8 Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak

Pada kesempatan kali ini, admin daftarpedia.com akan memberikan informasi secara detail dan rinci mengenai 8 Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak. Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Menurut wikipedia, USB Flash Drive adalah alat penyimpanan portabel yang banyak digunakan untuk mentransfer dan menyimpan data. Namun, seperti media penyimpanan lainnya, flash drive USB juga rentan rusak atau rusak akibat serangan virus, penghapusan mendadak, atau pemadaman listrik mendadak.

Ada berbagai alasan lain yang juga dapat membuat USB Anda rusak atau tidak responsif. Untuk memperbaiki drive USB yang rusak, Anda perlu mengetahui alasan pasti yang menyebabkan masalah tersebut, yang selalu tidak memungkinkan. Dalam skenario seperti itu, yang terbaik adalah mengandalkan alat pemulihan data pihak ketiga (third-party) untuk memulihkan data penting.

Pulihkan atau Recover File Dari Drive USB Yang Rusak

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa metode terbaik yang akan membantu Anda memulihkan data dari drive USB yang tidak dapat diakses atau rusak. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

1. Menetapkan Huruf Drive Baru

Jika komputer Anda gagal mengenali hard drive Anda, maka Anda dapat mencoba menetapkan huruf drive baru ke media penyimpanan Anda. Metode ini akan bekerja dengan sangat baik, dan Anda tidak memerlukan alat pihak ketiga untuk memulihkan file. Berikut cara menetapkan huruf drive baru.

Langkah 1. Anda perlu memasukkan stik USB ke komputer Anda dan kemudian klik kanan di My Computer lalu pilih opsi “Manage“.

Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak

Langkah 2. Sekarang Anda akan melihat panel manajemen komputer dari sana, Anda harus memilih opsi “Manajemen Disk / Disk Management”.

Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak - Disk Management

Langkah 3. Kemudian klik kanan pada “Manajemen Disk” dan kemudian pilih opsi ‘Change Drive Letters and Paths’.

Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak - Merubah Nama Drive

Langkah 4. Sekarang Anda akan melihat opsi untuk menetapkan huruf drive baru cukup pilih huruf yang Anda inginkan dari drop-down dan kemudian tekan tombol “Ok”.

Merubah Nama Drive

Itulah dia! Kamu selesai pada percobaan metode pertama. Sekarang, masukkan kembali drive USB Anda dan lihat apakah komputer Anda mengenalinya! Jika gagal melakukannya, lanjutkan dengan metode selanjutnya.

2. Menginstall Ulang Drivers

Nah, ada kemungkinan besar bahwa USB Stick dan data Anda tidak rusak. Sebaliknya, mungkin saja driver pada Windows rusak. Jadi, dalam hal ini, Anda dapat mencoba menginstal ulang Driver.

Untuk itu, Anda perlu memasukkan drive USB Anda ke komputer dan kemudian Buka Device Manager. Di Device Manager, Anda perlu mengklik ‘Disk Drives‘ dan memperluas menu.

Menginstal Ulang USB Drive

Anda sekarang akan melihat semua perangkat yang terhubung ke komputer Anda. Anda perlu mengklik kanan pada drive USB Anda dan kemudian memilih opsi ‘Uninstall Device’.

Sekarang, Anda perlu me-restart komputer Anda dan setelah restart, secara otomatis akan mendeteksi dan menginstal driver. Ini mungkin akan memperbaiki masalah USB.

3. Pulihkan Semua File Dari Perangkat Penyimpanan Yang Rusak Pakai CMD

Nah, command prompt Windows adalah alat yang sangat kuat, dan Anda dapat menggunakannya untuk memperbaiki perangkat USB yang rusak. Ikuti saja beberapa langkah sederhana yang diberikan di bawah ini.

Langkah 1. Pertama-tama, masukkan drive Anda ke komputer dan tekan tombol Windows. Ini akan membuka pencarian Windows, cukup Anda ketik CMD dan tekan tombol Enter. Sekarang klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator.

Langkah 2. Sekarang ketik Chkdsk H: / f di mana “H” adalah huruf drive dan yang dapat berbeda di komputer Anda yang dapat Anda periksa di Komputer.

Langkah 3. Sekarang proses verifikasi file dan folder akan dimulai, dan Anda dapat melihat prosesnya dalam persen di sana. Jika Anda menerima pesan kesalahan bahwa drive Anda bukan drive Windows XP, masukkan saja Y di sana. Setelah selesai, Anda akan melihat ini di jendela perintah Anda.

Memulihkan USB Drive Menggunakan CMD

Langkah 4. Pada tangkapan layar yang disebutkan di atas, drive USB saya berfungsi dengan baik, dan tidak ada kerusakan. Jika drive USB Anda rusak maka Anda akan mendapatkan data yang dipulihkan yang disimpan di direktori Lost.dir di drive USB Anda.

Jika Anda tidak melihat item di drive USB Anda, cukup ketik “.” (titik tanpa tanda kutip) di pojok kanan atas kotak pencarian dan tekan enter.

4. Menggunakan EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery Wizard Free Edition adalah freeware pemulihan kartu untuk kartu memori yang digunakan oleh kamera digital. Secara efektif dapat memulihkan file yang hilang, terhapus, rusak atau diformat dari berbagai kartu memori.

Langkah 1. Pertama-tama, unduh dan instal alat EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Windows Anda, dan jalankan. Anda perlu memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan dan klik “Berikutnya / Next”.

Langkah 2. Sekarang Anda perlu memilih drive USB Anda dan perlu menekan tombol “Scan”, pemulihan data EaseUS akan dengan cepat memindai file yang hilang.

Menggunakan EaseUS Data Recovery

Langkah 3. Setelah pemindaian selesai, Anda dapat melihat semua file yang dapat dipulihkan. Anda hanya perlu mengklik tombol “Pulihkan / Recover” untuk mendapatkan kembali file Anda yang hilang.

5. Mengunakan Recuva

Recuva adalah perangkat lunak pemulihan file lain yang membantu pengguna mendapatkan kembali file yang dihapus. Ada banyak alat pemulihan file yang tersedia di web. Namun, Recuva adalah yang paling efektif. Berikut cara menggunakan Recuva untuk memulihkan file dari drive USB yang rusak.

Langkah 1. Pertama-tama, unduh dan instal alat Recuva File Recovery di komputer Windows Anda lalu luncurkan aplikasinya.

Langkah 2. Sekarang Anda akan melihat jenis layar yang serupa. Di sini Anda perlu memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda ingin memulihkan Gambar kemudian pilih opsi Gambar dan kemudian klik “Berikutnya / Next“.

Langkah 3. Sekarang di jendela popup berikutnya, Anda perlu memilih lokasi. Untuk itu, Anda perlu menelusuri drive USB Anda dan kemudian klik tombol “Berikutnya / Next”.

Langkah 4. Sekarang, tunggu beberapa menit. Perangkat lunak akan memindai file.

Langkah 5. Setelah selesai, ini akan menampilkan semua jenis file. Pilih saja dan kemudian klik “Recover / Pulihkan”.

Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak Menggunakan Recuva

Itulah dia! Kamu selesai. Ini adalah bagaimana Anda dapat memulihkan file dari drive USB yang rusak menggunakan perangkat lunak Recuva.

6. Menggunakan Stellar Data Recovery

Nah, Stellar Data Recovery adalah alat pemulihan terbaik lainnya yang dapat Anda gunakan di komputer Windows Anda. Hal yang hebat tentang Stellar Data Recovery adalah ia dapat memulihkan data dengan cepat dan mudah. Jadi, mari kita tahu cara menggunakan Stellar Data Recovery untuk memulihkan data dari USB Flash Drive yang rusak.

Langkah 1. Pertama-tama, sambungkan flash drive USB ke komputer.

Langkah 2. Selanjutnya, kunjungi tautan ini untuk mengunduh & menginstal Stellar Data Recovery di komputer Windows Anda.

Langkah 3. Sekarang, luncurkan alat dan Anda akan melihat antarmuka seperti di bawah ini. Di sini Anda perlu memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan.

Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak Menggunakan Stellar Data Recovery

Langkah 4. Pada langkah berikutnya, Anda perlu memilih drive yang ingin Anda pindai. Cukup, pilih flash drive USB dan klik ‘Scan / Pindai’

Langkah 5. Sekarang, tunggu hingga alat memindai file yang dapat dipulihkan.

Langkah 6. Sekarang Stellar Data Recovery akan menampilkan semua file yang dapat dipulihkan. Cukup, pilih file yang ingin Anda pulihkan dan kemudian klik tombol ‘Recover / Pulihkan’.

Selesai, Anda sudah selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan Stellar Data Recovery untuk memulihkan file yang rusak dari drive USB.

7. Menggunakan MiniTool Power Data Recovery

MiniTool Power Data Recovery adalah alat Windows terbaik lainnya yang dapat memulihkan file yang terhapus dari perangkat apa pun yang terhubung. Tidak hanya Drive USB, tetapi MiniTool Power Data Recovery juga dapat memulihkan file dari SSD, HDD, kartu SD, dll. Alat Windows sangat mudah digunakan dan berikut adalah cara menggunakan MiniTool Power Data Recovery untuk memulihkan file dari Drive USB yang Rusak.

Langkah 1. Pertama-tama, unduh & instal MiniTool Power Data Recovery di komputer Windows 10 Anda. Setelah terinstal, buka perangkat lunak.

Langkah 2. Sekarang Anda akan melihat antarmuka seperti di bawah ini. Karena Drive USB berada di bawah ‘Removable Disk Drive’, pengguna perlu mengklik opsi ‘Removable Disk Drive’.

Cara Memulihkan File Dari Drive USB Yang Rusak Menggunakan MiniTool Power Data Recovery

Langkah 3. Anda juga dapat memilih drive USB dari opsi “This PC” dan kemudian klik dua kali pada Perangkat USB. Terakhir, klik tombol ‘Scan / Pindai’ untuk memindai file yang dihapus.

Langkah 4. Sekarang Anda harus menunggu sampai pemindaian selesai. Setelah selesai, itu akan mencantumkan file yang dapat dipulihkan. Cukup, pilih file dan kemudian klik ‘Save / Simpan’.

Selesai, Anda sudah selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan MiniTool Power Data Recovery untuk memulihkan file dari drive USB yang rusak.

8. Menggunakan Recoverit

Nah, Recoverit dari Wondershare adalah alat pemulihan data terbaik lainnya untuk Windows yang dapat membantu Anda memulihkan semua jenis file termasuk gambar, video, dokumen, dll. Recoverit juga dapat memulihkan data dari perangkat penyimpanan yang rusak seperti USB.

Langkah 1. Pertama-tama, unduh dan instal Recoverit dari tautan atau link ini dan luncurkan alat.

Langkah 2. Pada langkah berikutnya, klik ‘Pemulihan Perangkat Eksternal / External Devices Recovery’

Langkah 3. Sekarang Recoverit akan menampilkan daftar semua perangkat eksternal yang terhubung ke komputer. Pilih disk dari daftar dan klik ‘Mulai / Start’.

Langkah 4. Sekarang perangkat lunak akan memindai drive untuk memulihkan file. Setelah selesai, Anda akan melihat daftar semua file yang dapat Anda pulihkan.

Langkah 5. Cukup pilih file dan klik ‘Pulihkan / Recover’

Selesai, Anda sudah selesai! Ini adalah bagaimana Anda dapat menggunakan Pulihkan pemulihan data untuk memulihkan file dari drive USB yang rusak.

Jadi, ini adalah panduan terperinci tentang cara memulihkan file dari drive USB yang rusak. Saya harap artikel ini membantu Anda! Tolong bagikan juga dengan teman-teman Anda. Jika Anda memiliki keraguan terkait hal ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Leave a Reply