7 Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Matcha

7 Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Matcha – Akhir-akhir ini saya sering ditanya tentang matcha; teh hijau trendi ini menjadi arus utama dan memenangkan bahkan pecinta kopi yang berdedikasi. Jika Anda penasaran dengan matcha, berikut ini selengkapnya tentang apa itu, plus manfaat kesehatannya.

Berikut ini adalah 7 Fakta Yang Harus Anda Ketahui Tentang Matcha:

Matcha Adalah Teh Hijau Dalam Bentuk Spesial

Matcha secara harfiah berarti “teh bubuk”. Saat memesan teh hijau tradisional, komponen dari daunnya dimasukkan ke dalam air panas, kemudian daunnya dibuang. Dengan matcha, Anda meminum daun yang sebenarnya, yang telah ditumbuk halus dan dibuat menjadi larutan, biasanya dengan mencampurkan sekitar satu sendok teh bubuk matcha dengan secangkir ketiga air panas (dipanaskan hingga kurang dari mendidih), yang kemudian dikocok dengan sikat bambu hingga berbuih.

Tidak seperti teh hijau tradisional, persiapan matcha melibatkan menutupi tanaman teh dengan kain pelindung sebelum dipanen. Hal ini memicu tumbuhnya daun dengan rasa dan tekstur yang lebih baik. Daunnya dipilih dengan tangan, dikukus sebentar untuk menghentikan fermentasi, kemudian dikeringkan dan didiamkan dalam penyimpanan dingin, yang memperdalam rasa. Daun yang dikeringkan kemudian digiling dengan batu menjadi bubuk halus.

Matcha Menawarkan Manfaat Kesehatan

Karena matcha terbuat dari teh berkualitas tinggi, dan seluruh daunnya dicerna, ini adalah sumber nutrisi yang lebih kuat daripada teh hijau yang direndam. Selain menyediakan sejumlah kecil vitamin dan mineral, matcha kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, yang telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dan kanker, serta pengaturan gula darah yang lebih baik, penurunan tekanan darah, dan anti-penuaan. Polifenol lain dalam matcha yang disebut EGCG telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan metabolisme, dan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Matcha Mengandung Kafein

Karena Anda mengonsumsi daun utuh dalam matcha, Anda mungkin mendapatkan kafein tiga kali lebih banyak daripada secangkir teh yang diseduh, tentang jumlah yang ada dalam secangkir kopi yang diseduh. Penggemar matcha mengatakan bahwa dibandingkan dengan desiran kafein dari kopi, matcha menciptakan “ketenangan peringatan” karena zat alami yang dikandungnya disebut l-theanine, yang menginduksi relaksasi tanpa kantuk. Namun, saya yakin yang terbaik adalah meminum semua bentuk kafein (termasuk matcha) setidaknya enam jam sebelum waktu tidur, untuk memastikan tidur malam yang nyenyak.

Ini Secara Tradisional Melibatkan Meditasi

Persiapan matcha adalah fokus dari upacara minum teh Jepang, dan telah lama dikaitkan dengan Zen. Ini mungkin salah satu alasan mengapa meditasi menjadi begitu populer.

Saya percaya bahwa jika menyiapkan dan menyeruput matcha menjadi cara bagi Anda untuk bersantai dan menikmati saat ini, manfaatnya akan jauh melampaui antioksidan yang diberikannya — karena meditasi, dalam bentuk apa pun, memiliki banyak manfaat. Ini telah terbukti mengurangi kortisol (hormon stres yang dikenal untuk mendorong nafsu makan dan meningkatkan lemak perut), menurunkan peradangan (pemicu penuaan dini dan penyakit), mengekang pola makan impulsif, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan harga diri dan kasih sayang.

Serbuk Dapat Dimaniskan Dan Kualitasnya Bervariasi

Rasa matcha-nya kuat. Beberapa orang menggambarkannya seperti rumput atau bayam, dan rasanya umami. Karena itu, mungkin dipermanis untuk meningkatkan kelezatannya. Seorang klien sangat senang memberi tahu saya bahwa dia meminum matcha, tetapi alih-alih bubuk matcha tradisional, dia minum campuran bubuk. Bahan pertama adalah gula, dan juga mengandung susu bubuk, jadi pada dasarnya ini seperti cokelat panas — tapi dengan kakao yang ditukar dengan matcha — sesuatu yang tidak saya rekomendasikan. Pakar teh juga memperingatkan bahwa dengan matcha, kualitas adalah kuncinya, dan harganya mahal. Dengan kata lain, matcha murni berkualitas tinggi itu mahal. Label harga rendah bisa menjadi bendera merah untuk produk berkualitas buruk. Saya suka Jade Leaf Organic Japanese Matcha Green Tea Powder ($ 19; amazon.com), karena itu organik bersertifikat USDA, diuji pihak ketiga untuk kontaminan, dan dari Jepang.

Kontaminasi Timbal Menjadi Perhatian

Bahkan teh hijau yang ditanam secara organik telah terbukti mengandung timbal, yang diserap oleh tanaman dari lingkungan, khususnya teh yang ditanam di Cina. Saat teh hijau tradisional direndam, sekitar 90% timbal tetap berada di daun, yang dibuang. Dengan matcha, karena seluruh daun dikonsumsi, Anda akan menelan lebih banyak timbal. Satu kelompok independen, ConsumerLab.com, yang menguji teh, memperkirakan bahwa secangkir matcha mungkin mengandung timbal sebanyak 30 kali lebih banyak daripada secangkir teh hijau. Karena itu, mereka merekomendasikan minum tidak lebih dari satu cangkir setiap hari, dan tidak menyajikannya kepada anak-anak.

Matcha Bisa Dimasukkan Ke Dalam Makanan

Matcha panas bagi koki, tidak hanya sebagai minuman, tetapi sebagai bahan untuk hidangan manis dan gurih. Jika Anda menggunakan resep matcha Google, Anda akan menemukan semuanya mulai dari muffin matcha, brownies, dan puding, hingga sup matcha, tumis, dan bahkan matcha guacamole! Saya suka bereksperimen dengannya, dan di cerita sebelumnya saya menulis tentang potensi manfaat penurunan berat badan dari makanan umami (Rasa Makanan yang Mengejutkan yang Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan).

Namun karena kekhawatiran tentang timbal, saya sarankan untuk menghindari “kegilaan matcha.” Bahkan dengan makanan super, Anda bisa mendapatkan terlalu banyak hal baik. Jadi carilah matcha yang murni, organik, berkualitas, dan nikmati secukupnya.

 

Artikel ini disadur dari penulis : Cynthia Sass, MPH, RD, adalah editor nutrisi yang berkontribusi di Kesehatan, penulis terlaris New York Times.

Sumber

Leave a Reply