plugin-plugin ini dimanfaatkan.

1. Plugin JetPack

Plugin Jetpack

Plugin JetPack adalah plugin yang memiliki banyak fungsi dan manfaat, kali ini akan kita bahas fungsi yang bernama Protect dan Monitor.

Fitur Protect berfungsi untuk mencegah brute force. Brute force adalah sebuah metode hacking yang dilakukan dengan cara mencoba login berkali-kali hingga password dan usernamenya berhasil ditebak, baik itu secara manual maupun secara otomatis menggunakan tools.

Fitur Protect ini akan membatasi jumlah kesalahan login atau password selama durasi waktu tertentu. Sehingga brute force jadi susah atau tidak dapat dilakukan.

Sedangkan Fitur Monitor, sesuai dengan namanya, untuk memonitor situs dan memberitahu kalian melalui email jika website kalian down atau tak dapat diakses.

Harga: gratis

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/jetpack/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin JetPack[/button]

 

2. Plugin iThemes Security

Plugin iThemes Security

Ada beberapa fitur – fitur penting yang barangkali kalian butuhkan dari Plugin iThemes Security, contohnya seperti blokir alamat IP, scan virus, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah fitur – fitur utama Plugin iThemes Security:

  • Pemberitahuan lewat email ketika ada yang login
  • Login 2 tahap dengan Google Auhenticator
  • Scan file malware dengan penjadwalan otomatis
  • Blokir alamat IP tertentu
  • Mengubah alamat URL dashboard
  • Menutup halaman dashboard dalam jam-jam tertentu

Harga: gratis (ada versi premium)

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/better-wp-security/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin iThemes Security[/button]

 

F. Plugin Untuk Membuat Berbagai Jenis Form

Biasanya di sebuah website kita membutuhkan sebuah form. Sekedar form untuk para visitor kalian agar dapat menghubungi kalian, atau form untuk proses jual beli.

Jika kalian mengerti programming, maka plugin ini tidaklah penting, akan tetapi jika ada awam,  membuat sebuah form itu tidaklah gampang. Agar kalian dimudahkan maka kita menggunakan plugin.

1. Plugin JetPack

Plugin JetPack

Salah satu fungsi di Plugin JetPack merupakan membuat sebuah form kontak. Jika kalian hanya butuh form seperti ini, JetPack saja sudah cukup.

Harga: gratis

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/jetpack/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin Jetpack[/button]

 

2. Plugin Contact Form 7

Plugin Contact Form 7

Jika Anda enggan menggunakan Plugin JetPack (karena fiturnya kebanyakan dan lumayan memakan resource yang besar), jika hanya butuh fitur contact form saja, maka kalian dapat menggunakan plugin Contact Form 7.

Selain itu juga, Plugin Contact Form 7 juga memiliki beberapa fitur yang plugin JetPack tak punya contohnya seperti upload file, reCaptcha, integrasi dengan Akismet, dan lain sebagainya.

Harga: gratis

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/contact-form-7/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin Contact Form 7[/button]

 

3. Plugin Gravity Forms

Plugin Gravit Form

Segala jenis bentuk form dapat kalia create atau buat di Plugin Gravity Forms.

Selain hanya sekedar membuat form biasa, berikut ini jenis form lain yang dapat kalian buat di Plugin Gravity Forms:

  • Kuis
  • Pendaftaran email list
  • Survey
  • Form layanan pelanggan
  • Form pembayaran

Dan masih banyak lagi jenis form yang dapat kalian buat, tergantung bagaimana kalian membuatnya dan fungsinya.

Untuk menunjang fitur-fitur tersebut, maka plugin Gravity Forms memiliki integrasi yang sangat lengkap dengan aplikasi lain seperti MailChimp, Paypal, Stripe, Zapier, dan lain sebagainya.

Harga: mulai dari $39

[button color=”red” size=”medium” link=”https://www.gravityforms.com/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin Gravity Form[/button]

 

G. Plugin Memperkecil Ukuran Gambar Untuk Menghemat Hosting

Sebuah website atau situs dalam bentuk apapun pasti banyak berisi gambar – gambar. Kalau tidak, maka website kalian akan jadi monoton dan sangat membosankan.

Akan tetapi gambar itu tidaklah ringan.

Gambar atau media akan memakan banyak resource disk pada hosting kalian sehingga gambar akan membuat loading atau kecepatan website kalian jadi lebih lama atau lambat.

Untungnya, gambar-gambar tersebut kita kecilkan ukurannya menggunakan plugin – plugi dibawah ini:

1. Plugin EWWW Image Optimizer

Plugin EWWW Optimizer

Pada umumnya gambar-gambar yang kita gunakan atau kita upload ke website itu tidak optimal alias terlalu berat.

Dengan kehadiran plugin EWWW Image Optimizer, kita dapat mengkompres ukuran gambar agar menjadi lebih ringan. Misalnya jika kalian mengupload gambar JPG yang tadinya berukuran 600 KB, dengan adanya plugin ini bisa jadi hanya  50%nya atau 300 KB.

Berikut ini adalah fitur-fitur EWWW Image Optimizer:

  • Kompres gambar berformat JPG dan PNG otomatis saat diupload
  • Metode lossless (tanpa penurunan kualitas) atau lossy (dengan sedikit penurunan kualitas)
  • Optimasi semua gambar yang sudah diupload sebelumnya sekaligus

Harga: gratis

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/ewww-image-optimizer/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin EWWW Image Optimizer[/button]

 

2. Plugin JetPack

Plugin JetPack

Plugin JetPack memiliki fitur yang bernama Photon CDN (Content Delivery Network).

Gambar atau media yang kalian upload akan otomatis dioptimalkan ukurannya oleh plugin JetPack. Selain itu, gambar atau media kalian juga akan dicopykan ke CDN (Content Delivery Network) untuk ditampilkan kepada visitor website kalian.

Dengan demikian, maka pengunjung atau visitor kalian mengakses gambar bukan dari server kalian, melainkan dari CDN tersebut.

Hasilnya, kita jadi menghemat banyak bandwidth.

Harga: gratis

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/jetpack/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin JetPack[/button]

 

H. Plugin Untuk Mengoptimalkan Wodpress Terhadap Search Engine

Semua website wajib dioptimasikan untuk mesin pencari atau search engine supaya peringkatnya di mesin pencari Google tinggi, dan pada akhirnya mendapatkan banyak visitor ke website tersebut.

Standarnya, WordPress sudah optimasi, akan tetapi masih dapat kalian tingkatkan lagi.

Plugin SEO memiliki fungsi untuk mengatur bagaimana sebuah website kalian akan muncul dalam pencarian atau search engine Google mapun Bing, dan lain sebagainya serta melacak dan juga memperbaiki error di Search Console.

Ada satu hal yang perlu kalian ingat:

[highlight color=”yellow”]Plugin SEO bukan untuk meningkatkan peringkat di mata search enginer Google. Plugin ini hanya untuk menerapkan teorti SEO dasar.[/highlight]

1. Plugin Yoast SEO

Plugin Yost SEO yang paling populer saat ini. Plugin Yoast SEO memiliki fitur – fitur paling lengkap dibandingkan dengan plugin SEO lainnya. Tata cara penilaian SEO-nya juga yang paling modern.

Selain itu juga ada fitur – fitur optimasi sosial media.

Berikut ini adalah Fitur-fitur utama Yoast SEO:

  • Memberikan penilaian dari segi SEO untuk konten di website
  • Membuat sitemap dalam format XML untuk Search Console
  • Mengubah struktur judul halaman arsip
  • Mengubah judul konten dan judul halaman (tag <title>)
  • Menambahkan meta description
  • Mengubah .htaccess dan robots.txt
  • Melihat dan memperbaiki error di Search Console
  • Memberikan tag canonical kalau diperlukan

Harga: gratis (ada versi premium)

[button color=”red” size=”small” link=”https://wordpress.org/plugins/wordpress-seo/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin Yoast SEO[/button]

 

2. Plugin All-in-one SEO Pack

Plugin ini memiliki Fitur dasar hampir sama dengan Plugin Yoast SEO.

Sebenarnya kalian tinggal install plugin ini maupun Yoast SEO, sama saja. Tidak ada bedanya, asal jangan kalian install keduanya secara bersamaan.

Kalau kalian masih pemula dengan SEO, Yoast SEO mungkin lebih bagus dikarenakan memiliki skor penilaian untuk konten. Sedangkan jika kalian telah hatam dengan SEO dan ingin sebuah plugin yang lebih sederhana, All-in-one SEO lebih bagus dan cocok untuk kalian.

Berikut ini adalah fitur-fitur utama dari plugin ini:

  • Membuat sitemap dalam format XML untuk Search Console
  • Mengubah struktur judul halaman arsip
  • Mengubah judul konten dan judul halaman (tag <title>)
  • Menambahkan meta description
  • Memberikan tag canonical kalau diperlukan

Harga: gratis (ada versi premium)

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/all-in-one-seo-pack/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin All-in-one SEO Pack[/button]

 

I. Plugin Untuk Melihat Statistik Harian WordPress

Plugin ini bertujuan untuk melihat berapa jumlah pengunjung atau visitor website kalian, halaman mana saja yang paling banyak dikunjungi oleh visitor kalian dan seberapa lama waktu mereka berkunjung ke website kalian.

Fungsi dari statistik ini sering dianggap sepele oleh pengguna baru WordPress. Padahal jika saat website kalian telah berkembang, kalian akan sangat butuh dengan data-data ini.

Berikut ini plugin untuk melihat statistik website WordPress:

1. Google Analytics Dashboard Plugin for WordPress by MonsterInsights

Plugin yang kita pakai untuk mengumpulkan data sebenarnya adalah Google Analytics. Sedangkan plugin ini bertujuan untuk mengintegrasikan WordPress dengan Google Analytics website kalian.

Itu jika kalian tidak dapat mengintegrasikan secara manual. Jika kalian dapat integrasi manual, tidak perlu menginstall plugin ini.

Harga: gratis (ada versi premium)

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/google-analytics-for-wordpress/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin MonsterInsights[/button]

 

2. Plugin JetPack

Google Analytics adalah sebuah alat statistik sebuah website yang paling bagus dan populer saat ini karena fiturnya lengkap, bukan hanya untuk melihat jumlah visitor website, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk fungsi lain.

Akan tetapi jika kalian tidak mau menggunakan Google Analytics dan hanya ingin mengetahui jumlah visitor website kalian, gunakanlah Plugin JetPack.

Plugin JetPack memiliki fitur bernama Site Stats untuk mengetahui jumlah visitor website kalian.

[button color=”red” size=”medium” link=”https://wordpress.org/plugins/jetpack/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin JetPack[/button]

 

J. Plugin Untuk Membuat Form Pendaftaran Email

Hampir seluruh website besar memliki sebuah sistem atau layanan bagi visitor website mereka agar dapat mendaftarkan emailnya.

Hal tesebut memiliki tujuan agar dapat mendatangkan mereka lagi untuk mengunjungi webisite kita.

Selain itu juga, kalau kalian menjual sebuah produk/jasa, maka visitor yang mendaftarkan emailnya adalah calon-calon pembeli dan pelanggan kalian.

Jadi ada dua tujuan mengumpulkan email visitor website:

  1. Mengembangkan website dengan lebih cepat.
  2. Mendapatkan pembeli/pelanggan.

Berikut ini adalah plugin yang dapat gunakan untuk membuat optin form pendaftaran email.

1. Plugin SumoMe

Plugin SumoMe adalah plugin yang memiliki banyak fitur yang dapat kita manfaatkan untuk mengembangkan sebuah website. Salah satunya ialah untuk membuat optin form.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama SumoMe terkait optin form:

  • Form dalam bentuk popup
  • Form yang muncul ketika halaman discroll
  • Form horizontal di bagian atas halaman
  • Form yang memenuhi layar
  • Statistik pendaftar harian
  • A/B testing (premium)

Harga: gratis (ada versi premium)

[button color=”red” size=”medium” link=”https://sumo.com/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin SumoMe[/button]

 

2. Thrive Leads

Thrive Leads

Plugin Thrive Leads saat ini adalah plugin optin form yang fiturnya paling lengkap dan popule di kalangan pengguna CMS WordPress.

Selain itu juga, interfacenya juga sangat fleksible.

Plugin ini memiliki lebih dari 50 template yang tersedia di dalam plugin ini. Jika Anda masih tidak puas, semuanya dapat kalian ganti mulai dari warna, gambar, ukuran. dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah fitur-fitur Thrive Leads:

  • Menaruh optin form dimanapun di halaman anda
  • Form dalam bentuk popup
  • Form yang muncul ketika halaman discroll
  • Form horizontal di bagian atas halaman
  • Form yang memenuhi layar
  • Statistik pendaftar harian
  • Mengirimkan lead magnet secara otomatis
  • A/B testing
  • Desain yang bisa diatur sesuai selera

Harga: mulai dari $67

[button color=”red” size=”medium” link=”https://thrivethemes.com/leads/?idev_id=4386″ icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Plugin Thrive Leads[/button]

 

K. Plugin Membuat Landing Page Untuk Berbagai Kegunaan

Jika kalian ingin menawarkan sesuatu, misalnya seperti menjual produk/jasa, maka kalian akan membutuhkan sebuah landing page.Kalau tidak, jadi tidak akan efektif.

Dengan adanya sebuah landing page yang didesain secara khusus, maka konversinya akan semakin besar. Yang berarti, penjualan meningkat.

Selain halaman penjualan, landing page juga dapat dipakai untuk home page atau sekedar untuk mengumpulkan email.

Akan tetapi memiliki satu masalah yakni:

Hampir semua templet WordPress tak dapat digunakan untuk membuat sebuah landing page. Harus manual atau menggunakan jasa orang lain.

Maka dari itu, kita akan menggunakan plugin-plugin ini.

1. Plugin Thrive Content Builder

Pada mulnya, plugin ini hanya dapat digunakan untuk mempercantik konten di WordPress. Makanya namanya adalah Content Builder.

Tapi saat ini dapat difungsikan untuk membuat landing page. Ada lebih dari 100 template untuk landing page di plugin ini.

Kalau anda tidak puas, bisa diubah sendiri sampai sesuai selera. Prosesnya juga tidak sulit, tidak perlu paham HTML dan CSS sama sekali.

Fitur-fitur Thrive Content Builder:

  • Lebih dari 100 template siap pakai, semuanya bisa diubah sesuai selera
  • Proses pembuatannya sangat mudah, tinggal drag & drop fitur yang anda inginkan
  • Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan: pendaftaran email, webinar, maupun penjualan

Harga: mulai dari $69

[button color=”red” size=”medium” link=”https://thrivethemes.com/themebuilder/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Thrive Content Builder[/button]

 

3. Plugin Unbounce

Plugin Unbounce sebetulnya bukan hanya plugin, Unbounce memiliki platform tersendiri sehingga tak perlu WordPress.

Tapi dapat juga digunakan bersamaan dengan WordPress.

Kalau kalian merasa sebagai orang yang gaptek atau takut dengan hal-hal yang rumit, coba gunakan WordPress.

Berikut ini adalah fitur-fitur Unbounce:

  • Lebih dari 70 template siap pakai
  • Proses pembuatannya sangat mudah
  • A/B testing
  • Punya banyak integrasi dengan aplikasi lain

[button color=”red” size=”medium” link=”https://unbounce.com/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Unbounce[/button]

 

3. Optimizepress

Optimizepress merupakan salah satu nama terbesar dan populer di dunia landing page dan WordPress, hal ini karena mereka salah satu yang pertama kali menyediakan plugin dan templet untuk memudahkan pembuatan landing page.

Meskipun saat ini telah banyak banyak layanan lain yang bahkan mungkin lebih bagus dari Optimizepress, akan tetapi mereka masih punya beberapa keunggulan.

Jika dijelaskan secara singkat, Optimizepress adalah yang terlengkap.

Dari satu sistem ini kalian akan mendapatkan banyak hal.

Berikut ini adalah fitur-fitur Optimizepress:

  • Theme untuk landing page dengan lebih dari 30 template siap pakai
  • Proses pembuatan yang cukup mudah
  • Plugin untuk keanggaan premium
  • A/B testing
  • Bisa digunakan sebagai landing page, halaman penjualan, pendaftaran webinar, atau untuk pendaftaran email list
  • Punya banyak integrasi dengan aplikasi lain

Harga: mulai dari $97

[button color=”red” size=”small” link=”http://optimizepress.com/” icon=”” target=”false” nofollow=”false”]Download Optimizepress[/button]

 

Itulah penjelasan mengenai 20 Plugin Terbaik Yang Wajib Diinstal Di WordPress Silahkan install yang menurut kalian paling sesuai dengan kebutuhan website kalian. Jangan lupa share artikel ini dan baca juga artikel menarik lainnya di web kami.

Leave a Reply