Elon Musk dan Snoop Dogg Mendorong Cryptocurrency ke Rekor Tertinggi

Elon Musk dan Snoop Dogg Mendorong Cryptocurrency ke Rekor TertinggiBitcoin dan bahkan Dogecoin, yang dimulai sebagai eksperimen yang menyenangkan, melonjak nilainya ketika miliarder, perusahaan, dan selebriti mempromosikan mata uang digital.

Bitcoin mencapai level tertinggi baru di atas $ 47.000 pada hari Senin, melonjak lebih dari 45 persen sejak awal tahun. Mata uang digital lainnya – dengan nama seperti Terra dan Solana – juga naik tajam nilainya.

Bahkan Dogecoin, mata uang kripto yang dimulai sebagai lelucon dengan anjing Shiba Inu yang selalu terkejut karena simbolnya, telah melonjak hampir 1.000 persen selama seminggu terakhir untuk mencetak rekor.

Unjuk rasa tersebut adalah momen euforia bagi ribuan versi berbeda dari uang digital, yang bertahun-tahun lalu dianggap tidak lebih dari Beanie Babies online yang terperangkap dalam gelembung spekulatif. Sementara cryptocurrency sering naik dan turun bersamaan, lonjakan terbaru menonjol karena besarnya – untuk pertama kalinya, nilai semua cryptocurrency meroket di atas $ 1 triliun selama sebulan terakhir – serta jumlah orang yang menggunakan token digital untuk tujuan praktis dan pemain utama yang terlibat.

Pada hari Senin, alasan nyata unjuk rasa itu adalah pengumuman dari Tesla, perusahaan mobil listrik yang dijalankan oleh Elon Musk, orang terkaya di dunia. Tesla mengatakan bahwa mereka telah membeli $ 1,5 miliar Bitcoin dan akan mulai menerima pembayaran Bitcoin, memicu hiruk-pikuk bunga.

Perusahaan mobil Elon Musk, Tesla, mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka telah membeli $ 1,5 miliar Bitcoin.

Namun momentum yang mendasari lonjakan tersebut perlahan terbangun selama sekitar satu tahun. Selama periode itu, PayPal telah bergabung dengan aplikasi konsumen lain yang memungkinkan penggunanya membeli, menahan, dan menjual mata uang kripto. Beberapa operator hedge fund terbesar di dunia – seperti Paul Tudor Jones dan Stanley Druckenmiller – juga telah memasukkan uang ke pasar baru, sebagai tanda bahwa mereka semakin memandang cryptocurrency sebagai aset seperti emas.

“Ini hanya perubahan besar dalam sentimen,” kata Meltem Demirors, kepala strategi di CoinShares, manajer aset cryptocurrency. “Kami berubah dari diejek dan diejek menjadi orang terkaya di dunia yang membicarakannya.”

Unjuk rasa tersebut menyusul kegilaan baru-baru ini atas saham pengecer video-game GameStop, yang juga didorong oleh meme media sosial dan tweet lelucon Mr. Musk. Joshua Gans, seorang profesor yang mempelajari inovasi di sekolah bisnis Universitas Toronto, mengatakan kedua run-up menampilkan generasi baru investor yang memiliki banyak waktu di tangan mereka dalam pandemi dan hanya memiliki sedikit pilihan menarik untuk membelanjakan uang mereka. Akibatnya, mereka menjadi lebih tertarik dengan investasi yang dibicarakan secara online, katanya.

Membeli dan memperdagangkan saham dan cryptocurrency juga menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diakses, kata Gans. Square dan aplikasi perdagangan Robinhood telah memperkenalkan perdagangan cryptocurrency dan saham selama beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, PayPal juga menambahkan cryptocurrency ke aplikasinya, memperluas audiensnya.

“Orang-orang tidak memiliki uang berlebih sebelumnya dan waktu luang untuk ‘belajar’ tentang perdagangan,” kata Gans. Sekarang saham dan cryptocurrency “lebih mudah untuk ‘dibeli’ dari sebelumnya.”

Cryptocurrency mulai muncul pada tahun 2009 setelah seseorang yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto – yang identitas aslinya tidak pernah terungkap – merilis aturan dan perangkat lunak untuk Bitcoin. Mata uang virtual, yang tidak memiliki dukungan fisik, dapat dikirim secara elektronik dari satu pengguna ke pengguna lain, di mana pun di dunia. Bitcoin dijalankan oleh jaringan komputer terdesentralisasi yang melacak semua transaksi, sehingga tidak dapat dikendalikan oleh pemerintah atau perusahaan.

Bitcoin pada awalnya digambarkan sebagai cara membayar barang secara online. Tetapi kebutuhan akan transaksi untuk dijalankan melalui sistem desentralisasi membuat pembayaran menjadi lambat.

Seiring waktu, investor menjadi lebih tertarik pada Bitcoin karena tidak dikendalikan oleh pemerintah atau perusahaan mana pun. Perangkat lunak yang menetapkan aturan untuk Bitcoin juga memungkinkan hanya 21 juta Bitcoin yang pernah dibuat, jadi itu adalah sumber daya yang langka.

Kualitas tersebut telah menciptakan periode ledakan dan kehancuran untuk Bitcoin dan mata uang digital lainnya. Pada tahun 2017, setelah peningkatan pesat, harga Bitcoin jatuh. Tetapi sejak pandemi virus korona, sekelompok investor dan perusahaan baru yang kuat telah memasuki pasar.

Mereka termasuk operator hedge fund seperti Mr. Tudor Jones dan Mr. Druckenmiller, serta Ray Dalio, pendiri Bridgewater. Sementara Tuan Dalio menyatakan keraguannya tentang Bitcoin November lalu, dia menerbitkan sebuah esai bulan lalu setelah penelitian lebih lanjut yang menggambarkan cryptocurrency sebagai “salah satu penemuan yang luar biasa.” Dia menambahkan bahwa dia sedang mempertimbangkan untuk memasukkan uang ke dalam Bitcoin.

Pendukung Bitcoin lainnya termasuk Jack Dorsey, kepala eksekutif Twitter dan Square. Square menginvestasikan $ 50 juta dalam Bitcoin akhir tahun lalu. Dan Tuan Dorsey, yang profilnya di Twitter adalah #bitcoin, sering men-tweet tentang kualitas mata uang virtual.

Tahun lalu, Michael Saylor, kepala eksekutif perusahaan perangkat lunak Microstrategies, juga memasukkan kas ke neraca perusahaannya ke Bitcoin. Dia telah menyaksikannya tiga kali lipat nilainya menjadi sekitar $ 3 miliar, menurut situs Bitcointreasuries.org. Tn. Saylor mengatakan bahwa dia mengambil langkah itu karena dia yakin nilai mata uang tradisional akan turun seiring waktu, membuat kelangkaan Bitcoin lebih berharga.

“Untuk apa pun yang diinvestasikan oleh siapa pun sebagai penyimpan nilai, tampaknya lebih baik memindahkannya ke Bitcoin,” kata Saylor pada November.

Mr Musk telah berbicara dengan Mr Saylor di Twitter dalam beberapa bulan terakhir tentang meniru strategi itu. Kemudian dalam pengajuan pada hari Senin, Tesla mengatakan telah membeli $ 1,5 miliar Bitcoin untuk “memaksimalkan pengembalian uang tunai kami.”

Tuan Musk telah memicu demam seputar cryptocurrency melalui tweet lain. Bulan lalu, Tn. Musk mengikuti Tn. Dorsey dengan mengubah profil Twitternya menjadi #bitcoin. Dia menghapus deskripsi itu beberapa hari yang lalu, tetapi telah memposting pesan lain yang menggembirakan – dan terkadang samar – tentang mata uang virtual.

Dia juga berbicara tentang Dogecoin, koin yang dibuat pada tahun 2012 sebagai eksperimen yang menyenangkan untuk memungkinkan orang mencoba teknologinya. Selama sebulan terakhir, Tn. Musk telah beralih dari memposting lelucon samar tentang Dogecoin (“Satu kata: Doge”) menjadi argumen semi-serius mengapa hal itu dapat dianggap serius (“Doge tampaknya bersifat inflasi, tetapi tidak terlalu berarti” ).

Selebritas lain kemudian membahas Dogecoin dengan tweet viral mereka sendiri. Pada hari Sabtu, rapper Snoop Dogg menanggapi tweet dari Mr Musk dengan foto dirinya sebagai Snoop Doge.

Di luar orang-orang yang mengejar lelucon online terbaru, lebih banyak yang menggunakan cryptocurrency untuk tujuan yang lebih serius. Ethereum, token digital paling berharga kedua, telah melahirkan aplikasi yang memungkinkan jenis transaksi keuangan baru. Tidak seperti Bitcoin, yang hanya mendukung penyimpanan dan pergerakan uang, Ethereum memungkinkan penggunaan jaringan komputer untuk jenis komputasi dan transaksi yang lebih rumit.

Salah satu aplikasi populer yang berjalan di Ethereum, disebut Aave, memungkinkan orang meminjamkan dan meminjam cryptocurrency, dengan pembayaran bunga berpindah langsung antar pengguna tanpa melibatkan perusahaan keuangan.

Pada hari Senin, sistem memiliki pinjaman yang belum dibayar lebih dari $ 5 juta, menurut situs DefiPulse. Ethereum juga mencapai level tertinggi pada hari Senin di $ 1.776, menurut Coinbase, naik 134 persen sejak awal tahun.

“Dulu di tahun 2017 orang hanya membeli apa saja yang sedang diobral,” kata Demirors. “Sekarang orang tahu apa yang mereka beli dan mereka mengajukan pertanyaan cerdas. Ini terasa sangat berbeda. ”

 

Itulah pembahasan secara detail mengenai Elon Musk dan Snoop Dogg Mendorong Cryptocurrency ke Rekor Tertinggi.

Leave a Reply