Waspadai Malware Android ‘Flubot’ : Dapat Mencuri Informasi Pribadi dan Data Bank

Waspadai Malware Android ‘Flubot’ : Dapat Mencuri Informasi Pribadi dan Data Bank – Bahkan setelah perlindungan yang ketat, ada beberapa aplikasi berbahaya yang berhasil menginfeksi perangkat pengguna dengan meretasnya. Malware baru sedang berkembang di perangkat Android melalui pesan teks. Malware ini dikenal sebagai “FLUBOT”, ia dapat mencuri informasi pribadi pengguna seperti sandi.

Malware Android Flubot Menyebar melalui SMS

Malware Flubot menyebar di SMS perangkat Android. Beberapa negara pengguna telah ditargetkan dari Inggris, Spanyol, Jerman, dan Polandia. Malware menunjukkan dirinya sebagai aplikasi pelacakan pengiriman, pengguna mendapat pesan yang berisi link pelacakan pengiriman. Pengguna disarankan untuk tidak mengklik link yang diberikan dan harus melaporkannya dengan meneruskannya ke 7726. Dan lebih baik menghapus teks dari telepon.

Jika ada yang mengklik tautan yang diberikan, malware memungkinkan peretas mencuri informasi perbankan dan kata sandi perangkat Anda. Setelah Anda membuka tautan tersebut, Anda akan dibawa ke situs web palsu yang ditampilkan sebagai halaman web DHL. Situs web akan meminta Anda untuk memasang aplikasi di ponsel Anda untuk melacak paket Anda. Ada tautan APK aplikasi dengan instruksi tentang cara menginstal aplikasi.

Setelah aplikasi diinstal, ia meminta izin yang mengaktifkan malware Flubot untuk membaca semua pesan Anda, log panggilan, kontak, dan semua yang ada di ponsel Anda. Itu juga dapat membuat layar masuk palsu pada aplikasi untuk mencuri kata sandi Anda seperti kata sandi ID perbankan Anda.

Anda harus melindungi diri Anda dari malware Flubot ini. Anda tidak boleh mengklik link yang mencurigakan dengan pesan pelacakan pengiriman. Jika Anda telah memesan sesuatu, lebih baik hubungi layanan pelanggan dan tanyakan tentang kurir. Dan jika Anda belum memesan apa pun, jangan klik tautannya.

Jika Anda telah menginstal malware, maka jangan masukkan kata sandi apa pun di perangkat. Anda harus segera memformat perangkat Anda untuk menghilangkan malware. Sebelum memformat smartphone Anda, pastikan Anda membuat cadangan data Anda.

Waspadai Malware Android 'Flubot' : Dapat Mencuri Informasi Pribadi dan Data Bank

Untuk pengguna Android, Google Play Store adalah cara teraman untuk menginstal aplikasi dan game, karena ada perlindungan anti-malware yang memindai aplikasi yang diunggah di Play Store. Ia juga memiliki Google Play Protect yang memindai alat untuk malware.

Itulah pembahasan secara lengkap dan detail mengenai Waspadai Malware Android ‘Flubot’ : Dapat Mencuri Informasi Pribadi dan Data Bank.

Mungkin dibawah ini yang Anda butuhkan!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.