Cara Mudah Menemukan Serial Number Hard Disk Atau SSD di Windows 10/11

Cara Mudah Menemukan Serial Number Hard Disk Atau SSD di Windows 10/11 – Mungkin ada berbagai alasan Anda mungkin ingin menentukan detail spesifik tentang hard drive pada PC Anda. Misalnya, mungkin hard drive Anda telah berhenti bekerja, dan Anda ingin mengirimkannya ke pusat perbaikan, atau Anda ingin memulai proses untuk mendapatkan penggantinya.

Apa pun alasannya, Anda dapat dengan cepat mengumpulkan informasi tentang hard drive tanpa membuka kabinet komputer Anda. Selama penggantian, tim dukungan teknis akan meminta Anda untuk memberikan nomor seri.

Tanpa nomor seri, Anda tidak dapat mengganti hard disk drive yang rusak. Ada beberapa cara untuk memeriksa nomor seri hard drive di Windows 10, tetapi CMD adalah yang termudah dari semua itu. Sebelumnya juga pernah kami bagikan beberapa perintah CMD.

Anda bahkan dapat menggunakan alat informasi sistem pihak ketiga untuk mengambil informasi tentang hard drive yang diinstal, tetapi mereka akan memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Jadi, jika Anda mencari cara mudah untuk menemukan nomor seri hard drive Anda, Anda perlu menggunakan Command Prompt.

Langkah – Langkah Menemukan Serial Number Hard Disk Atau SSD di Windows 10/11

Pada artikel ini, kami telah membagikan panduan langkah demi langkah tentang cara menemukan nomor seri Hard Drive Anda di Windows 10/11 melalui CMD. Jadi, mari kita periksa.

Langkah 1. Pertama-tama, buka pencarian Windows dan ketik ‘CMD’. Sekarang klik kanan pada Command Prompt, dan pilih ‘Run as administrator’

Langkah 2. Pada Command Prompt Window, Anda harus memasukkan perintah berikut:

wmic diskdrive get model,name,serialnumber

Langkah 3. Sekarang Command Prompt akan menampilkan daftar semua hard drive yang Anda instal.

Langkah 4. Anda perlu melihat kolom ‘Serial Number’ di sebelah hard drive Anda untuk menemukan nomor seri.

Itu dia! Kamu selesai. Ini adalah penjelasan bagaimana Anda dapat menemukan nomor seri hard drive Anda di Windows 10 dan Windows 11 tanpa menginstal program apa pun. Jika informasi ini bermanfaat, maka sebarkan atau share artikel ini ke Sosmed kalian dan ke teman – teman kalian.

Leave a Reply