Review MSI Optix MAG274QRF-QD

Review MSI Optix MAG274QRF-QD – MSI MAG274QRF-QD adalah monitor 27-inci Quad HD IPS 165 Hz yang memiliki filter quantum dot (Quantum Dot) yang seharusnya membuat perbedaan pada kompetisi dan ini belum ditunjukkan.

MSI Optix MAG274QRF-QD memiliki panel IPS 27 inci yang menampilkan definisi Quad HD 2560 x 1440 px. Model ini mendukung kecepatan refresh 144 Hz asli, tetapi di-overclock secara default ke 165 Hz. Ini juga kompatibel dengan teknologi Adaptive Sync, FreeSync dan G-Sync (G-Sync Compatible) antara 30 dan 165 Hz. pabrikan mengumumkan waktu respons 1 ms, reaktivitas yang setara dengan model TN.

MSI Optix MAG274QRF-QD
Review MSI Optix MAG274QRF-QD : Monitor Yang Presisi dan Cepat

Berikut ini penjelasan secara detail mengenai Review MSI Optix MAG274QRF-QD:

Test MSI Optix MAG274QRF-QD

MSI Optix MAG274QRF-QD menonjol dari monitor lain di pasaran dengan filter quantum dot (Quantum Dot) yang seharusnya menampilkan warna yang lebih hidup dan lebih presisi, yang jauh dari kasus seperti yang akan kita lihat.

Ergonominya sangat lengkap seperti konektivitasnya, dengan port USB 3.0 dan port USB-C. Akhirnya, monitor ini telah dijual dengan harga sekitar € 550, MSI Optix MAG274QRF-QD bersaing langsung dengan Asus TUF VG27AQ, juga dilengkapi dengan panel IPS Quad HD 144 Hz 27 inci sementara sedikit lebih murah (€ 490) dan dalam kurang dengan AOC 27G2U serta panel IPS 144 Hz 27 inci yang terbatas pada definisi Full HD, tetapi jauh lebih terjangkau (€ 250).

Ergonomi MSI Optix MAG274QRF-QD

Monitor MSI Optix MAG274QRF-QD ini sebagian besar berwarna hitam. Ini adalah tren saat ini, monitor untuk pemain semakin sadar. MSI Optix MAG274QRF-QD tidak menunjukkan kecerdasan apa pun di bagian depan. Tepi layar cukup tipis dan hasil akhir rapi. Selain itu, panel 27 inci mendapat manfaat dari lapisan matte yang membatasi pantulan yang mengganggu.

Bagian belakang monitor menawarkan lebih banyak karakter dan mengasumsikan gaya permainannya. Dudukannya menggabungkan sistem manajemen kabel yang cukup mendasar, tetapi efektif. Akhirnya, daftarpedia.com menemukan setrip LED RGB yang seharusnya menyenangkan para pecinta warna.

Bagus sekali, monitor ini memiliki ergonomi yang rapi dengan banyak pengaturan. Hal ini dapat disesuaikan dengan ketinggian lebih dari 10 cm, kemiringan antara -5 ° dan + 20 ° dan bahkan mengatur rotasi selama ± 75 °. Ini juga memiliki poros yang memungkinkan peralihan ke mode potret.

Power Supply eksternal akan tetapi dayanya juga terbatas (60 W), yang membatasi port USB-C hingga 15 W untuk mengisi ulang laptop. Sambungan mencakup dua port HDMI, input DisplayPort 1.2, output headphone, dua port USB 3.0 dan bahkan port USB-C (5 W). Sayang sekali MSI tidak berpikir untuk menawarkan port USB di tepi monitor, lebih nyaman untuk diakses daripada port yang ditempatkan di belakang dan bahwa daya port USB-C juga terbatas.

Untuk menavigasi menu OSD, MSI mengandalkan satu joystick. Bagi kami, ini adalah sistem yang paling efisien namun untuk menyiapkan monitor dengan cepat. MSI juga memungkinkan Anda menggunakan empat arah sebagai pintasan yang dapat disesuaikan untuk mengubah sumber, memilih mode gambar, menampilkan informasi dalam overlay, dan lain-lainnya.

Ide yang bagus! OSD juga memungkinkan filter cahaya biru diatur ke empat tingkat dan untuk mengubah pengaturan dasar (kecerahan, kontras, saturasi, dan suhu). Itu dapat dipindahkan ke mana saja di layar. Dan bukan itu saja, transparansi juga dapat dikonfigurasi, seperti durasi sebelum menghilang. Pengaktifan dikelola secara mandiri melalui tombol yang terletak di dasar panel.

TECHNICAL DATA SHEET / KAREKTIRISTIK

Berikut ini adalah Technical Data Sheet / Karekteristik dari Monitor MSI Optix MAG274QRF-QD:

Diagonal 27 inch
Slab IPS
Definition 2560 x 1440 pixels
Response time 1 ms
Interfaces (HDMI / DVI / VGA / YUV) 2 / / /
Other 2 x USB 3.0, 1 x USB-C, 1 x headphone

Di meja 140 x 60 cm kami, MSI Optix MAG274QRF-QD tetap cukup tersembunyi. Dengan kedalaman hanya 8 inci, monitor menyisakan banyak ruang untuk keyboard dan mouse. Definisi Quad HD menawarkan kompromi yang baik antara kekompakan di desktop dan ruang kerja yang nyaman di bawah Windows atau macOS.

Resolusi tetap cukup bagus (109px per inci) dan beberapa akan tergoda untuk menggunakan penskalaan yang tertanam dalam sistem operasi modern untuk menyesuaikan ukuran font. Di sisi lain, Anda harus memiliki kartu grafis yang cukup kuat untuk menggunakan definisi asli Quad HD dengan benar dengan frekuensi 165 Hz (GeForce RTX 3060 Ti atau Radeon RX 5700 XT).

Monitor ini mengkonsumsi kira-kira 27 W dengan set putih 150 cd / m². Konsumsi relatif sehingga mencapai 134 W / m², jauh di atas rata-rata layar yang diuji (100 W / m²). Pada kecerahan minimum (59 cd / m²), ini mengkonsumsi 18 W dan naik paling banyak hingga 47 W (358 cd / m²).

WARNA MSI Optix MAG274QRF-QD

Secara default, monitor MSI Optix MAG274QRF-QD menampilkan suhu warna dan gamma yang hampir sempurna. Kurva stabil di seluruh spektrum dan rata-rata yang diukur – 6780 K untuk gamma dan 2,2 untuk gamma – mendekati nilai referensi (6500 K dan 2.2). Di sisi lain, dengan delta E rata-rata 4,6, warna tidak dapat dianggap setia kepada yang dikirim oleh sumber. Ingatlah bahwa ketika delta E lebih besar dari 3, perbedaan keteduhan dapat dilihat oleh mata manusia.

Kami memilih mode Film, lalu mengurangi kecerahan menjadi 27 untuk mendekati 150 cd / m² putih, tetapi itu tidak banyak meningkatkan akurasi warna. Tidak ada mode lain yang lebih baik. Kurva suhu dan gamma tetap stabil di seluruh spektrum, tetapi warnanya masih jauh dari sesuai dengan rata-rata delta E yang diukur pada 4,5.

Agak jarang, kalibrasi layar menggunakan probe hampir tidak berpengaruh pada rendering. Ini meningkatkan suhu warna sangat sedikit, yang mendekati sedikit lebih dari nilai referensi, tetapi warnanya tidak lebih seperti aslinya.

Dalam kondisi ini, Anda tidak perlu menawarkan profil warna karena tidak lebih baik dari kalibrasi pabrik. Filter quantum dot yang digunakan oleh MSI tampaknya cukup rumit untuk beroperasi dengan benar dan kami melihat bahwa probe pun tidak dapat menjinakkan slab ini.

KONTRAS MSI Optix MAG274QRF-QD

Rasio kontras yang diukur pada 850: 1 cukup rendah untuk monitor IPS. Sebagai perbandingan, model IPS terbaik menunjukkan rasio di atas 1200: 1 seperti Asus VG27AQ (1220: 1) atau AOC 27G2U (1250: 1). Kontras ini tidak menjadi masalah untuk penggunaan siang hari, tetapi dalam gelap, warna hitam keabu-abuan dan terlihat pudar. Ini jauh dari tarif yang ditawarkan oleh lembaran VA, di mana perwakilan terbaik seperti AOC Q3279VWF dan Philips Momentum 436M6 memiliki kecepatan di atas 4000: 1.

Penyimpangan homogenitas putih rata-rata adalah 8% pada panel 27 inci. Dengan demikian, tidak ada perbedaan luminositas yang terlihat oleh mata. Kami tidak melihat kebocoran cahaya di sudut atau kekaburan (efek awan) pada model pengujian kami. Teknologi IPS menawarkan sudut pandang yang sangat luas, dengan sedikit variasi pada 45 ° dari sumbu layar.

REAKTIVITAS MSI Optix MAG274QRF-QD

Monitor MSI Optix MAG274QRF-QD tidak menggunakan Pulse Width Modulation (PWM) untuk mengatur kecerahan, sehingga bebas flicker dan tidak menyebabkan sakit kepala bagi mereka yang sensitif terhadap fenomena ini. MSI juga menawarkan opsi untuk mengurangi cahaya biru dalam perangkat lunak.

Model ini bersertifikat G-Sync dan FreeSync kompatibel antara 30 dan 165 Hz, dan oleh karena itu bekerja paling baik saat kartu grafis “mengirim” antara 30 dan 165 fps. Antara 20 dan 60 Hz, monitor menggunakan sistem LFC (Low Frame Compensation) yang melipatgandakan, melipatgandakan, atau menggandakan jumlah gambar yang ditampilkan untuk menjaga rasa tidak lancar. Pada 20 fps, misalnya, MSI Optix MAG274QRF-QD beroperasi pada 80 Hz dan melipatgandakan jumlah frame.

Pada 30 fps, ini beroperasi pada 90 Hz dan hanya menggunakan CFL antara 60 dan 165 Hz. Oleh karena itu, jangkauan yang didukung sangat luas dan mencakup semua penggunaan. Kami tetap akan merekomendasikan kartu grafis berperforma tinggi, seperti GeForce RTX 3060 Ti atau Radeon RX 5700 XT, untuk memanfaatkan definisi asli Quad HD dan jumlah gambar yang sangat tinggi. Dalam semua kasus, fluiditas ada dan gambar tidak rusak.

Sistem penyisipan gambar hitam dapat diaktifkan melalui pemindaian lampu latar (MBR, untuk Motion Blur Reduction), tetapi untuk ini, Anda perlu menonaktifkan Adaptive-Sync (FreeSync dan G-Sync).

Kami mengukur waktu berpijar pada 6,5 ​​ms dengan overdrive (Waktu respons dalam bahasa Prancis di OSD) disetel ke yang tercepat. Ada sedikit efek bayangan terbalik, tetapi tidak terlalu mengganggu. Dengan menggunakan pengaturan Cepat, bayangan terbalik ini menghilang sama sekali.

Monitor MSI adalah salah satu model IPS tercepat di pasaran. Meskipun tidak bersaing dengan Asus VG279QM – yang tercepat – dengan panel IPS Full HD 280 Hz yang menampilkan waktu pijar yang diukur pada 4,5 ms, ia bersaing dengan model IPS paling responsif seperti BenQ Mobiuz EX2710 dan 6 ms atau Asus. TUF VG27AQ (8 md).

Monitor yang dilengkapi dengan panel TN seperti Alienware AW2518HF (240 Hz berkedip pada 3 ms) tetap lebih responsif, tetapi panel IPS produk MSI ini menawarkan lebih banyak keuntungan (sudut pandang dan kontras yang lebih baik). Terakhir, kami mengukur penundaan tampilan (input lag) pada 10,9 ms (pada 60 Hz). Oleh karena itu, tidak ada jeda antara gerakan mouse dan akibatnya di layar.

MSI Optix MAG274QRF-QD Pros:

  • Responsive 165 Hz IPS panel.
  • Comfortable Quad HD definition.
  • Numerous ergonomic adjustments (height, tilt, rotation, portrait).
  • Complete connectivity.

MSI Optix MAG274QRF-QD Cons:

  • Limited contrast.
  • Color fidelity.
  • USB-C port limited to 15W.
  • Energy Consumption.

PENUTUP

MSI Optix MAG274QRF-QD adalah monitor yang bagus untuk gaming. Panel IPS Quad HD 165 Hznya responsif, ergonomisnya rapi, konektivitasnya lengkap, tetapi mengalami beberapa titik lemah yang melumpuhkan di segmen yang sangat kompetitif ini. Kontras yang terbatas dan bahkan kolorimetri yang lebih sempurna membuatnya kehilangan bintang keempatnya.

Itu membuat Anda bertanya-tanya apakah MSI tidak akan bekerja lebih baik tanpa filter quantum dot. Seperti berdiri, lebih baik beralih ke Asus VG27AQ yang luar biasa dengan panel IPS Quad HD 144 Hz, memang sedikit kurang responsif, tetapi jauh lebih baik dikalibrasi.

Itulah pembahasan mengenai Review MSI Optix MAG274QRF-QD. Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, tolong share juga ke sosmed kalian dan jika ada kritik dan saran mohon isi di kolom komentar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.