7 Cara Mudah Mengidentifikasi Aplikasi Palsu Di Google Play Store

7 Cara Mudah Mengidentifikasi Aplikasi Palsu Di Google Play Store – Satu hal yang membuat Android berbeda dari para pesaingnya adalah ekosistem aplikasinya yang sangat besar. Lihat saja Google Play Store, Anda akan menemukan aplikasi dan game dari berbagai kategori. Namun, masalah sebenarnya adalah Google Play Store juga menampung aplikasi palsu/fake app. Meskipun Google mengambil langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran aplikasi palsu, aplikasi palsu masih ada di Play Store.

Aplikasi Android palsu di Google Play Store selalu menjadi masalah bagi pengguna. Pengembang sering kali membuat daftar yang terlihat persis seperti aplikasi populer, sering kali menggunakan ikon dan nama yang sama, tetapi palsu. Aplikasi palsu sebagian besar digunakan untuk membombardir layar Android Anda dengan iklan.

Langkah – Langkah Untuk Mengidentifikasi Aplikasi Palsu Di Google Play Store

Aplikasi palsu bahkan dapat menginstal malware di perangkat Anda dalam beberapa kasus. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store, menjadi penting untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum menginstal aplikasi. Pada artikel ini, kami akan membagikan panduan terperinci tentang cara mengenali aplikasi Android palsu di Play Store. Mari simak penjelesannya dibawah ini.

1. Nama Aplikasi

Salah satu hal paling umum yang akan Anda temukan di aplikasi palsu adalah namanya. Perhatikan baik-baik nama aplikasi yang tercantum di halaman pencarian. Pengembang mencoba mengubah beberapa kata pada namanya. Misalnya, aplikasi Keyboard Swiftkey palsu mungkin muncul sebagai ‘Keyboard Swift’. Menjadi penting untuk melihat lebih dekat pada nama aplikasi. Nama menunjukkan banyak hal tentang aplikasi, dan itu salah satu hal pertama yang dapat Anda pertimbangkan.

2. Nama Developer

Mari kita akui, saat memasang aplikasi apa pun di Android, kita jarang memeriksa nama pengembangnya. Meskipun namanya terlihat sah, Anda perlu memeriksa nama pengembangnya. Untuk memverifikasi nama pengembang, Anda dapat menelusuri nama aplikasi di Google. Jika nama pengembang bukan merupakan indikator langsung, Anda perlu memeriksa aplikasi mereka yang lain. Ini dapat dilakukan dengan mengklik nama pengembang di daftar Play Store.

3. User Reviews & Ratings

Ulasan dan penilaian pengguna menceritakan banyak hal tentang aplikasi yang akan Anda pasang. Di halaman Aplikasi, gulir ke bawah ke bawah dan temukan bagian rating dan ulasan pengguna. Anda perlu memeriksa ulasan aplikasi. Banyak pengguna mungkin mengeluh tentang itu di bagian ulasan jika aplikasinya palsu. Selain itu, sebagian besar aplikasi akan memiliki peringkat negatif. Jadi, sebaiknya periksa setidaknya 4-5 ulasan untuk menganalisis aplikasi sebelum memasangnya.

4. Download Rates

Hal terbaik berikutnya untuk mengidentifikasi aplikasi palsu adalah memeriksa penginstalan yang aktif. Aplikasi populer dan resmi cenderung memiliki banyak penginstalan. Di sisi lain, aplikasi palsu akan memiliki lebih sedikit penginstalan. Mari kita ambil contoh WhatsApp – salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di Google Play Store dengan lebih dari satu miliar pemasangan. Tetapi bagaimana jika daftar yang Anda lihat hanya memiliki 10.000? Ini adalah indikasi yang jelas dari aplikasi palsu. Anda harus mempertimbangkan jumlah total unduhan sebelum memasang aplikasi.

5. Screenshots

Menganalisis tangkapan layar/screenshoot aplikasi adalah cara terbaik lain untuk mengenali aplikasi palsu. Karena masalah hak cipta, pengembang mungkin tidak menggunakan tangkapan layar dari aplikasi resmi. Meskipun tangkapan layar terlihat asli, Anda perlu membaca teks yang tertulis di gambar. Pengembang yang mencoba meniru aplikasi akan meninggalkan beberapa petunjuk dan tujuan akhir Anda adalah untuk mengenalinya.

6. Menggunakan Google Search

Nah, ini adalah cara terbaik lain untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Pengguna perlu menelusuri di Google seperti “Apakah (nama aplikasi) aman atau tidak” atau “Jika (Nama aplikasi) aman untuk dipasang”. Pencarian Google akan menunjukkan hasil yang relevan. Jadi, Anda perlu membuka situs web tersebut dan memeriksa ulasannya. Anda juga dapat mencari nama aplikasi di Quora atau Reddit untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut aman atau tidak. Jadi, sedikit Penelusuran Google akan membantu Anda mengetahui banyak tentang aplikasi yang akan Anda instal.

7. Check The Permissions

Memeriksa izin sebelum menginstal aplikasi apa pun sangat penting. Biasanya, kami tidak memprioritaskan izin aplikasi, tetapi ini menunjukkan gambaran yang jelas tentang aplikasi yang akan kami pasang dan gunakan. Yah, sangat umum aplikasi seperti Skype memiliki izin untuk mengakses log panggilan, SMS, file media. Namun, jika aplikasi kalkulator meminta untuk mengakses log panggilan, Log SMS, GPS, Penyimpanan, Modifikasi Baca, dan lain – lain, maka ada sesuatu yang mencurigakan. Jadi, gunakan akal sehat Anda untuk mencari tahu izin apa yang benar-benar dibutuhkan aplikasi. Jika meminta izin tambahan, itu pasti aplikasi yang buruk.

Penutup

Ini adalah 7 Cara Mudah Mengidentifikasi Aplikasi Palsu Di Google Play Store. Saya harap artikel ini membantu Anda! Tolong bagikan juga dengan teman-teman Anda. Jika Anda ragu tentang ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.