Sama-Sama Untuk Menyimpan Dana: Ini Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan!

Sama-Sama Untuk Menyimpan Dana: Ini Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan! –  Dalam tugasnya untuk mengelola dan menghimpun dana, setiap bank memiliki beragam produk simpanan, seperti rekening giro dan rekening tabungan. Keduanya sama-sama bisa diakses secara perseorangan maupun atas nama perusahaan atau badan usaha.

Meski sama-sama untuk menyimpan dana, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Apa perbedaan rekening giro dan tabungan?

Perbedaan rekening giro dan tabungan

1. Cara penarikan

Perbedaan rekening giro dan tabungan yang pertama adalah cara penarikannya. Tentunya rekening tabungan lebih praktis karena selain dilakukan lewat teller bank, bisa juga ditarik tunai cukup lewat mesin ATM yang sudah banyak tersebar dari SPBU hingga di minimarket pun tersedia.

Sedangkan rekening giro hanya menyediakan media penarikan tunai lewat layanan bilyet giro dan juga cek yang harus mendatangi teller di kantor cabang terlebih dahulu.

Untuk cek, bisa dicairkan langsung dalam bentuk uang tunai, sedangkan bilyet giro bisa dicairkan dengan cara pemindahbukuan ke rekening penerimanya langsung.

2. Waktu dalam bertransaksi

Berbeda dengan rekening tabungan yang bisa transfer masuk dan keluar sesuka hati kapan pun tanpa perlu melampirkan tanggal efektif, untuk rekening giro ini para nasabah dalam pencairan dananya harus melampirkan tanggal terbit dan tanggal efektif pada bilyet giro dan cek untuk memberi kepastian transaksi.

Karena biasanya transaksi rekening giro dalam jumlah besar, jadinya tidak bisa sembarangan. Umumnya bank akan memberikan tenggat waktu 70 hari dari tanggal terbit untuk pencairan dana rekening giro. Jika terlewat dari tenggat tersebut, maka dana tidak bisa dicairkan.

3. Laporan keuangan bulanan

Perbedaan rekening giro dan tabungan dari segi laporan keuangan bulanan, adalah rekening tabungan biasanya nasabah secara mandiri melihat laporan keuangan bulanan rekening mereka dari aplikasi internet banking atau mobile banking, bisa juga dengan mendatangi pihak bank dan mencetaknya di buku tabungan.

Sedangkan untuk rekening giro, pihak bank sendiri yang akan mengirimkan laporan keuangan dan riwayat transaksi bulanan yang akan dikirim ke rumah atau kantor nasabah. Jadinya, nasabah tidak perlu repot ke bank lagi untuk mencetaknya di buku tabungan.

4. Batas jumlah penarikan dana

Salah satu perbedaan rekening giro dan tabungan adalah dari batas jumlah penarikan tunai rekening tabungan yang tidak sebesar rekening giro.

Untuk rekening tabungan, rata-rata perbankan hanya memberikan batas maksimum transfer di tabungan adalah sekitar Rp25 juta hingga Rp100 juta saja per hari. Jika ingin melakukan transfer dalam jumlah besar lagi, maka harus dilakukan pada keesokan harinya.

Sementara untuk rekening giro, karena memiliki metode transaksi dana dalam jumlah besar, rata-rata bank memberikan batas maksimal penarikan dan pemindahbukuan mencapai Rp500 juta per hari.

5. Target penggunanya

Perbedaan rekening giro dan tabungan yang terakhir, adalah rekening giro sangat cocok untuk transaksi dana dalam jumlah besar.

Biasanya untuk transaksi bisnis sebuah perusahaan, badan usaha, atau mungkin seorang crazy rich dan pebisnis yang memiliki frekuensi transaksi tinggi dengan jumlah besar. Sedangkan rekening tabungan cocok bagi masyarakat biasa untuk melakukan transaksi keuangannya sehari-hari.

Itulah beberapa perbedaan rekening giro dan tabungan yang perlu kamu tahu. Meski sama-sama untuk menyimpan dana, rekening giro dan tabungan punya peruntukan dan caranya masing-masing.

Itulah pembahasan secara detail mengenai Sama-Sama Untuk Menyimpan Dana: Ini Perbedaan Rekening Giro dan Tabungan!

Mari simak Artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.