Intel Meluncurkan Chip Crypto Baru: Dirancang untuk Hemat Energi

Intel Meluncurkan Chip Crypto Baru: Dirancang untuk Hemat Energi – Apa yang anda pikirkan jika mendengar Intel? Ya, Intel biasanya indektik dengan chip prosesor komputer ataupun laptop. Namun, saat ini Intel berinvestasi dalam teknologi blockchain dengan chip crypto baru yang dirancang untuk hemat energi. Intel Corp telah meluncurkan chip baru untuk aplikasi blockchain seperti penambangan Bitcoin dan pencetakan NFT.

Chip crypto pertama oleh Intel disebut “blockchain accelerator,” yang akan dilaunching akhir tahun ini. Saat ini sudah ada dua perusahaan yang telah memesan teknologi sebelumnya, termasuk perusahaan pertambangan Bitcoin yang cukup ternama yakni GRIID Infrastructures and Block dan perusahaan fintech Square milik Jack-Dorsey.

“Akselerator Blockchain” Chip Crypto Baru Intel

Pengumuman itu dibuat oleh Raja Koduri, wakil presiden senior Intel. Dia mengatakan bahwa:

“Kami mengharapkan kemajuan sirkuit kami untuk menghasilkan akselerator blockchain dengan kinerja lebih dari 1000x lebih besar per watt daripada GPU konvensional untuk penambangan berbasis SHA-256.”

Perusahaan mengatakan chip tersebut akan tersedia di International Solid-State Circuits Conference pada 20 Februari 2022.

Intel dijadwalkan untuk membuat presentasi di ISCC pada 23 Februari, berjudul “Tambang Bonanza: ASIC Penambangan Bitcoin Ultra-Low-Voltage Hemat Energi.” ASIC (sirkuit terintegrasi khusus aplikasi, chip yang dirancang untuk satu tugas, seperti penambangan cryptocurrency.

Dampak penambangan cryptocurrency telah menjadi perhatian utama. Rig Pertambangan yang membutuhkan banyak daya ditenagai oleh fasilitas batu bara dan gas alam, berdampak buruk bagi lingkungan dan menyebabkan tingginya listrik dan pemadaman.

Bahkan anggota parlemen AS telah mengangkat masalah ini di Kongres, berdebat tentang bagaimana menangani peningkatan konsumsi energi dengan penambangan kripto. Mereka juga meminta perusahaan Bitcoin untuk mengungkapkan berapa banyak energi yang mereka gunakan.

Di Amerika Serikat, saat penambangan bitcoin intensif energi meluas, anggota Kongres memperdebatkan cara membuat bitcoin yang lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu Intel Corp saat ini telah mengembangkan teknologi blockcahin ramah lingkungan.

Itulah pembahasan secara detail mengenai Intel Meluncurkan Chip Crypto Baru: Dirancang untuk Hemat Energi.

Leave a Reply