SEO Freelancing: 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Agar Sukses

SEO Freelancing: 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Agar Sukses –  Freelancing sering diromantisasi dan dilihat sebagai pelarian dari bos menyebalkan yang tidak menghargai Anda. Namun seringkali, ketika orang mulai bekerja untuk diri mereka sendiri, mereka dengan cepat menyadari bahwa mereka ‘berhenti dari jam 9-5 untuk bekerja 24/7’.

Ini dapat memiliki efek merugikan pada harga diri dan kesehatan mental Anda, tetapi itu tidak berarti bahwa pekerjaan lepas tidak sepadan. Ini bisa menjadi pengalaman yang memuaskan jika Anda melakukannya dengan pola pikir yang benar.

Di kolom ini, Anda akan mempelajari Freelance SEO yang akan membantu Anda menemukan lebih banyak (dan lebih baik) klien, membangun bisnis yang berkelanjutan, dan benar-benar menyukai apa yang Anda lakukan.

Tapi pertama-tama, mari kita lihat mengapa begitu banyak orang memilih untuk menjadi pekerja lepas.

Kelebihan Karir Freelance

Saya menyebutkan beberapa kontra memulai freelance SEO di atas. Jadi sekarang saatnya untuk menyeimbangkannya dengan pro dari perjalanan ini.

Ketika Anda seorang freelancer…

Anda memiliki kendali lebih besar atas waktu dan hidup Anda

Anda tidak perlu meminta izin untuk pergi ke dokter gigi selama hari kerja. Anda bahkan dapat mengambil cuti penuh pada hari kerja, jika proyek Anda memungkinkan. Jadwal Anda adalah milik Anda sendiri.

Gaji Anda bisa tumbuh dengan cepat

pertumbuhan seringkali dibatasi oleh pengalaman bertahun-tahun yang dimiliki seseorang ditambah sulitnya meningkatkan gaji Anda secara substansial dalam satu perusahaan. Anda akan sering perlu berganti pekerjaan untuk mendapatkan peningkatan yang lebih besar.

Tetapi ketika Anda seorang freelancer SEO, Anda tidak perlu menunggu ‘kenaikan tahunan 3%’ dalam gaji Anda. Anda dapat membuat lebih cepat.

Saya mendapatkan gaji pekerjaan penuh waktu saya sebelumnya dalam tahun pertama lepas, dan saya menggandakannya lebih dari dua kali lipat di tahun berikutnya.

Bekerja dengan klien secara langsung

Itu adalah salah satu kelebihan terpenting bagi saya karena saya ingin memiliki dampak yang lebih besar pada kesuksesan klien saya.

Anda memahami klien Anda dengan lebih baik

Menjadi pemilik bisnis, Anda memahami klien Anda lebih baik karena Anda sekarang tahu lebih banyak tentang prioritas dan memperkirakan upaya vs dampak.

Ini membantu Anda berkonsentrasi pada rekomendasi yang paling berarti daripada mencoba memperbaiki semua masalah SEO.

Saya memulai perusahaan saya dua tahun lalu tanpa pengalaman bisnis atau lepas, jadi saya harus mempelajari semuanya dengan cepat.

Berikut adalah 10 tips saya yang paling berharga yang saya harap akan membantu Anda mempercepat bisnis freelance SEO Anda.

1. Bicara Dengan Freelancer Lain

Di mana pun Anda berada, ada orang yang sudah pernah ke sana. Mereka memiliki pengalaman dan wawasan yang dapat Anda manfaatkan. Mendapatkan tip dari orang-orang seperti itu dapat menghemat waktu berbulan-bulan untuk mencari tahu.

Beberapa tips untuk menjangkau orang-orang untuk meminta saran…

Hormati waktu mereka

Jangan hanya DM daftar pertanyaan Anda atau sesuatu yang tidak jelas seperti ‘tolong bantu saya.’ Jika Anda membangun hubungan, orang akan dengan senang hati membantu Anda.

Ajukan pertanyaan spesifik

Jawaban yang Anda dapatkan tergantung pada pertanyaan yang Anda ajukan. Jadi pastikan Anda mengajukan pertanyaan spesifik yang benar-benar akan menggerakkan jarum untuk Anda.

Anda bertanggung jawab atas keputusan Anda

Anda meminta orang untuk mendapatkan bantuan, bukan untuk meletakkan tanggung jawab bisnis Anda pada mereka. Jadi gunakan akal sehat dan lihat apa yang berhasil untuk Anda dan apa yang tidak.

2. Bangun Kehadiran Online Anda

Anda bisa menjadi SEO terbaik yang pernah ada. Tetapi jika tidak ada yang mengetahuinya, akan sulit untuk berhasil.

Kita hidup di dunia dengan begitu banyak suara di media sosial, dan suara Anda juga harus didengar.

Anda dapat menggunakan LinkedIn untuk membangun kehadiran Anda. Anda dapat menggunakan Twitter, memulai buletin, atau melakukan semuanya sekaligus. Pilihan ada padamu.

Tapi percayalah, jauh lebih mudah untuk berbicara dengan prospek jika Anda memiliki jejak digital yang bagus.

3. Perlakukan Diri Anda Sebagai Bisnis

Ketika Anda memulai bisnis Anda sendiri, Anda sekarang adalah seorang akuntan, tenaga penjualan, manajer akun, departemen hukum dan Anda juga membayar pajak Anda.

Anda perlu memperhitungkan ini saat menentukan harga layanan Anda. Tidak cukup hanya menghitung tarif per jam yang Anda miliki di pekerjaan harian. Anda akan membutuhkan beberapa kali lebih banyak untuk menutupi semua pengeluaran lainnya.

4. Pelajari Harga Layanan Anda

Sekarang Anda tahu bahwa Anda adalah sebuah bisnis, meskipun saat ini Anda adalah satu-satunya orang yang bekerja di dalamnya.

Tujuan utama dari setiap bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan. Jadi hal penting berikutnya adalah menerimanya dan berhenti menjual diri Anda sendiri (mungkin akan lebih mudah ketika Anda melihat tagihan pajak pertama Anda).

Beberapa tips di sini:

  • Jangan bekerja secara gratis.
  • Gunakan penetapan harga berbasis proyek daripada penagihan per jam.
  • Terus tingkatkan dan naikkan harga Anda sesuai dengan itu

5. Pelajari Cara Menjual

Ketika saya mulai, saya mendengar orang berkata “Anda tidak berbisnis jika Anda tidak bisa menjual.” Itu akan membuatku merinding setiap saat.

Saya tidak ingin menjual; sebenarnya aku takut melakukannya.

Juga, ada kesalahpahaman umum bahwa jika Anda pandai dalam keahlian Anda (dalam kasus kami SEO), Anda akan secara otomatis memiliki banyak klien yang mengantri untuk bekerja dengan Anda.

Itu tidak benar. Pada kenyataannya, menjual dan SEO adalah keterampilan yang sama sekali berbeda. Dan Anda membutuhkan keduanya untuk berhasil.

Semuanya berubah bagi saya ketika saya menerima kebenaran ini. Saya mulai belajar menjual.

Saya tidak berbicara tentang penjualan dari pintu ke pintu atau mengirim pesan yang mengganggu ke kontak Anda di LinkedIn. Ini jauh lebih halus.

Setiap kali Anda melakukan panggilan dengan pelanggan potensial, Anda menjual.

Bahkan ketika Anda hanya berbicara atau berbagi kemenangan masa lalu Anda, Anda menjual.

Anda menjual ide, hasil, diri Anda sebagai profesional, agensi Anda. Setiap percakapan dengan prospek adalah penjualan.

Semakin cepat Anda memahaminya, semakin baik.

6. Buat Proses Dan Sistem

Saya mendengar begitu banyak orang mengatakan bahwa mereka masih belum memiliki jalur yang jelas yang mereka ikuti untuk audit SEO atau tugas serupa yang berulang.

Tidak apa-apa jika Anda tidak memiliki proses atau sistem saat ini. Tapi inilah saatnya untuk mulai membangunnya.

Menciptakan proses akan membantu membuat bisnis lepas Anda lebih efisien dan meningkatkan margin. Proses juga berharga untuk delegasi pada tahap selanjutnya jika Anda memutuskan untuk mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda.

Anda tidak perlu membuat sesuatu yang mewah. Sebuah proses dapat dimulai dalam bentuk daftar periksa sederhana yang dapat Anda kembangkan dari waktu ke waktu.

7. Bangun Aset

Ketika saya memulai bisnis lepas saya, saya secara bersamaan mulai membangun kursus.

Meskipun saya tidak akan merekomendasikan semua orang melakukan sesuatu yang besar seperti itu (karena melelahkan), tetap berharga untuk mulai membangun beberapa jenis aset (misalnya, ebook atau keanggotaan berbayar).

Saya benar-benar percaya bahwa menjual produk selain layanan membuat Anda menjadi SEO yang jauh lebih baik saat Anda mempelajari banyak keterampilan pemasaran.

Anda mulai melihat riset audiens secara berbeda, belajar copywriting, dan memahami klien SEO Anda dengan lebih baik.

Selain itu, aset memberi Anda penghasilan pasif dan juga membuat Anda sibuk saat tidak banyak pekerjaan klien. Mereka juga bisa tumbuh menjadi sesuatu yang lebih besar di masa depan – siapa tahu?

8. Siapkan Diri Anda Untuk Perjalanan Panjang

Memulai perjalanan lepas tidaklah mudah. Anda harus mengetahui banyak hal dengan cepat. Bisa juga kesepian.

Semua ini dapat menyebabkan kerja berlebihan yang konstan dan masalah dengan kesehatan mental.

Jadi, lebih baik untuk menjaga diri sendiri dan keseimbangan kerja/kehidupan Anda sebelum terlalu sulit untuk mengingat siapa diri Anda dalam kehidupan di luar bisnis Anda.

Berikut beberapa tipsnya:

  • Miliki kelompok pendukung yang akan menghibur Anda (pasangan Anda, teman, sesama pekerja lepas).
  • Miliki hobi yang tidak terkait dengan pekerjaan Anda (dan idealnya juga tidak melibatkan komputer).
  • Jadwalkan waktu luang Anda.
  • Tetapkan batasan yang jelas dengan diri Anda sendiri; jangan bekerja 12 jam sehari dengan piyama Anda.

Semua hal kecil ini akan memastikan Anda berlari maraton, bukan sprint (ya, ini adalah kiasan untuk SEO).

9. Ketahui ‘Hukum’ Anda Dan Patuhi Mereka

Anda tidak dapat mengerjakan setiap jenis proyek SEO di luar sana. Anda tidak dapat bekerja dengan semua jenis klien yang datang kepada Anda.

Mencoba membantu semua orang hanya akan membuat Anda lelah.

Sebaliknya, Anda perlu memiliki kejelasan tentang apa yang Anda lakukan (kekuatan Anda), bagaimana Anda membantu (layanan Anda), dan siapa yang Anda bantu (jenis klien yang bekerja dengan Anda).

Anda akan merasa sulit untuk mengatakan ‘tidak’ pada proyek potensial pada awalnya. Tapi itu akan terbayar dalam jangka panjang.

10. Bantu Orang Sepanjang Jalan

Anda berharga. Di mana pun Anda berada dalam perjalanan lepas Anda, Anda dapat membantu seseorang yang beberapa langkah di belakang Anda dalam sesuatu.

Anda dapat membantu dengan cara apa pun yang sesuai untuk Anda: menulis posting blog, men-tweet tip Anda, menjawab pertanyaan seseorang di grup Slack, dll.

Ketahuilah bahwa pengalaman Anda penting dan suatu hari (segera) Anda akan menjadi orang yang membantu seseorang yang baru memulai.

Itulah pembahasan mengenai SEO Freelancing: 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Agar Sukses.

Leave a Reply