PS5 vs Xbox Series X: Konsol Generasi Berikutnya Mana yang Lebih Baik?

Pada kesempatan kali ini, DaftarPedia.com akan membahas mengenai PS5 vs Xbox Series X: Konsol Generasi Berikutnya Mana yang Lebih Baik? Mari langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

Sony PlayStation 5 dan Xbox Series X adalah konsol Next-Gen baru yang akan segera diluncurkan. Kedua konsol tersebut menjadi pembicaraan di kota sejak diumumkan. Sekarang, bagi para gamer, mungkin sulit untuk menemukan mana yang lebih baik karena kedua konsol tersebut memiliki poin plus tersendiri.

Jadi, jika Anda bingung atau ingin tahu konsol mana yang lebih baik, maka Anda berada di tempat yang tepat. Di sini kami telah mencoba membandingkan kedua konsol dan memeriksa konsol generasi berikutnya yang lebih baik. Namun, sulit untuk menemukan kekuatan dan kelemahan kedua konsol tersebut. Mari kita lihat detailnya.

PlayStation 5 VS Xbox Series X

PS5 vs Xbox Series X: Konsol Generasi Berikutnya Mana yang Lebih Baik?
PS5 vs Xbox Series X

Setiap orang membandingkan kedua sistem tersebut, dan kita semua memiliki pendapat yang berbeda. Bahkan perusahaan Microsoft dan Sony ditanyai tentang persaingan dalam wawancara, tetapi mereka mengatakan tidak ada persaingan di antara mereka.

[irp]

Karena tidak semua dapat membeli kedua konsol tersebut, untuk memeriksa mana yang lebih baik. Tetapi, ada beberapa dari mereka yang dapat membeli konsol dan cek, tetapi yang hanya mampu membeli satu dapat menjadi bingung karena kita perlu melihat apa yang kita dapatkan untuk $ 499.

Ini semua tentang kekuatan, kecepatan, dan level visual yang mustahil. Kedua konsol tersebut memiliki spesifikasi internal yang hampir sama. Pertama, berikut lihat spesifikasi kedua konsol tersebut.

Consoles Xbox Series X PlayStation 5
GPU 12 TFLOPS, 52 CUs @ 1.825 GHz Custom RDNA 2 GPU 10.3 TFLOPS, 36 CUs @ 2.33 GHz (variable frequency)
CPU 8x Cores @ 3.8 GHz (3.66 GHz w/ SMT) Custom Zen 2 CPU 8x Cores @ 3.5 GHz (variable frequency)
RAM 16 GB GDDR6 w/ 320mb bus 16 GB GDDR6
Storage 1 TB Custom NVME SSD 825 GB Custom NVME SSD
Resolution Up to 8K Up to 8K
Frame Rate Up to 120 fps Up to 120 fps
Expandable Storage 1 TB Expansion Card (matches internal storage exactly) NVMe SSD Slot
Processor 7nm Enhanced TBD
Optical Drive 4K UHD Blu-Ray Drive 4K UHD Blu-Ray Drive (Not in Digital Edition)
Performance 4K @ 60 FPS, Up to 120 FPS and 8K 4K @ 60 FPS, Up to 120 FPS and 8K
Price $500 $500 (PS5); $400 (PS5 Digital Edition)
Release Date November 10, 2020 November 12, 2020

Detail Dari PS5 vs Xbox Series X

Design

Kedua perusahaan memiliki desain konsol yang berbeda. Tampilan PS5 sangat berbeda dari generasi sebelumnya. Ini adalah konsol terbesar yang dibuat oleh Sony untuk pertama kalinya.

Di sisi lain, Xbox Series X terlihat seperti PC gaming. Kami dapat mengatakan ini mirip dengan bagaimana Apple melakukannya dengan iPhone. Semua perangkat sama hanya dengan kemampuan yang berbeda. Secara keseluruhan, desain kedua konsol itu keren.

[irp]

Graphics

Jika kita berbicara tentang spesifikasi, maka kita dapat mengatakan Xbox Series X memiliki spesifikasi yang sedikit lebih kuat. Tetapi berbicara tentang kinerja, sulit untuk mengatakan konsol mana yang lebih baik. GPU Xbox Series X menawarkan kinerja komputasi 12 teraflops.

Specifications

Xbox Series X

Microsoft Xbox Series X akan bekerja dengan semua pengontrol Xbox dengan semua gim. Ini menggunakan internal AMD khusus dengan menggunakan Zen 2 dan RDNA 2. Konsol ini akan lebih kuat daripada Xbox One X.

Xbox Series X berjalan pada 1.852GHz yang terkunci. Ini memiliki prosesor AMD Zen 2 CPU dengan 16 utas dan delapan inti. Ini mendukung resolusi 8K dan kecepatan refresh 120Hz pada 4K. Xbox Series X juga menawarkan kemampuan pelacakan sinar DirectX. Ada penyimpanan internal 1TB NVMe SSD, dan Anda dapat mengembangkannya dengan kartu NVMe. Ada varian RAM standar GDDR6 dengan peningkatan 16GB.

Jadi, jika kita melihat spesifikasinya secara bijak, maka bisa dikatakan Xbox Series X sedikit lebih baik dari PS5. Tapi akhirnya, kita bisa melihat performa konsol dan kemudian bisa menilai mana yang lebih baik.

PS5

PS5 ditenagai oleh versi custom-built dari chipset AMD Ryzen generasi ketiga dengan delapan core dan arsitektur Zen 2 serta grafis Navi. GPU menawarkan 36 unit komputer dan menawarkan 10.28TFLOP. CPU bekerja pada 3.5GHz. Ini dipasangkan dengan 16GB GDDR6 dengan bandwidth 448GB / s. PS5 mendukung fitur seperti penelusuran sinar.

Ini memiliki resolusi layar hingga 8K. Dan itu juga bekerja pada kecepatan refresh 120Hz, yang memberikan kinerja yang mulus dalam permainan jika Anda memiliki layar HDMI 2.1. PS5 juga mendukung audio 3D saat menggunakan headset. Audio dikirimkan dengan Mesin Tempest baru, yang menangani ratusan sumber suara. Ini dapat dibandingkan dengan Dolby Atoms.

PlayStation 5 memiliki penyimpanan hingga 825GB dengan 5,5GB / s mentah. Salah satu elemen terbaik dan menarik dari PS5 adalah pengontrol DualSense. Ini telah menggantikan teknologi DualShock 4. Secara keseluruhan, ini bekerja dengan sangat baik.

Pengontrol DualSense PS5 memiliki pemicu adaptif. Dengan mana Anda bisa merasakan ketegangan saat menarik tali busur atau pistol. Pengontrol memiliki jack headphone dengan mikrofon internal. Dengan ini, Anda bisa mengirim pesan suara ke teman.

Dengan semua fitur baru, Sony telah mengonfirmasi bahwa pengontrol DualShock 4 lama tidak akan berfungsi dengan game PS5.

[irp]

Harga

Harga Xbox Series x adalah $ 500. Harganya sama dengan Xbox One yang diluncurkan pada 2013. Namun, jika dirasa terlalu mahal, maka Anda bisa membeli Xbox Series S seharga $ 300. Konsol tersebut akan diluncurkan pada 10 November, dan pre-order sudah dimulai dari September.

Sony PS5 dirilis pada 12 November di beberapa negara, dan secara global diluncurkan pada 19 November. Harga PS5 dengan disk drive adalah $ 500, dan PS5 Digital Edition adalah $ 400.

Hampir kedua konsol tersebut memiliki harga yang sama, jadi sebaiknya kita tidak memutuskan konsol mana yang akan dibeli berdasarkan harganya. Anda dapat memilih salah satu dari mereka sesuai pilihan Anda atau memeriksa spesifikasinya.

Leave a Reply