Pasokan Hard Drive dan SSD Bisa Langka Karena Chia Cryptocurrency

Pasokan Hard Drive dan SSD Bisa Langka Karena Chia Cryptocurrency – Dengan kemunculan cryptocurrency Chia, para penambang di China dilaporkan dengan panik mengambil setiap hard drive dan SSD yang dapat mereka temukan. Tidak seperti cryptocurrency lainnya, Anda tidak menambang Chia dengan prosesor, kartu grafis (VGA Card), atau penambang ASIC. Sebaliknya, Anda menambang Chia dengan ruang penyimpanan, di situlah hard drive atau SSD masuk. Chia belum tersedia secara resmi untuk diperdagangkan, oleh karena itu, terlalu dini untuk mulai menimbun hard drive atau SSD.

Tidak seperti Bitcoin, yang didasarkan pada bukti kerja, Chia menggunakan model bukti ruang dan waktu. Chia dilaporkan datang sebagai cryptocurrency ramah lingkungan. Bram Cohen, yang paling dikenal sebagai penemu BitTorrent, menciptakan Chia untuk memanfaatkan ruang kosong di perangkat penyimpanan. Dasar di balik Chia adalah bahwa hard drive dan SSD menggunakan lebih sedikit daya, lebih mudah didapat, dan lebih murah untuk dibeli. Sebagai perbandingan, menambang Ethereum atau Bitcoin dalam skala massal berkontribusi pada pemborosan listrik.

Pasokan Hard Drive dan SSD Bisa Langka Karena Chia Cryptocurrency
Hard Drive (Image Credit: Canva)

Menurut laporan HKEPC, penambang membeli hard drive secara massal dengan kapasitas mulai dari 4TB hingga 18TB. Panic buying pada akhirnya akan menyebabkan kekurangan hard drive dan kenaikan harga. Di Hong Kong, harga hard drive dan SSD diperkirakan akan naik antara 200 HKD hingga $ 600 HKD (~ $ 26 hingga $ 77). Karena operasi baca dan tulis yang konstan, SSD konsumen bukanlah pilihan pertama untuk farming/menambang Chia. Tidak ada yang aman dari penambang ketika ada keuntungan yang bisa didapat.

Jiahe Jinwei, salah satu pabrikan domestik besar di China, mengatakan kepada outlet media MyDrivers bahwa SSD NVMe M.2 berkinerja tinggi Gloway dan Asgard 1TB dan 2TB perusahaan semuanya terjual habis. Pabrikan berencana untuk memberlakukan batasan untuk menghentikan penambang membeli SSD konsumen dalam jumlah besar. Selanjutnya, perseroan juga akan meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan. Rupanya, Jiahe Jinwei bahkan mengembangkan SSD khusus untuk operasi penambangan.

Menambang dengan SSD konsumen dapat dilakukan, tetapi penambang yang lebih serius kemungkinan akan melihat ke sisi perusahaan. Daya tahan sama pentingnya dengan kapasitas dan kinerja, dan SSD perusahaan atau pusat data biasanya memenuhi tiga kriteria ini.

Banyak cryptocurrency datang dan pergi jadi akan menarik untuk melihat bagaimana Chia berkembang. Beberapa tahun yang lalu, tidak ada yang menganggap serius Bitcoin, dan hari ini nilainya lebih dari $ 62.000.

Itulah pembahasan mengenai Pasokan Hard Drive dan SSD Bisa Langka Karena Chia CryptocurrencyMari kita tunggu apakah Chia Cryptocurrency segera di launcing dan dapat di tambang menggunakan HDD atau SSD. Jika kalian mengetahu tentang Chia, dapat memberikan komentar dibawah ini.

Leave a Reply