Inilah 5 Portofolio Saham Terbesar Warren Buffet

Inilah 5 Portofolio Saham Terbesar Warren Buffet – Warren Buffet nggak cuma sekadar orang kaya. Ia juga dikenal sebagai tokoh investasi. Setiap langkahnya menjadi semacam inspirasi bagi para investor lainnya. Meskipun sudah menjadi investor kelas kakap dengan kekayaan yang luar biasa, Penyihir dari Omaha ini tetap menjalani gaya hidup frugal.

Selain itu, ia juga aktif menyumbang untuk alasan sosial. Konon, ia sudah bersumpah akan menyumbangkan kekayaannya untuk kegiatan sosial melalui Gates Foundation. Pria berusia 92 tahun ini telah tertarik pada dunia bisnis dan investasi sejak masih muda. Mulai dari berjualan permen karet hingga sekarang menjadi investor.

Ia tercatat mempunyai saham di perusahaan besar yang bergerak di beberapa sektor penting seperti teknologi, keuangan, minyak, dan consumer goods. Semua sahamnya otomatis menjadi salah satu sumber pundi-pundi kekayaannya yang mencapai Rp1,6 triliun! Lalu, di mana saja ia menanam sahamnya?

1. Apple

Warren Buffet menanam saham paling banyak pada perusahaan teknologi Apple.
Melalui perusahaan investasinya sendiri yaitu Berkshire Hathaway, ia memiliki sekitar 908 juta saham Apple. Porsi saham untuk Apple merupakan yang paling besar yaitu mencapai 40% di antara portofolio sahamnya.

2. Bank of America

Sejak tahun 2011 hingga sekarang, ia terpantau sering menambah jumlah sahamnya hingga sekarang sahamnya di Bank of America bernilai lebih US$ 323 miliar. Maka, dengan jumlah yang demikian besar, Bank of America menjadi tempatnya menanam saham terbesar kedua setelah Apple.

3. American Express

Saham perusahaan kartu kredit di Amerika ini juga dimiliki sebagian oleh Warren Buffet. Ia Tercatat mempunyai lebih dari 150 juta saham atau senilai lebih dari US$23 miliar yang dibelinya sejak tahun 1993.

4. Chevron

Tahun ini, ia menambah sahamnya di Chevron senilai US$25,9 miliar. Ia terbilang cukup baru berinvestasi di Chevron yaitu tahun 2020. Namun, dalam jangka waktu 2 tahun, sahamnya di Chevron sudah menjadi yang terbesar ke-empat dari keseluruhan portofolionya.

5. Coca Cola

Setia sejak tahun 1988, hingga kini Warren Buffet masih menjadi salah satu investor berpengaruh di perusahaan minuman ini. Ia juga berniat nggak akan menjual saham Coca Cola yang dimilikinya. Nilai saham yang ia punya mencapai 400 juta saham atau Rp18,6 triliun.

Selain 5 perusahaan di atas, ia juga punya saham di Kraft Heinz, Moody’s, Citi, HP, Mastercard, dan lain sebagainya. Nggak heran, kalau ia bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Uangnya nggak akan habis sampai berapa keturunannya, ya?

Itulah pembahasan mengenai Inilah 5 Portofolio Saham Terbesar Warren BuffetMari baca artikel menarik lainnya!

Recent Posts

This website uses cookies.