Definisi dan Cara Kerja Fatigue Camera

Definisi dan Cara Kerja Fatigue Camera – Saat ini dengan berkembang pesatnya teknologi, segala sesuatu aktivitas  manusia telah dipermudah dengan adanya teknologi. Salah satunya adalah Fatigue Management System atau disebut sebagai Fatigue Camera.

Definisi Fatigue Camera

Definisi dan Cara Kerja Fatigue Camera

Fatigue Managemen System atau Fatigue Camera adalah alat bantu atau rekayasa engineering untuk mencegah terjadi accident fatigue dalam mengemudikan kendaraan, terkhususnya dalam dunia pertambangan yakni unit Dump Truck, HD dan alat berat lainnya. Jika kalian ingin memiliki camera fatigue, maka kalian dapat membelinya di Roadefence.

Cara Kerja Fatigue Camera

Cara kerja dari fatigue camera sebenarnya cukup sederhana. Berikut ini adalah cara kerja dari fatigue camera.

Definisi dan Cara Kerja Fatigue Camera

  1. Fatigue Camera mendeteksi wajah operator atau driver pada saat operator mengemudikan kendaraaan.
  2. Kondisi fatigue dari operator dapat terdeteksi dari perubahan pupil mata seperti mata tertutup ada berkedip lebih sering, menguap, perubahan posisi wajah menoleh kiri atau kanan.
  3. Sistem ini juga akan mendeteksi operator merokok dan menggunakan telepon.
  4. Sistem ini juga akan mendeteksi ketidakfokusan operator dalam mengemudi.
  5. Sistem ini akan aktif mendeteksi wajah operator pada saat unit berjalan dengan kecepatan 10 km/jam (berdasarkan kecepatan dari antenna GPS).

Berikut ini adalah gambar dari Bussines Process Fatigue Management System:

Cara Kerja Fatigue Camera

Jika operator atau driver terdeksi fatigue maka secara otomatis akan mengirimkan sebuah notifikasi, berikut ini adalah tipe notifikasi atau alarm dari camera fatigue:

  1. Warning Level 1 adalah Camera fatigue akan mendeteksi kondisi wajah dari operator. Kondisi yang dikategorikan sebagai warning level 1 adalah kondisi dimana operator akan tertidur/ mata tertutup dibawah 2-3 detik, selain itu kamera akan mendeteksi posisi kelopak mata yang tertuju ke arah bawah atau dalam kondisi tidak fokus dalam mengemudi.
  2. Warning Level 2 adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan warning level 2 dimana setelah suara peringatan warning level 1 berbunyi dan kondisi mata tertutup atau mata tertuju ke arah bawah lebih dari 3 detik.
  3. Face Missing Warning adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan Face Missing Warning di saat wajah operator tidak terdeteksi oleh kamera atau wajah terhalang oleh obyek lain lebih dari 30 detik.
  4. Smoking Warning adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan Smoking Warning di saat operator merokok di saat unit berjalan.
  5. Phone Warning adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan Phone Warning di saat operator berbicara menggunakan hp lebih dari 5 detik.
  6. Cover Warning adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan Cover Warning di saat ada benda atau kertas atau handuk yang menutupi kamera fatigue.
  7. Look Around Warning adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan Look Around Warning di saat operator menoleh ke arah samping selama lebih dari 5 detik.
  8. Yawn Warning adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan Yawn Warning di saat operator menguap.
  9. Speeding Warning adalah Kamera fatigue akan mengaktifkan npeeding  Warning ketika unit bergerak di atas kecepatan yang telah dikonfigurasi di camera fatigue.

Itulah penjelesan secara detail mengenai Definisi dan Cara Kerja Fatigue Camera. Jika kalian ada masukan, mohon berikan komentar anda di artikel ini.

Leave a Reply