Cara Mengaktifkan Mode Debug WordPress

Cara Mengaktifkan Mode Debug WordPress – Tidak ada yang suka mengalami masalah dengan situs web mereka. Namun, cepat atau lambat, Anda mungkin mengalami masalah yang memerlukan keterampilan pemecahan masalah. Salah satu trik praktis adalah mengaktifkan mode debug WordPress, yang mungkin terdengar membingungkan bagi pengguna yang tidak memiliki pengalaman pengembangan apa pun.

Untungnya, mengaktifkan mode debug di WordPress relatif mudah. Ini membantu Anda mengidentifikasi kesalahan dan mengatasinya dengan cepat, berkat log terperinci yang menunjukkan apa yang salah. Jika Anda memilih untuk tidak menyentuh sebaris kode, ada plugin yang dapat membantu.

Artikel ini akan menjelaskan apa itu mode debug dan Cara Mengaktifkan Mode Debug WordPress!

Pengertian Mode Debug WordPress

Mengubah situs web Anda dengan cara apa pun dapat mengganggu inti PHP situs WordPress Anda. Misalnya, saat Anda memasang plugin atau tema baru, atau menambahkan kode khusus, mungkin bentrok dengan alat lain. Masalah ini tidak selalu langsung terlihat, di sinilah mode debug berguna.

Mengaktifkan mode debug di WordPress akan menampilkan log kesalahan PHP dan potensi peringatan, meskipun saat ini tidak menyebabkan masalah. Oleh karena itu, jika Anda adalah pengembang web yang ingin memberikan produk berkualitas tinggi, menggunakan fitur ini sangat penting untuk kode yang bersih.

Mode debug juga dapat membantu pengguna biasa yang bukan profesional web. Misalkan Anda baru saja memasang beberapa alat baru, dan sekarang situs web Anda tidak lagi berfungsi dengan benar. Anda dapat menggunakan petunjuk kami di bawah untuk mencari tahu apa yang menyebabkan masalah, kemudian hubungi saluran dukungan yang sesuai untuk bantuan lebih lanjut.

Mode debug mungkin tidak diperlukan di semua situasi. Namun, mengaktifkannya dapat mempercepat proses pemecahan masalah Anda dan membantu Anda mengidentifikasi penyebab masalah lebih cepat daripada dengan menonaktifkan semua ekstensi Anda satu per satu. Oleh karena itu, ini adalah keterampilan yang berguna untuk dipelajari oleh setiap pengguna WordPress.

Cara Mengaktifkan Mode Debug WordPress

Sekarang setelah kami menjelaskan apa itu mode debug dan cara kerjanya, mari kita lihat dua cara untuk mengaktifkannya di WordPress. Metode apa pun yang Anda pilih, perhatikan bahwa Anda harus selalu menonaktifkan fitur tersebut lagi setelah Anda selesai memecahkan masalah.

Mode debug WordPress akan menampilkan kode kesalahan PHP di bagian depan dan belakang situs Anda, membuatnya terlihat oleh pengunjung. Peretas jahat dapat menggunakan informasi ini untuk keuntungan mereka. Selain itu, hal ini dapat membuat bingung pengguna situs Anda dan menyebabkan kekhawatiran bahwa situs Anda tidak aman.

Semua yang dikatakan, mode debug adalah solusi yang populer dan bermanfaat, dan mengetahui cara menggunakannya dengan benar adalah keterampilan yang sangat baik untuk dimiliki setiap pengguna WordPress. Tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara memulai.

Metode 1: Aktifkan Mode Debug WordPress Dengan Plugin

Metode ini akan cocok untuk pengguna yang lebih suka tidak mengotak-atik kode PHP situs web mereka sendiri. Plugin seperti WP Debugging pada dasarnya akan melakukannya untuk Anda dalam beberapa klik.

Pertama, instal dan aktifkan plugin. Segera setelah Anda melakukannya, ini akan segera mulai bekerja. WP Debugging akan menyetel nilai berikut ke ‘true’ di file wp-config.php Anda tanpa campur tangan Anda:

define( 'WP_DEBUG', true );
define( 'WP_DEBUG_LOG', true );
define( 'SCRIPT_DEBUG', true );
define( 'SAVEQUERIES', true );

Semua kesalahan, pemberitahuan, dan peringatan akan disimpan dalam log, yang dapat Anda akses melalui tautan Debug Quick Look di toolbar admin Anda:

Perhatikan bahwa Anda dapat menerapkan pengaturan tambahan, seperti WP_DISABLE_FATAL_ERROR_HANDLER. Anda dapat menemukan opsi ini melalui Tools> WP Debugging> Debugging Constants. Di bagian ini, Anda juga dapat menonaktifkan WP_DEBUG dan WP_DEBUG_DISPLAY.

Saat Anda selesai memecahkan masalah, pastikan untuk menonaktifkan plugin untuk memulihkan konstanta yang sudah ada sebelumnya di situs web Anda.

Metode 2: Aktifkan Mode Debug WordPress Secara Manual

Jika Anda yakin dengan pengetahuan pengkodean Anda, Anda dapat mengaktifkan mode debug WordPress secara manual. Untuk melakukannya, Anda perlu mengedit file wp-config.php Anda. Anda dapat mengaksesnya dari panel kontrol hosting Anda atau melalui klien FTP pilihan Anda.

Identifikasi file, lalu ubah nilai mode debug menjadi ‘true’ dengan menambahkan kode berikut di atas baris yang bertuliskan * That’s all, stop editing! Happy blogging. */:

define( 'WP_DEBUG', true);

Setelah Anda melakukannya, WordPress akan menampilkan semua kesalahan PHP dan potensi kerentanan di bagian belakang dan depan situs Anda. Perhatikan bahwa yang terbaik adalah tidak melakukannya dengan situs web langsung. Namun, ini masih dapat membantu jika metode pemecahan masalah lain gagal.

Jika mau, Anda dapat menyimpan informasi ini dengan mengaktifkan fungsionalitas log debug dengan perintah berikut:

define( 'WP_DEBUG_LOG', true);

Dengan cara ini, WordPress akan membuat file debug.log, yang dapat Anda akses di direktori wp-content Anda.

Setelah Anda siap, nonaktifkan mode debug dengan mengubah nilainya menjadi ‘false’ di file wp-config.php Anda, seperti ini:

define( 'WP_DEBUG', false);

Atau, Anda dapat menghapus kode mode debug seluruhnya. Namun, mengubah status menjadi false dapat membantu Anda mengaktifkan fitur ini lebih cepat di masa mendatang.

Kesimpulan

Mempelajari cara mengaktifkan mode debug WordPress adalah keterampilan penting. Ini dapat membantu Anda memecahkan masalah kesalahan umum WordPress dan mengidentifikasi penyebab masalah dengan cepat. Untungnya, proses ini tidak harus sulit, dan Anda tidak perlu mengotak-atik kode situs jika Anda tidak yakin melakukannya.

Pada artikel ini, kami telah menunjukkan kepada Anda dua cara untuk mengaktifkan mode debug WordPress:

  1. Gunakan plugin seperti debugging WP.
  2. Edit file wp-config.php Anda.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang menggunakan mode debug di WordPress? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.