Cara Memastikan File Aman Sebelum Mendownload

Cara Memastikan File Aman Sebelum Mendownload – Tidak ada kekurangan situs pengunduhan perangkat lunak/file di internet. Anda akan menemukan tombol unduh di mana-mana di internet. Namun, tahukah Anda apakah file yang akan Anda unduh aman atau tidak?

Cukup sulit untuk mendeteksi file berbahaya di internet. Biasanya, program Antivirus memblokir semua unduhan file berbahaya di komputer, tetapi terkadang beberapa file berhasil masuk ke PC Anda.

Jadi, jika Anda ingin aman, sebaiknya periksa ulang file sebelum mengunduh. Bahkan jika Anda mengunduh file dari situs web terkemuka, yang terbaik adalah memeriksa ulang file tersebut.

Pastikan File Aman Sebelum Mengunduh

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara yang akan membantu Anda memutuskan apakah suatu file aman untuk diunduh atau tidak. Jadi, mari kita periksa cara memastikan file aman sebelum mengunduh.

1. Ketahui Tentang Apa yang Anda Unduh

Cara Memastikan File Aman Sebelum Mendownload

Mari saya jelaskan yang satu ini secara singkat. Jika Anda mengunjungi situs web mana pun yang mengklaim memberi Anda versi lengkap dari aplikasi premium apa pun secara gratis, ada kemungkinan lebih besar Anda mengunduh file yang terinfeksi.

Hal gratis itu bisa menghabiskan banyak biaya nanti. Beberapa situs menipu pengguna dengan mengklaim menyediakan versi gratis dari aplikasi premium.

Biasanya, aplikasi ini dikemas dengan virus, malware yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada komputer. Jadi, pastikan untuk mengetahui apa yang Anda unduh.

2. Periksa Situs Apakah Aman Atau Tidak

Cara Memastikan File Aman Sebelum Mendownload

Mari kita akui, kita semua menyukai barang serba gratis. Mengunduh perangkat lunak atau software dari portal online tampaknya merupakan proses yang mudah, tetapi kemungkinan terinfeksi virus sangat tinggi.

Jadi, pastikan untuk memeriksa ulang situs tersebut sebelum mengunduh file. Selalu unduh file dari situs web yang HTTPS aman dan tepercaya.

3. Cek Kolom Komentar

Cara Memastikan File Aman Sebelum Mendownload

Nah, dengan bagian komentar, yang kami maksud adalah ulasan aplikasi atau ulasan pengguna. Ulasan Pengguna selalu merupakan pilihan terbaik untuk mengetahui tentang file yang akan Anda unduh. Baca saja komentarnya, dan kami yakin Anda akan mendapatkan petunjuk.

Jika banyak pengguna yang mengklaim bahwa file tersebut sah, Anda dapat mengunduhnya. Namun, jika Anda menemukan banyak ulasan negatif, sebaiknya hindari.

Anda juga akan menemukan banyak ulasan dan komentar palsu yang biasanya ditanamkan oleh pemilik situs web, tetapi Anda dapat dengan cepat mengetahui komentar palsu tersebut.

4. Periksa Lampiran

Sebelum mengunduh file apa pun dari situs web, pastikan untuk memeriksa alat yang dibundel. Ini adalah alat yang disertakan dengan perangkat lunak tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Pengembang memiliki hobi yang buruk untuk mendorong alat yang dibundel dengan file asli. Karena itu, pastikan untuk memeriksa file yang dibundel sebelum mengunduh.

5. Periksa Apakah file Ditandatangani atau Tidak

Setelah mengunduh file, ketika kalian menjalankan file .exe, sistem operasi Windows kami secara otomatis membuka kotak dialog Kontrol Akun Pengguna. Biasanya, pengguna tidak perlu repot-repot melihat kotak dialog dan mengklik ‘Ya.’

Namun, kami melewatkan petunjuk penting di sana; kotak dialog Kontrol Kontrol Pengguna menunjukkan informasi bahwa file yang akan Anda instal ditandatangani secara digital atau tidak. Jadi, jangan pernah mencoba menginstal alat yang tidak ditandatangani.

6. Scan Virusnya Terlebih Dahulu

Ini adalah cara termudah dan paling dapat diandalkan untuk memastikan keamanan file yang akan Anda unduh. Jadi sebelum menginstal file, pastikan untuk memindainya dengan solusi antivirus premium.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak Antivirus apa pun untuk PC untuk memindai file yang diunduh. Jika Antivirus memberikan sinyal hijau, Anda dapat melanjutkan instalasi.

7. Gunakan VirusTotal Di Browser Anda

Yah, Virustotal memang situs web yang bagus untuk memindai file berbahaya sebelum mengunduh. Nah, hal baiknya adalah Anda dapat mengimplementasikan VirusTotal ke dalam browser Anda dengan cepat.

Ekstensi Virustotal tersedia di Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Internet Explorer, dan dapat menampilkan hasil pemindaian dengan satu klik kanan.

Dengan ekstensi VirusTotal, pengguna perlu mengklik kanan tautan, dan ekstensi tersebut akan menampilkan hasil pemindaian kepada Anda. Ekstensi ini akan menambah lapisan keamanan ekstra.

8. Selalu Unduh Dari Sumber Tepercaya

Android memiliki Google Play Store, iOS memiliki iOS App Store, dan Windows memiliki Windows Store untuk mengambil semua perangkat lunak dan game. Namun, beberapa file tidak tersedia di toko aplikasi resmi karena alasan tertentu, dan pengguna mencari sumber lain.

Di sinilah semua masalah dimulai; terkadang, kami mengunduh file dari sumber eksternal, yang berisi malware dan dapat menyebabkan masalah keamanan yang serius.

Jadi, disarankan untuk mengunduh hanya dari sumber tepercaya. Juga, periksa ulasan sebelum mengunduh aplikasi atau game apa pun. Inilah pembahasan mengenai Cara Memastikan File Aman Sebelum Mendownload

 

 

Leave a Reply