Rekomendasi 8 Merk Harddisk External Terbaik dan Awet

Rekomendasi 8 Merk Harddisk External Terbaik dan Awet – Penyimpanan data di komputer atau laptop adalah salah satu hal yang sangat penting. Apalagi semakin banyaknya orang yang bekerja menggunakan komputer atau laptop memungkinkan orang tersebut untuk menambah memori penyimpanan data. Untuk itu, dibutuhkan harddisk eksternal yang akan menampung file atau data tambahan dari komputer atau laptop. Maka Anda memerlukan rekomendasi merk harddisk eksternal terbaik dan tahan lama.

Kenapa harus memakai harddisk eksternal? Karena biasanya memori penyimpanan di komputer atau laptop sudah tidak mencukupi atau full storage. Akan tetapi, dalam memilih dan menentukan harddisk eksternal ini, juga tidak boleh sembarangan lho. Karena jika kalian memilih kualitas yang kurang baik, data yang disimpan di dalamnya dapat hilang atau rusak. Itulah mengapa Anda harus benar-benar teliti dalam membeli harddisk eksternal tersebut. Berikut ini tips dan trik memilih Harddisk External:

Tips Memilih Harddisk External yang Terbaik dan Awet

Hal yang paling utama dalam membeli harddisk eksternal ialah memperhatikan bagaimana kualitas produknya. Berikut ini beberapa tips atau hal yang harus Anda perhatikan, sebelum membeli harddisk eksternal :

1. Pilih Sistem Operasi yang Kompatibel

Sistem Operasi (Operating System) adalah hal yang sangat penting pada sebuah harddisk eksternal. Oleh sebab itu, Anda harus perhatikan bagaimana sistem operasinya. Karena sistem operasi Apple dan Microsoft menggunakan file sistem yang tidak sama. Untuk file sistem pada Microsoft biasanya banyak dijual di pasaran. Sedangkan file sistem pada Apple agak susah ditemukan.

2. Berapa Banyak Kapasitas Penyimpanannya

Karena fungsi harddisk eksternal ini untuk menyimpan data tambahan, maka hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah berapa kapasitas penyimpanannya. Sebelumnya, pastikan dulu data yang akan disimpan di sana adalah data pekerjaan, bisnis, atau hanya foto dan video koleksi pribadi.

Karena jika hanya foto atau video saja maka jumlah kapasitas penyimpanannya tidak harus besar. Kapasitas 500 Giga Bite (GB) saja sudah cukup.

3. Bagaimana Kecepatan Rotasinya dalam Mengolah Data

Kecepatan putran atau rotasi pada suatu harddisk internal ini berbeda-beda. Kecepatan rotasi pada sebuah harddisk eksternal akan sangat memengaruhi kecepatan dalam membaca data. Sistem kerja pada harddisk ini ialah saat Anda membuka atau mengolah data maka piringannya akan berputar terus. Kecepatannya dihitung dengan RPM (Revolutions per Minute).

Jumlah kecepatan RPM inilah yang perlu Anda perhatikan dari suatu merk harddisk. Semakin tinggi RPMnya maka kecepatannya pun akan semakin baik dan bagus.

4. Konektivitasnya

Hal penting lainnya dalam pemilihan harddisk ini adalah konektivitasnya dan bagaimana harddisk ini bisa tersambung dengan baik ke komputer. Koneksi dari harddisk ke komputer juga berbeda-beda. Untuk kualitas terbaik, Anda bisa memilih harddisk dengan konektivitas USB 3.0. Apalagi jika Anda sering memindahkan file atau data dari laptop ke harddisk tersebut.

5. Cover atau Pelindung Harddisk

Dalam hal ini, sebaiknya Anda menggunakan harddisk yang memiliki cover atau pelindung. Cover ini akan melindungi harddisk dengan baik. Jika Anda terbiasa melakukan perjalanan jauh, maka Anda bisa menggunakan cover harddisk yang kualitasnya sangat baik, supaya harddisk selalu terlindungi dan tidak mudah rusak atau terkena benturan.

5. Fitur

Fitur Harddisk

Bagaimana dengan fitur yang terdapat pada sebuah harddisk? Fitur yang harus ada pada sebuah harddisk eksternal adalah password protecion serta backup. Jika kedua fitur itu sudah ada, maka fitur yang lainnya bisa disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi 8 Merk Harddisk External Terbaik dan Awet serta Terkenal

Berikut adalah ini daftar rekomendasi merk harddisk eksternal, dan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menyimpan data:

1. WD My Passport

Harddisk yang satu ini memiliki tampilan dan desain yang kekinian atau modern, dan terdiri dari fitur yang cukup lengkap seperti misalnya backup, security, serta drive utilities. Kapasitas yang tersedia yaitu 1-4 TB. Harddisk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan tempat penyimpanan yang luas dan banyak. Kisaran harganya yaitu Rp.780.000 – Rp.1.120.000.

2. Transcend 25M3

Ketahanan harddisk dengan merk Transcend ini sangat baik, tidak mudah rusak dan mampu mentransfer data dalam kecepatan tertentu. Ada beberapa kapasitas pilihan pada harddisk Transcend ini, yaitu mulai dari 500 GB hingga 2 TB. Kisaran harganya yaitu sekitar Rp.805.000 – Rp.1.220.000.

3. Seagate Backup Plus

Seagate Backup Plus

Keunggulan dari harddisk dengan merk Seagate ini adalah memiliki kecepatan yang lancar dan mudah. Karena harddisk ini telah dilengkapi dengan 114 MB/s sehingga kecepatannya patut diacungi jempol. Walaupun kecepatannya sangat baik, tapi harddisk ini juga tak cepat panas.
Ada beberapa pilihan warna yang menarik, sehingga tampilannya juga menjadi poin lebih pada harddisk ini. Kisaran harganya yaitu Rp.820.000 – Rp.1.088.500.

4. External Adata HD710

External Adata HD710

Desain pada harddisk eksternal ini sangat baik dan solid. Selain itu, spesifikasi pada harddisk ini terbilang lengkap, dan memiliki perlindungan yang ekstra yaitu anti air/benturan. Performanya juga sangat apik, sehingga banyak orang yang menggunakan harddisk eksternal Adata ini. Kredibilitas yang tinggi pada harddisk ini membuat jumlah permintaannya terus meningkat.

Kisaran harganya yaitu Rp.850.000 – Rp.1.170.000.

5. Toshiba Canvio Basics

Toshiba Canvio Basics

Keunggulan pada harddisk Toshiba ini adalah jumlah storage yang cukup besar, tapi harganya masih terjangkau. Desainnya dibuat seperti pocket edition yang tampak elegan. Desainnya memang tak kalah dengan merk harddisk lainnya. Nama brand Toshiba memang sudah dikenal luas, sehingga kualitas sudah tidak diragukan lagi.

Bukan hanya jumlah storagenya yang besar, tapi juga memiliki kecepatan dan daya tahan yang sangat baik. Tak heran jika banyak juga orang yang menggunakan harddisk Toshiba ini. Harganya sekitar Rp.698.000 – Rp.810.000.

6. Silicon Power Armor

Silicon Power Armor

Kualitas produk dari brand Silicon Power ini, juga sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya pengguna brand tersebut. Baru-baru ini, muncul harddisk seri terbaru dari Silicon Power ini yang masuk ke dalam kategori portable hard drives. Desainnya sangat menawan, dan memberi kesan bulk serta solid.

Pilihan produk harddisk Silicon Power ini juga memiliki jumlah kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Kisaran harganya yaitu Rp.1.199.000 – Rp.2.050.000.

7. Samsung T5 Portable

Samsung T5 Portable

Brand Samsung juga tak kalah terkenalnya. Berbagai alat elektronik dan gadget dari brand Samsung juga sudah dikenal kualitasnya. Sama dengan harddisk dari Samsung, yang masuk ke dalam kategori harddisk portable. Karena sifatnya portable, maka desainnya dibuat sangat minimalis tapi tetap berkelas.

Harganya relatif mahal. Kisaran harganya yaitu sekitar Rp.2.075.000 – Rp.10.400.000.

8. Buffalo MiniStation Extreme

Buffalo MiniStation Extreme

Salah satu produsen yang berasal dari Jepang ini, sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Harddisk Buffalo ini memiliki performa yang sangat baik, yang tidak dimiliki oleh merk harddisk lainnya. Rancangan sistem di bagian bodynya sangat unik, dan telah dilengkapi dengan kecepatan port USB 3.0.

Walaupun kualitasnya sangat baik ditambah dengan berbagai pilihan kapasitas, tapi harddisk Buffalo ini dibandrol dengan harga yang relatif murah/terjangkau. Kisaran harganya yaitu Rp.900.000 – Rp.1.260.000.

Penutup

Ternyata ada begitu banyak pilihan merk harddisk (HDD) eksternal yang bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda. Pastikan untuk memilih harddisk yang telah sesuai dengan kebutuhan Anda dalam hal penyimpanan data Anda. Jumlah kapasitas sangat menentukan pilihan merk harddisk eksternal terbaik dan cocok bagi Anda.

Itulah pembahasan secara detail dan rinci mengenai Rekomendasi 8 Merk Harddisk External Terbaik dan Awet.

Mungkin Dibawah Ini Yang Anda Butuhkan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.