Cara Menambah Field Form Registrasi Pada WordPress

Cara Menambah Field Form Registrasi Pada WordPressWordPress adalah Content Management System (CMS) yang sangat powerfull, yang juga memungkinkan pengguna lain untuk melakukan pendaftaran untuk menjadi member. Untuk register sendiri di WordPress memang sangat simpel karena hanya dibutuhkan username dan email untuk melakukan pendaftaran. Tapi Anda bisa memodifikasi form register WordPress tersebut menjadi lebih lengkap sesuai dengan keinginan Anda.

Anda dapat dengan mudah menambahkan field atau kolom-kolom baru pada formulir atau form pendaftaran tersebut menjadi lebih lengkap. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan kolom profile pengguna tambahan dalam pendaftaran WordPress.

Cara Menambah Field Form Registrasi Pada WordPress

Dengan menggunakan metode ini Anda dapat mengumpulkan informasi tambahan seperti meminta pengguna jika mereka ingin mendaftar ke newsletter Anda saat mendaftar, Anda bisa meminta data ID facebook, twitter, alamat, nomor telpon dan masih banyak lagi. Untuk membuatnya hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Cimy User Extra Field.

Setelah plugin Cimy User Extra Field Anda aktifkan, Anda akan melihat menu baru bernama “Cimy User Extra Field” yang berada pada menu Setting » Cimy User Extra Field. Silahkan klik menu tersebut untuk melakukan konfigurasi plugin.

Di bagian bawah halaman, Anda akan menemukan Add New field. Cimy User Extra Field memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai jenis field atau kolom. Anda dapat menambahkan field dengan berbagai tipe seperti text, textarea, password, radio button, date register, avatar, checkbox, gambar, url gambar, dan jenis input lain. Menggunakan filed ini Anda dapat menambahkan pendaftaran dan profil pengguna untuk form tambahan. Anda juga dapat Memberikan nama, label, dan keterangan, bahkan dengan menggunakan plugin ini Anda juga bisa menambahkan anti spam seperti recaptcha untuk menangkal para spammer.

Cara Menambah Field Form Registrasi Pada WordPress

Dalam contoh diatas saya membuat satu buah field untuk “Alamat”, dengan type “Text area” dan menambahkan label bertuliskan “alamat anda”. Di sebelah kananya terdapat banyak sekali pilihan yang harus Anda centang diantaranya seperti kolom tidak boleh dikosongi, kolom baru ditampilkan pada form registrasi dan masih banyak lagi.

Setelah Anda membuat kolom tambahan untuk alamat seperti diatas, silahkan klik tombol add field disebelah kanan dan simpan perubahan yang sudah Anda lakukan. Setelah Anda simpan, sekarang lihat dibagian user register WordPress Anda, maka akan muncul field baru dengan kolom alamat seperti gambar dibawah ini.

Cara Menambah Field Form Registrasi Pada WordPress

Begitu juga kolom alamat yang sudah saya tambahkan tersebut juga secara otomatis tertambah di bagian profile users di area admin WordPress Anda, silahkan anda cek sendiri user Anda maka dibagian bawah akan muncul Extra Fields bernama “Alamat”.

Diatas adalah tutorial mudah menambahkan field pada form registrasi WordPress dengan plugin Cimy User Extra Field. Semoga artikel ini bermanfaat dan formulir pendaftaran Anda sekarang tampil lebih lengkap dan terlihat lebih profesional. Selamat mencoba.

Sumber Refrensi

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.