8 Manfaat Kacang Kenari Bagi Kesehatan

8 Manfaat Kacang Kenari Bagi Kesehatan  – Anda mungkin menganggap kenari sebagai bahan makanan penutup dalam kue, muffin, brownies, dan baklava. Tetapi kenari juga cocok untuk ngemil, atau sebagai topping untuk salad, sayuran yang dimasak, biji-bijian, dan hummus. Selain gurihnya, kenari memberikan nutrisi penting dan menawarkan manfaat kesehatan yang didukung sains. Berikut adalah beberapa manfaat utama kacang pohon yang menyehatkan ini.

Kacang Kenari

Kacang Kenari Kaya Nutrisi

Satu ons (sekitar seperempat cangkir, atau 14 bagian kenari) menyediakan 18 gram lemak baik, 4 gram protein, 2 gram serat, hampir 50% dari target harian untuk mangan, dan sejumlah kecil magnesium, zat besi, kalsium, dan vitamin B. Mangan adalah mineral yang mendukung kesehatan tulang dan dibutuhkan untuk produksi kolagen dan penyembuhan luka. Kenari juga dikemas dengan antioksidan yang diketahui memiliki efek anti-inflamasi, yang membantu melindungi dari inisiasi dan perkembangan kanker, penyakit jantung, dan penyakit neurodegeneratif.

Kacang Kenari Menghasilkan Lemak Sehat

Asam alfa linolenat, atau ALA, adalah sejenis asam lemak omega-3 yang dikenal dapat mengurangi peradangan. Kacang kenari mengandung lebih banyak ALA dibanding jenis kacang lainnya. Sebuah studi tahun 2020, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, menilai efek konsumsi kenari pada profil asam lemak omega-3 orang dewasa yang sehat selama periode empat minggu. Para peneliti menemukan bahwa setelah sebulan mengonsumsi beberapa ons kenari setiap hari, status omega-3 subjek meningkat. Mereka juga mengalami penurunan berat badan dan lemak tubuh, ditambah peningkatan massa tubuh tanpa lemak dan air tubuh.

Kacang Kenari Dapat Membantu Kesehatan Esus Dan Jantung

Senyawa bioaktif dalam kenari mungkin memainkan peran penting dalam mengubah lingkungan usus dengan cara yang berdampak pada hasil penyakit, kata para peneliti. Dalam studi Penn State enam minggu tentang orang dewasa yang kelebihan berat badan dengan risiko kardiovaskular, penambahan kenari ke dalam makanan mereka meningkatkan bakteri usus yang bermanfaat yang terkait dengan manfaat kesehatan, termasuk penurunan tekanan darah dan kolesterol total.

Kacang Kenari Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah studi tahun 2019, yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association, para peneliti menemukan bahwa ketika subjek studi makan kenari utuh, mereka merasakan manfaat yang lebih besar daripada ketika mereka mengonsumsi makanan dengan profil asam lemak serupa tanpa kenari. Hasil termasuk penurunan tekanan darah diastolik sentral (tekanan yang bergerak menuju jantung), dan perubahan positif pada profil kolesterol. Para ilmuwan mengatakan penelitian tersebut adalah contoh bagaimana perubahan pola makan yang relatif kecil dapat menghasilkan manfaat kardiovaskular yang signifikan.

Kacang Kenari Bermanfaat Bagi Kesehatan Otak

Makan kenari dapat membantu memperlambat penurunan kognitif pada kelompok berisiko orang dewasa yang lebih tua, menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Para peneliti secara acak menugaskan lebih dari 600 orang dewasa yang lebih tua untuk melakukan diet dengan 15% kalori dari kenari atau diet kontrol tanpa kenari. Sementara kenari tidak berpengaruh pada fungsi kognitif subjek sehat, MRI otak menunjukkan bahwa kacang memiliki efek yang lebih besar pada orang yang berisiko lebih tinggi, termasuk perokok berat, dan mereka yang memiliki skor tes neuropsikologis dasar yang lebih rendah.

Kenari Menawarkan Perlindungan Kanker Payudara

Berdasarkan studi sebelumnya pada hewan, para peneliti menilai efek pertumbuhan kanker payudara pada wanita, dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Research. Dalam uji coba tersebut, wanita dengan benjolan payudara secara acak diminta untuk mengonsumsi dua ons kenari per hari atau tanpa kenari selama dua hingga tiga minggu sebelum operasi. Sampel biopsi awal dibandingkan dengan yang diperoleh saat benjolan diangkat. Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi kenari mengubah ekspresi lebih dari 450 gen dalam tumor dengan cara yang dapat menekan pertumbuhan kanker dan meningkatkan hasil kelangsungan hidup.

Kacang Kenari Dapat Berperan Dalam Pengaturan Berat Badan

Dalam jejak kecil yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Obesity and Metabolism, subjek diberi smoothie yang mengandung kenari atau tanpa kenari selama lima hari, saat tinggal di pusat penelitian klinis terkontrol. Penambahan kenari menurunkan perasaan lapar dan meningkatkan pengaturan nafsu makan. Peneliti mengatakan dampak kenari pada rasa kenyang bisa jadi karena perubahan pada sistem saraf pusat yang memengaruhi isyarat makanan. Pergeseran ini dapat membantu mengurangi risiko obesitas.

Kacang Kenari Dapat Meningkatkan Kesuburan Pria

Uji klinis terbesar hingga saat ini untuk menganalisis efek konsumsi kacang pada fungsi seksual pada pria sehat diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2019. Peneliti menemukan bahwa selama 14 minggu, pria yang makan sekitar dua porsi (dua ons) campuran kacang setiap hari sebagai bagian dari pola makan ala Barat mengalami peningkatan yang signifikan dalam fungsi orgasme dan hasrat seksual. Campuran itu terdiri dari 50% kenari, 25% almond, dan 25% hazelnut.

Lebih Banyak Cara Menikmati Kenari

Untuk camilan sehat, pasangkan kenari dengan buah segar, celupkan ke dalam cokelat hitam leleh, atau masukkan ke dalam bola energi. Tambahkan kenari ke smoothie atau oat semalam saat sarapan, taburkan ke kacang hitam atau sup miju-miju saat makan siang, dan masukkan ke dalam resep seperti veggie taco dan tumis kentang goreng saat makan malam.

Anda juga bisa membuat pesto kenari sederhana yang terbuat dari kenari, dihaluskan dengan minyak zaitun extra virgin, kemangi, bawang putih, garam, dan merica. Taburkan di atas sayuran panggang, aduk dengan zucchini spiral, atau gunakan sebagai saus salad yang lembut dan beraroma.

Itulah pembahasan secara detail dan rinci mengenai 8 Manfaat Kacang Kenari Bagi KesehatanSalam Sehat!

Sumber

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.