OTP Tidak Lebih Aman: Begini Cara Hackers Mencuri Data Anda melalui Serangan SMS

OTP Tidak Lebih Aman: Begini Cara Hackers Mencuri Data Anda melalui Serangan SMS – Perubahan baru dari hari ke hari sedang terjadi dalam teknologi, alih-alih mendapatkan lebih banyak masalah privasi, sesekali peretas menyerang pengguna. Serangan baru telah muncul di mana peretas mengalihkan SMS yang terikat untuk nomor telepon pengguna ke sistem mereka.

Serangan Pengalihan SMS: Peretas dapat Masuk ke Akun WhatsApp Anda

Sesuai laporan oleh Joseph Cox dari Vice, pesan teks dialihkan oleh peretas untuk mendapatkan OTP perangkat pengguna dan informasi lain dalam serangan SMS. Dia juga memberi tahu bahwa peretas juga bisa mendapatkan akses ke akun Whatsapp.

Serangan ini dimungkinkan karena kecerobohan industri telekomunikasi. Dengan menggunakan serangan SMS, peretas dapat mengarahkan ulang pesan teks penting yang berisi OTP atau tautan masuk.

Joseph Cox, seorang reporter Motherboard diserang secara pribadi dan dia bahkan tidak mengetahui tentang serangan di nomor ponselnya.

Dalam sebuah laporan, dia berkata:

“Looking down at my phone, there was no sign it had been hacked. I still had reception; the phone said I was still connected to the T-Mobile network. Nothing was unusual there. But the hacker had swiftly, stealthily, and largely effortlessly redirected my text messages to themselves. And all for just $16.

Namun, hal yang aneh tentang serangan itu adalah, Hacker bisa mendapatkan akses hanya dengan membayar $ 16. Perusahaan yang menyediakan layanan ini dalam kasus Cox mengatakan bahwa serangan itu telah diperbaiki tetapi untuk beberapa lainnya belum terselesaikan. Selain itu, beberapa perusahaan mengetahui penyerangan tersebut dan mereka juga menyalahkan CTIA, organisasi perdagangan.

Serangan pengalihan SMS ini adalah aktivitas peretasan lain yang ditambahkan ke daftar peretasan. Sudah ada serangan SIM Swapping dan SS7 yang mempengaruhi banyak pengguna.

Namun, hal yang menarik tentang serangan ini adalah pengguna mengetahui tentang peretasan dalam beberapa saat karena ponsel tidak memiliki jaringan apa pun. Namun dalam kasus serangan SMS ini, korban tidak mengetahui apapun.

Jadi, untuk menghindari hal tersebut, lebih baik tidak bergantung pada layanan SMS. Anda harus menggunakan aplikasi pengautentikasi dan untuk OTP terkait bank, Anda harus mendaftarkan akun email Anda dengan akun Anda untuk menerima OTP.

Itulah pembahasan mengenai OTP Tidak Lebih Aman: Begini Cara Hackers Mencuri Data Anda melalui Serangan SMS.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.