Definisi Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Definisi Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas – Untuk kalian yang masih baru atau awam mengenai dunia blogging, mungkin kalian baru mengetahui atau belum pernah sama sekali mendengan istilah backlink. Apa manfaat backlink untuk perkembangan atau pertumbuhan sebuah website? Serta Definisi Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas. Akan dibahas lengkap dalam artikel ini.

Backlink sudah menjadi salah satu komponen yang penting dalam Teknik SEO yang dapat menentukan peringkat website dan kepercayaaan Search Engine atau mesin pencari, sepertinya kita semua sudah sepakat dan sejalan mengenai bahwa backlink adalah sebuah komoditas untuk membangun sebuah website.

Definisi Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas
Image By Canva

Mengenai backlink, tidaklah gampang untuk mengengerti atau memahami konsep dari backlink itu sendiri. Sebab Google sendiri mempunyai algoritma yang secara tak langsung akan membatasi usaha kalian dalam mendapatkan backlink, terutama adalah backlink spam.

Oleh karena itu agar kalian semakin paham mengenai Apa itu backlink, khusus dalam artikel ini kita akan membahasnya secara lengkap dan terperinci. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Definisi Backlink

Menurut wikipedia, Backlink ialah sebuah istilah untuk menyebut tautan/link yang mengarah atau menuju ke website kalian. Biasanya backlink dimanfaatkan sebagai rujukan untuk pembaca atau visitor maupun untuk keperluan optimasi sebuah website itu sendiri.

Terdapat juga istilah kata link building yang dapat diartikan sebagai kegiatan membangun link. Sementara istilah itu external link adalah pemberi backlink dan istilah inbound link adalah penerima backlink.

Secara umum, backlink ini terbagi menjadi dua jenis yakni backlink do-follow dan backlink no-follow. Jika kita dilihat dari penampakannya, dua jenis backlink ini tidak mempunyai perbedaan satu sama lain. Akan tetapi dari segi manfaat, backlink do-follow memiliki kualitas yang lebih tinggi dan bagus dibandingkan dengan backlink no-follow.

Sampai disini, rasanya masih sangat mudah bukan untuk memahami apa itu backlink. Mari kita lanjut ke pembahasan mengenai Apa Manfaat Backlink untuk pertumbuhan sebuah website atau blog.

Manfaat Backlink

Berikut ini adalah manfaat backlink.

1. Menjaga Penilaian Mesin Pencari atau Search Engine

Ketika kalian sedang mencari sebuah informasi dengan memasukkan keyword atau kata kunci dalam sebuah mesin pencari seperti Google atau Bing, kita ambil saja contoh Google. Pastinya Google akan memberi hasil sebuah pencarian yang terbaik dan paling populer untuk kata kunci atau informasi yang kalian cari tersebut.

Pertanyaannya adalah Bagaimana Google memberikan nilai kepopuleran tersebut? Nah, disinilah backlink itu bekerja. Semakin banyak backlink berkualitas yang menuju ke website kalian, maka akan semakin bagus dan baik juga penilaian Google terhadap website kalian.

2. Meningkatkan Kualitas SEO

Seperti yang kita ketahui bahwa backlink ini menjadi salah satu aspek atau komponen penting dalam SEO. Semakin banyak backlink yang berkualitas, maka akan semakin tinggi pula kualitas SEO untuk website kalian. Akan tetapi, dalam case ini harus digaris bawahi bahwa backlink berkualitas lah yang akan mempengaruhi SEO website kalian.

3. Meningkatkan Peringkat Website SERP

Saat kualitas SEO dari website kalian sudah meningkat, maka inilah yang akan terjadi pada tahap selanjutnya. Secara perlahan – lahan, peringkat website kalian dalam mesin pencari akan naik juga. Selain dari optimasi lain yang kalian lakukan, backlink yang berkualitas ini juga pasti memberikan dampak yang baik.

4. Meningkatkan Trafic Website

Peringkat website kalian meningkat, contohnya di halaman satu pencarian atau disebut juga dengan page one, sangatlah mungkin atau pasti penambahan penggunjung website akan terjadi. Sebab, setiap pencarian akan memunculkan website kalian dalam halaman pertama atau page one.

Nah jika begitu dengan besarnya manfaat yang bisa didapatkan dari backlink berkualitas. Apakah berarti sangat sulit mendapatkan backlink? Selanjutnya kita akan membahas Bagaimana cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Cara Mendapatkan Backlink Yang Berkualitas

Banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mendapatkan Backlink yang berkualitas.

1. Membuat Konten Unik, Lengkap, dan Berkualitas

Ini merupakan cara paling umum untuk dapat mendapatkan backlink berkualitas. Teruslah fokus membuat sebuah artikel yang unik dan berkualitas. Bukan tak mungkin ketika artikel kalian berkualitas, website Wikipedia akan memberi link untuk mengarah ke website kalian sebagai rujukan atau refrensi.
Tentunya, website Wikipedia mempunyai Authority yang sangat besar. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkat peringkat website kalian di persaingan kata kunci atau key word, khususnya dalam kata kunci berat.
Mengenai cara pertama ini, seharusnya wajib kalian lakukan dalam setiap artikel yang kalian buat. Ibaratnya jika tidak mendapatkan backlink, artikel berkualitas harus selalu kalian buat.

2. Lakukan Guest Posting

Guest Posting ialah suatu kegiatan dimana kalian membuat dan posting artikel, tetapi bukan di website kalian, melainkan diposting di website orang lain. Di dalam artikel yang kalian buat tersebut, dapat kalian letakkan link yang mengarah ke website kalian.

Supaya lebih terasa manfaatnya, kalian dapat memilih website yang memiliki Authority dan Trafik besar untuk memposting artikel.

3. Bangun Relasi Antar Blogger

Jika kalian adalah seorang blogger, mulai sekarang ikutilah setidaknya satu grup atau komunitas blogger yang ada. Saat kalian join komunitas atau grup ini, tentunya akan banyak manfaat dan ilmu yang setidaknya bisa kalian dapatkan.

Didalam komunitas ini, kalian dapat melakukan banyak hal mulai dari menanyakan penyelesaian sebuah masalah yang sedang kalian hadapi pada website kalian, sharing mengenai pengalaman blogging, sharing tentang ilmu blogging atau mungkin tidak ada salahnya juga untuk saling bertukar link. Dari sinilah, kalian akan berpotensi mendapatkan sebuah backlink gratis antar sesama blogger.

4. Bergabung Program Partner Blog

Program Partner Blog dalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan backlink gratis. Dengan kalian mengikuti program partner blog yang disediakan website yang mengadakan program tersebut. Kalian hanya wajib mengikuti beberapa persyaratan yang berlaku (atau mungkin tidak), dan kalian sudah dapat mendapatkan backlink secara cuma-cuma alias gratis.

5. Backlink Comment

Backlink comment adalah salah satu cara paling ter-mutakhir untuk mendapatkan backlink secara gratis atau free. Kalian hanya perlu memberikan comment di website dengan script yang disediakan atau form komentar yang disediakan, dan backlink gratis bisa kalian dapatkan.

Kemudian, Bagaimana Cri-Ciri Backlink Yang Berkualitas?  Simak penjelasannya dibawah ini.

Ciri-Ciri Backlink Yang Berkualitas

Tentunya kalian tidak mau mendapatkan sebuah backlink “abal-abal” atau yang berkualitas renda, karena pasti akan sedikit dampaknya untuk website atau mungkin merugikan. Oleh karena itu, Daftarpedia.com sudah meringkas beberapa standar dari backlink yang berkualitas. Berikut ini adalah poin-poinnya. Mari simak:

1. Authority

Backlink yang berkualitas merupakan backlink yang berasal dari website yang mempunyai authority tinggi. Pertanyaannya adalah bagaimana untuk mengecek authority dari sebuah website?
Kalian dapat menggunakan tools gratis seperti dari Ahrefs atau Moz. Metrik yang dipakai oleh Ahrefs adalah Domain Rating 1-100. Sedangkan Moz memakai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) (keduanya bernilai 1-100) sebagai metriknya. Semakin tinggi nilai authority-nya, maka akan semakin besar juga manfaat yang akan kalian dapatkan.

2. Trafik

Trafik adalah standar minimal pemasangan backlink yang berkualitas. Pastikan website yang kalian tanami sebuah backlink mempunyai trafik yang potensial. Jangan sampai kalian mendapatkan backlink tetapi dari website yang tidak memiliki trafik.  Kalian juga dapat memakai tools seperti Ahrefs untuk mengecek trafik dari sebuah website.

3. Relevansi

Jadikan poin ketiga ini sebagai standar utama, saat kalian mengukur seberapa berkualitas suatu backlink. Backlink yang mempunyai tingkat relevansi tinggi akan memberikan dampak atau mamfaat lebih maksimal dibandingkan dengan yang tingkat relevansinya rendah atau sangat rendah.
Contohnya website kalian tentang teknologi, usahakan mendapatkan backlink dari website yang membahas niche yang sama pula. Jangan sampai kalian mendapatkan backlink dari website dengan niche kesehatan.

4. Terindex oleh Google

Poin keempat ini hanyalah sebagai tambahan dan dapat menjadi yang paling fundamental. Pastikan website yang kalian pasangi backlink itu Terindex oleh Google. Sebab ketika kalian memasang backlink, akan tetapi website asal itu tidak terindeks oleh Google sama saja bohong.

Cara paling gampang mengeceknya adalah kalian buka Google dan kemudian ketikkan “site:URL Website”. Jika terdapat banyak halaman yang muncul, maka website tersebut dapat menjadi pilihan, akan tetapi ketika kosong maka langsung tinggalkan website tersebut.

Penutup

Kegiatan blogging sebenarnya adalah sebuah proses. Didalam proses tersebut juga terdapat proses lainnya. Proses untuk menjadi sukses dan menghasilkan sebuah blog yang bermanfaat serta berguna bagi banyak orang.
Begitu juga halnya dengan backlink, mencari sebuah backlink bukanlah suatu kegiatan yang gampang dan mudah. Membutuhkan usaha dan niat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain backlink, tentunya juga kuantitas dan kualitas artikel adalah nomor satu dan wajib kalian lakukan.
Oleh karena itu, terus berusaha untuk membangun website kalian menjadi sebagus mungkin dan sebermanfaat mungkin.
Sampai disini dulu artikel mengenai Definisi Backlink dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa untuk membagikan atau share artikel ini agar lebih banyak orang bisa terbantu melalui artikel ini.

 

One comment

  1. Backlink comment memang cara yang paling mudah untuk link building, tapi jumlahnya harus diperhatikan juga, karena bersifat nofollow dan potensial meningkatkan nilai spam score di suatu website.

    Klo saya sih lebih prefer untuk guest posting di beberapa situs relevan. But, this post is quite good. Keep up with good work, bro.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.