Apa Itu HTML

Belajar HTML dari Awal – Pengenalan Dasar HTML Bagian I

 

Apa Itu HTML?

Belajar HTML dari Awal – Pengenalan Dasar HTML Ngobrol tentang HTML tidak cukup pada pengertiannya saja. Ya.. tentu Anda juga harus tahu liku-likunya jika ingin mahir dan lancar bahasa script yang satu ini. Lalu HTML itu apa? HTML itu adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. HTML memungkin Anda sebagai user untuk membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link, tautan, ataupun blockquote untuk halaman web ataupun pada aplikasi.

Perlu diingatkan HTML bukanlah suatu Bahasa Pemrograman.

Ketika sedang berkerja dengan HTML, Anda menggunakan struktur kode yang sederhana seperti tag dan attribute untuk melakukan mark up halaman website. Misalkan saja Anda ingin membuat huruf/teks dicetak tebal maka akan membuat sebuah tag pembuka <b> dan tag penutup </b>

Contoh :

<b>Tulisan Ini Dicetak Tebal</b>

Hasilnya :

Tulisan Ini Dicetak Tebal

Jika Anda tertarik ingin menjadi webmaster ataupun web development maka HTML adalah dasar wajib yang harus dikuasai.

Sekarang kita masuk ke sejarahnya.

Sejarah HTML

Apa Anda tau siapa pembuat HTML? HTML sendiri dibuat oleh Tim Berners-Lee, seoarang ahli Fisika dari lembaga penelitian CERN yang berlokasi di negara Swiss. Dia memiliki ide tentang sistem Hypertext berbasis internet. Waw.. Hebat sekali

HTML merilis versi pertama pada tahun 1991 yang didalamnya terdiri atas 18 HTML tag. Nah, setiap HTML merilis versi terbarunya selalu ada tag dan attribute terbaru.

Berdasarkan HTML Element Reference milik Mozila Dev. Network, untuk saat ini ada 140 meskipun sebagiannya sudah usang karena tidak didukung lagi oleh versi terbaru Mozila.

Upgrade HTML bessar-besaran yaitu terjadi pada tahun 2014 dan hasilnya adalah pengenalan HTML5. Nah, disitu terdapat semantic baru yang memberitahukan arti kontennya sendiri.

Bagaimana Cara Kerja HTML

File HTML adalah file yang diakhiri dengan eksitensi .html atau .htm. Eksitensi bisa dicek dengan menggunakan browser apa pun entah itu Mozila, Chrome, …. Browser tersebut membaca file HTML  dan me-render kontennya sehingga Anda sebagai pengguna internet bisa melihat dan membacanya.

Apa Itu Tag HTML Dan Apa Fungsinya

HTML  itu memiliki dua tipe Tag utama yaitu block-level dan inline tags.

Lalu apa perbedaan kedua tipe tersebut?

  • Block-Level memakai semua space yang tersedia dan selalu membuat line baru di dalam dokumen. Contoh dari tag block adalah heading dan paragraf.
  • Inline ini hanya memakai space sesuai dengan kebutuhannya dan tidak membuat line baru di halaman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.