3 Cara Untuk Mengecek Model Motherboard di Windows 10

3 Cara Untuk Mengecek Model Motherboard di Windows 10 – Yah, hari-hari itu sudah lama berlalu ketika komputer dan laptop dianggap barang mewah. Saat ini komputer sudah menjadi kebutuhan. Kita bahkan tidak bisa hidup sehari tanpa smartphone atau komputer.

Jika kita berbicara tentang komputer desktop atau laptop, motherboard merupakan salah satu komponen penting dan dikenal sebagai jantung dari sebuah komputer. Memahami komponen di dalam PC Anda dapat membantu Anda dalam berbagai cara.

Misalnya, Anda tidak dapat membeli prosesor atau RAM tanpa mengetahui model motherboard terlebih dahulu. Anda bahkan tidak dapat memperbarui BIOS atau meningkatkan RAM tanpa mengetahui motherboard.

Sekarang pertanyaan sebenarnya adalah apakah mungkin untuk menemukan model Motherboard tanpa membuka kabinet atau casing PC? Itu mungkin; Anda tidak perlu membuka casing PC atau memeriksa struk pembelian untuk menemukan model Motherboard.

Langkah – Langkah Untuk Mengecek Model Motherboard pada Windows 10

Windows 10 memungkinkan Anda memeriksa model Motherboard Anda hanya dalam beberapa langkah mudah. Jadi, dalam artikel ini, kami akan membagikan panduan langkah demi langkah tentang cara memeriksa motherboard apa yang Anda miliki di Windows 10. Mari simak penjelasannya dibwah ini:

1. Menggunakan Run Dialog box

Dalam metode ini, kita akan menggunakan kotak dialog RUN untuk menemukan model motherboard. Jadi, inilah cara memeriksa merek dan model motherboard Anda di Windows 10.

Langkah 1. Pertama-tama, tekan Windows Key + R pada keyboard Anda. Ini akan membuka RUN Dialog Box.

Langkah 2. Pada kotak Dialog RUN, masukkan ‘msinfo32’ dan klik tombol ‘Ok’.

3 Cara Untuk Mengecek Model Motherboard di Windows 10

Langkah 3. Pada halaman Informasi Sistem, klik tab ‘System Summary’.

3 Cara Untuk Mengecek Model Motherboard di Windows 10

Langkah 4. Pada panel dikanan, check  ‘BaseBoard Manufacturer’ and ‘BaseBoard Product’

3 Cara Untuk Mengecek Model Motherboard di Windows 10

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat memeriksa motherboard apa yang dimiliki PC Anda.

2. Menggunakan Command Prompt

Dalam metode ini, kita akan menggunakan Command Prompt untuk memeriksa merek dan model motherboard. Jadi, inilah cara menggunakan Command Prompt untuk mencari informasi tentang motherboard PC.

Langkah 1. Pertama-tama, buka pencarian Windows dan ketik ‘CMD’

Langkah 2. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih opsi ‘Run as Administrator’.

Langkah 3. Pada Command Prompt, masukkan perintah berikut:

wmic baseboard get product,Manufacturer

Langkah 4. Command Prompt sekarang akan menunjukkan kepada Anda produsen dan nomor model Motherboard.

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan CMD untuk memeriksa model dan versi motherboard di Windows 10.

3. Menggunakan CPU-Z

Nah, CPU-Z adalah aplikasi pihak ketiga untuk Windows yang menawarkan informasi terkait komponen perangkat keras yang terpasang di PC Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan CPU-Z untuk memeriksa motherboard apa yang dimiliki PC Anda. Berikut cara menggunakan CPU-Z di Windows 10.

Langkah 1. Pertama-tama, unduh & instal CPU-Z di PC Windows Anda.

Langkah 2. Setelah terinstal, buka program dari pintasan desktop.

Langkah 3. Pada antarmuka utama, klik tab ‘Mainboard’.

Langkah 4. Bagian Mainboard akan menunjukkan kepada Anda Produsen Motherboard dan nomor model.

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan CPU-Z untuk mengetahui produsen dan model motherboard Anda.

Jadi, panduan ini adalah 3 Cara Untuk Mengecek Model Motherboard di Windows 10. Saya harap artikel ini membantu Anda! Silakan berbagi dengan teman-teman Anda juga. Jika Anda memiliki keraguan terkait dengan ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.