Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress – Ada banyak tugas yang harus Anda lakukan saat menjalankan situs WordPress, dan tidak semuanya menyehatkan jiwa. Harus mencari dan memblokir alamat IP adalah salah satu pekerjaan yang mungkin harus Anda lakukan, meskipun Anda tidak ingin melakukannya.

Namun, jika Anda dapat mengatasi perasaan menjengkelkan karena membatasi pengguna untuk mengakses semua atau sebagian situs Anda, Anda akan menemukan prosesnya cukup mudah. Ini berarti Anda dapat kembali mengerjakan tugas-tugas yang benar-benar penting, daripada mengawasi pengunjung Anda.

Dalam posting ini, kita akan melihat beberapa cara berbeda untuk mencari dan memblokir alamat IP. Pertama, mari kita segera pelajari mengapa ini terkadang kejahatan yang perlu!

Mengapa Anda Ingin Menemukan dan Memblokir Alamat IP Pengguna

Harus menemukan alamat IP untuk melakukan beberapa administrasi pada mereka biasanya sesuatu yang terjadi di bawah tenda. Sifat inheren internet bergantung pada alamat IP pengguna bahkan untuk terhubung ke web sejak awal.

Namun, terkadang Anda sendiri ditugaskan untuk memblokir pengguna, karena berbagai alasan, seperti:

  • Alamat IP digunakan untuk mengirim komentar spam.
  • Serangan Direct Denial of Service (DDoS) baru-baru ini atau yang sedang berlangsung mengharuskan pemblokiran beberapa pengguna.
  • Anda memiliki mantan karyawan yang harus dibatasi dari bagian-bagian situs Anda (biasanya bagian belakang).

Benang merah di sini adalah keamanan. Memblokir, mencekal, membatasi – apa pun Anda ingin menyebutnya, tujuan dari proses ini adalah membuat situs Anda lebih aman dan pada akhirnya lebih mudah dikelola.

Cara Menemukan dan Memblokir Alamat IP Menggunakan Alat Administrasi Hosting Anda

Meskipun artikel ini terutama membahas tentang cara menemukan dan memblokir alamat IP di dalam WordPress, mari kita lihat sekilas di luar platform. Beberapa host menyediakan alat yang dapat membantu, dan dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasa lebih mudah atau lebih nyaman untuk digunakan.

Terlepas dari apakah Anda menggunakan cPanel, Plesk, atau bahkan antarmuka admin khusus, Anda sebaiknya mencari Log Akses terlebih dahulu. Misalnya, dalam WP Engine, Anda akan mengklik situs yang Anda inginkan, lalu ke layar Produksi> Log Akses.

Dari sana, pilih server yang relevan, dan itu akan menampilkan daftar alamat IP pengunjung terbaru:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Dari sini, Anda harus melihat fungsi apa yang ditawarkan host Anda di bagian belakang untuk membatasi akses ke situs Anda. Misalnya, cPanel akan menggunakan IP Blocker atau IP Address Deny Manager:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Dengan menggunakan alat ini, Anda cukup memasukkan alamat IP yang ingin Anda blokir, dan klik Tambah:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Meskipun fungsi ini sangat berguna dalam banyak keadaan, memiliki metode berbasis WordPress juga berguna. Mari kita lihat tidak hanya satu, tetapi tiga cara untuk memblokir IP dalam Sistem Manajemen Konten (CMS).

3 Cara Menemukan dan Memblokir Alamat IP di WordPress

Seperti yang kami sebutkan, ada tiga pendekatan luas untuk menemukan dan memblokir alamat IP di dalam WordPress. Kabar baiknya adalah mereka fleksibel bergantung pada kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan metode yang berbeda dalam alur kerja Anda, dan menyesuaikan pendekatan Anda.

1. Menggunakan Sebuah Plugin

Seperti yang Anda duga, ada beberapa plugin untuk menangani alamat IP pengunjung situs WordPress Anda. Saat harus menemukannya, Log Aktivitas WP tidak dapat dikalahkan:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Ia bekerja seperti log akses host Anda, meskipun plugin ini mencatat semua aktivitas yang terjadi di situs Anda. Dengan demikian, jika Anda harus menemukan alamat IP tertentu, Anda akan melakukannya di salah satu dari banyak pengakses log plugin:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Untuk memblokir alamat IP, ada juga banyak solusi plugin yang tersedia. Namun, anggukan di sini ditujukan ke All in One WP Security and Firewall untuk kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Anda akan menemukan opsi yang relevan dalam layar WP Security> Blacklist Manager. Ini semudah menambahkan alamat IP ke bidang yang relevan dan menyimpan perubahan Anda:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan plugin TraceMyIP Visitor IP Stats Tracker. Itu dapat melakukan beberapa tugas yang sama seperti plugin yang disebutkan di atas, tetapi didedikasikan untuk menangani dan membantu Anda mengatur alamat IP.

2. Temukan dan Blokir IP Secara Manual Melalui Fungsionalitas Bawaan WordPress

Jika kebutuhan pemblokiran IP Anda relatif sederhana, Anda mungkin dapat menghindari pemasangan beberapa plugin dan menelusuri laporan untuk informasi yang relevan. Karena itu, Anda pasti senang mengetahui ada fitur bawaan di dalam WordPress yang juga dapat membantu tugas ini.

Perlu diperhatikan bahwa metode ini hanya memberikan fungsi terbatas, dan dibatasi untuk memoderasi komentar blog. Namun, jika ini adalah perhatian utama Anda dalam hal pemblokiran alamat IP, fitur ini seharusnya cukup untuk Anda gunakan.

Pertama, akses panel Komentar di dalam WordPress, dan lihat daftar komentar sampai Anda menemukan komentar yang menyinggung. Dari sini, lihat nama penulis – Anda akan melihat alamat IP di bawahnya dalam banyak kasus:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Catat ini, lalu buka Pengaturan> layar Diskusi di bagian belakang Anda. Anda secara khusus mencari opsi Moderasi Komentar. Di sini, tambahkan alamat IP ke kotak teks, dan simpan perubahan Anda:

Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress

Pada tahap ini, pengguna masih memiliki akses ke situs Anda, tetapi tidak dapat memberikan komentar. Ini berpotensi menjadi tugas harian tergantung pada sejumlah faktor, termasuk berapa banyak konten yang Anda publikasikan dan berapa banyak lalu lintas yang dibawa situs Anda.

3. Blok Pengguna Dari Seluruh Situs Anda Melalui File .htaccess Anda

Jika Anda ingin mencari tahu tentang file inti WordPress Anda, Anda dapat menghapus larangan lengkap pada alamat IP apa pun yang Anda inginkan melalui file .htaccess Anda.

Sebelum Anda mulai, kami sarankan untuk memiliki yang berikut ini:

  • Cadangan terkini (seperti saat ini) jika terjadi hal terburuk dan Anda harus menginstal ulang.
  • Keterampilan menggunakan File Transfer Protocol (FTP) untuk mengakses server WordPress Anda.
  • Klien FTP yang sesuai seperti FileZilla atau Cyberduck.
  • Cara untuk membaca dan mengedit file .htaccess. Editor teks default standar Anda biasanya baik-baik saja.

Pertama, gunakan klien FTP pilihan Anda untuk mengakses server Anda menggunakan kredensial yang terdaftar dalam akun hosting Anda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, tim dukungan tuan rumah dapat menunjukkan lokasi mereka.

Selanjutnya, buka penginstalan WordPress situs Anda. Jika ini satu-satunya di server Anda, file akan berada di folder public_html atau www tingkat teratas. Namun, jika Anda meng-host beberapa penginstalan, mungkin ada folder yang lebih spesifik yang berisi berbagai situs Anda:

Setelah Anda masuk, cari file bernama .htaccess dan buka. Selanjutnya, tambahkan kode berikut ke akhir file, di baris baru:

Order Allow,Deny
Allow from all
Deny from XX.XX.XX.XX

Tentu saja, Anda ingin mengganti IP placeholder dengan yang Anda blokir. Setelah Anda menyimpan perubahan ke file, pekerjaan Anda hampir selesai! Anda mungkin ingin mengawasi log aktivitas Anda selama satu atau dua minggu ke depan dan memastikan larangan tersebut bekerja dengan baik.

Kesimpulan

Meskipun menjalankan situs seharusnya menjadi usaha yang menarik dan bermanfaat, beberapa tugas – seperti melarang alamat IP mengakses situs Anda – jelas bukan apa yang oleh sebagian besar orang disebut ‘menyenangkan’.

Dalam postingan ini, kami telah melihat sejumlah cara agar Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan kembali ke masalah utama Anda tanpa terlalu banyak menitikkan air mata:

  • Instal plugin khusus untuk menemukan dan melarang IP.
  • Gunakan fitur moderasi komentar bawaan WordPress untuk membatasi pengirim spam.
  • Cari dan blokir alamat IP secara manual di dalam file .htaccess Anda.

Apakah Anda ingin menerapkan proses untuk Cara Memblokir Alamat IP Di WordPress. Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah!

One comment

Leave a Reply