Dalang Skema Penambangan Bitcoin Ponzi Diekstradisi ke AS: $ 20 Juta Dana Korban Di Gelapkan

Dalang Skema Penambangan Bitcoin Ponzi Diekstradisi ke AS: $ 20 Juta Dana Korban Di Gelapkan – Pemerintah AS mengatakan telah mengekstradisi Gutemberg Dos Santos, salah satu pendiri skema Airbit Club Ponzi dari Panama dan dia sekarang menunggu persidangannya di pengadilan Manhattan. Dos Santos menghadapi dakwaan terkait dengan perannya dalam mengabadikan penipuan “cryptocurrency” yang menipu korban “puluhan juta dolar.”

Klaim Penipuan

Menurut Departemen Kehakiman AS (DOJ), Dos Santos dan lima kaki tangannya dituduh memberikan janji palsu kepada korban bahwa mereka akan mendapatkan penghasilan pasif dari penambangan cryptocurrency. Namun, investigasi menemukan bahwa “tidak ada penambangan bitcoin atau perdagangan atas nama korban yang benar-benar terjadi.”

Dalam pernyataan tanggal 30 November, DOJ mengatakan Dos Santos – warga negara Brasil dan Amerika Serikat – sebagai gantinya “menyelenggarakan pameran mewah dan presentasi komunitas kecil yang bertujuan untuk meyakinkan korban agar membeli keanggotaan Klub Airbit”. Setelah Dos Santos dan komplotannya menguasai uang, mereka akan terus menipu korban yang tidak curiga agar percaya bahwa semuanya di atas papan. Pernyataan pers DOJ menjelaskan:

Setelah investasi korban, promotor memberi korban akses ke portal Klub Airbit online untuk melihat pengembalian yang diklaim atas keanggotaan. Sementara para korban melihat ‘keuntungan’ terakumulasi di Portal Online mereka, pernyataan tersebut salah.

Dengan para korban yakin bahwa “investasi” mereka menghasilkan keuntungan besar bagi mereka, Dos Santos dan kaki tangannya menggunakan dana korban untuk memperkaya diri mereka sendiri. Seperti yang dijelaskan dalam pernyataan DOJ, terdakwa “menghabiskan uang korban untuk mobil, perhiasan, dan rumah mewah, dan mendanai pameran yang lebih boros untuk merekrut lebih banyak korban.”

Membawa Korban Baru

Menurut DOJ, salah satu terdakwa, pengacara Scott Hughes secara terpisah dituduh “membantu menghapus informasi negatif tentang Airbit Club dan Vizinova dari internet”. Hughes sebelumnya mewakili Dos Santos ketika dia menghadapi penyelidikan oleh US SEC.

Lebih lanjut, DOJ menuduh Dos Santos dan para terdakwa menggunakan “alasan, penundaan, dan biaya tersembunyi” untuk menolak akses korban ke dana mereka. Dalam satu contoh, seorang perempuan korban diberitahu bahwa “dia harus membawa ‘darah baru’ ke dalam skema Klub Airbit untuk menerima pengembaliannya.” Korban diberitahu tentang hal ini setelah dia mengajukan keluhan tentang ketidakmampuannya untuk melakukan penarikan.

Dalam contoh lain, seorang korban diberi tahu bahwa rekeningnya telah ditutup dan modal pokoknya telah hilang. Salah satu terdakwa menyebutkan penyebab kerugian tersebut:

Karena pelaksanaan Cadangan kesinambungan keuangan, kebijakan # 34 dari Syarat dan Ketentuan Klub Airbit, karena krisis ekonomi dan keuangan yang disebabkan oleh (Covid-19).

Menurut DOJ, total $ 20 juta diyakini telah dicuci atau digelapkan oleh Dos Santos dan antek-anteknya. Akibatnya, Dos Santos, yang harus menjawab tiga dakwaan, menghadapi hukuman total maksimal 70 tahun penjara.

Itulah tadi penjelasan mengenai Dalang Skema Penambangan Bitcoin Ponzi Diekstradisi ke AS: $ 20 Juta Dana Korban Di Gelapkan. Apakah menurut Anda penjara Dos Santos akan membantu korban? Sampaikan pendapatmu pada bagian komentar di bawah ini.

Sumber Refrensi

Leave a Reply