Waspadai Malware Android Baru yang Menyamar sebagai Pembaruan Sistem

Waspadai Malware Android Baru yang Menyamar sebagai Pembaruan Sistem – Semua pengguna ponsel Android, waspadalah terhadap malware baru, karena datang dalam bentuk “System Update”. Malware ini dapat mencuri data, pesan, foto, dan lainnya. Para peneliti di perusahaan keamanan seluler Zimperium zLabs menemukan malware baru.

Malware Terbaru ini dapat Merekam Panggilan Telepon, Riwayat Browser, & Full Kontrol atas Perangkat Android

Menurut para peneliti, malware “lanjutan” baru juga dapat mengambil kendali penuh atas ponsel Android Anda. Setelah mengambil kendali, penyerang dapat merekam audio, panggilan telepon, melihat riwayat browser, mengakses pesan Whatsapp, dan banyak lagi. Dalam sebuah posting blog, para peneliti menjelaskan bahwa peretas dapat menjalankan perintah dari jarak jauh dan dapat menjalankan berbagai jenis tindakan jahat setelah mereka mengendalikan sistem. Bug ini hadir dengan aplikasi Android bernama “System Update” yang harus diinstal dari Google Play.

CEO Zimperium Shridhar Mittal mengatakan, Malware adalah bagian dari serangan yang ditargetkan. Lebih lanjut, tambahnya,

“Ini adalah yang paling canggih yang pernah kami lihat. Saya pikir banyak waktu dan tenaga dihabiskan untuk membuat aplikasi ini. Kami percaya bahwa ada aplikasi lain di luar sana yang seperti ini, dan kami berusaha sebaik mungkin untuk menemukannya secepat mungkin. ”

Setelah pengguna menginstal malware dari toko pihak ketiga, peretas dapat menggunakan smartphone dari jarak jauh. Semua data dikumpulkan dan diatur ke dalam folder berbeda di penyimpanan spyware. Selain itu, “Pembaruan Sistem” juga dapat membuat pemberitahuan berbahaya yang terlihat seperti peringatan pembaruan perangkat lunak legal.

Dalam sebuah posting blog dikatakan,

“Terlepas dari berbagai jenis data pribadi yang dicuri dari korban, spyware menginginkan lebih banyak data pribadi seperti bookmark korban dan riwayat pencarian dari browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Samsung Internet Browser.”

Karena file ini harus diunduh di luar dari Google Play Store, Anda harus menyadarinya dan jangan mengunduh, jika Anda ingin aman. Bahkan, jika itu menunjukkan pemberitahuan hukum kepada Anda, jangan tertipu. Karena unduhan resmi selalu dilakukan melalui Google Play Store resmi. Jadi, jika Anda sudah mendapatkan notifikasi “System Update” ini, abaikan saja, jika Anda ingin menyimpan data Anda.

Itulah pembahasan mengenai Waspadai Malware Android Baru yang Menyamar sebagai Pembaruan Sistem. Mari kita selalu berhati – hati terhadap segala celah atau serangan malware yang dapat membahayakan data pribadi kita.

Leave a Reply