4 Manfaat Adas Bagi Kesehatan, Menurut Ahli Gizi

4 Manfaat Adas Bagi KEsehatan – Adas adalah salah satu sayuran yang mungkin kurang familiar dibandingkan, katakanlah, brokoli atau zucchini. Tapi sayuran musim gugur yang bulat ini dan bijinya layak menjadi bagian dari rotasi sayuran reguler Anda. Berikut adalah beberapa nutrisi adas dan manfaat kesehatan potensial, seperti apa rasanya, dan cara memasukkannya ke dalam hidangan mentah dan matang.

Biji Adas
en.wikipedia.com

Adas Kaya Akan Nutrisi Pelindung Kesehatan

Menurut review di BioMed Research International, adas telah lama digunakan sebagai tanaman obat untuk berbagai kondisi yang berkaitan dengan sistem pencernaan, endokrin, reproduksi, dan pernapasan serta sebagai stimulan susu untuk ibu menyusui. Studi menunjukkan bahwa adas mengandung antioksidan pelindung kesehatan dan senyawa antimikroba, antivirus, antijamur, dan antiradang yang berharga.

Satu cangkir irisan adas mentah hanya mengandung 27 kalori, dengan hampir 3 gram serat. Ini mengemas 17% dari tujuan harian untuk vitamin C yang mendukung kekebalan dan 10% untuk kalium pengatur tekanan darah, ditambah sejumlah kecil vitamin mangan, kalsium, zat besi, dan B.

Adas Memiliki Manfaat Khusus Untuk Kesehatan Wanita

Bagi wanita, manfaat adas bagi kesehatan terutama terkait dengan minyaknya. Sebuah makalah baru-baru ini, yang diterbitkan dalam Journal of Menopausal Medicine, mengulas efek positif minyak adas dalam pengelolaan nyeri haid, sindrom pramenstruasi, menstruasi yang hilang, menopause, laktasi, dan sindrom ovarium polikistik.

Laporan tersebut mengutip satu studi di mana wanita yang mengonsumsi 100 miligram minyak adas setiap hari selama delapan minggu meningkatkan skor mereka pada skala peringkat menopause, dibandingkan dengan wanita yang menggunakan plasebo minyak bunga matahari.

Namun, saya tidak merekomendasikan penggunaan minyak esensial sendiri, baik secara oral, topikal, atau bahkan melalui aromaterapi. Andalkan bimbingan dan pengawasan dokter untuk menentukan apakah Anda bisa mendapatkan manfaat dari minyak, formulasi mana yang harus dibeli, dan cara menggunakannya — serta untuk memantau potensi interaksi, reaksi alergi, atau efek samping lainnya. Ini terutama benar jika Anda sedang hamil atau mencoba untuk hamil. Suplemen adas juga dapat mengganggu keefektifan pil KB.

Biji Adas Dapat Membantu Pencernaan

Benih dari tanaman adas biasa digunakan sebagai jenis bumbu masak makanan. Secara medis, biji adas juga telah digunakan untuk mengobati kembung dan gas, melalui teh yang dibuat dari sesendok kecil biji dan air panas, direndam selama 20 menit dan diminum setengah jam setelah makan.

Adas Dapat Membantu Meredakan Nyeri

Sebuah studi tahun 2020, yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Clinical Practice, mengamati efek adas pada orang dengan osteoartritis lutut. Pasien secara acak menerima kapsul yang mengandung ekstrak adas bubuk, atau plasebo, dua kali sehari selama dua minggu. Kelompok adas mengalami penurunan nyeri dan kekakuan yang tidak terlihat pada kelompok kontrol.

Seperti Apa Rasa Adas?

Adas memiliki aroma seperti licorice, tetapi umbi segarnya ringan, cerah, dan lembut. Rasanya agak manis dengan sedikit aroma wangi, tapi lembut dan tidak terlalu menyengat.

Saat berbelanja adas segar, carilah umbi putih utuh berukuran kecil hingga sedang yang tidak memar, dengan batang tegas berwarna hijau cerah dan daun berbulu. Biji adas memiliki rasa adas yang lebih kuat, hangat dan manis. Inilah sebabnya mengapa mereka biasanya digunakan sebagai bumbu, daripada meletuskannya seperti biji bunga matahari atau labu.

Cara Makan Dan Memasak Adas

Anda bisa makan adas mentah atau dimasak. Saya suka mencukur atau mengiris tipis umbi dan menambahkan serutan ke salad bersama dengan irisan apel, atau merendamnya dalam vinaigrette minyak zaitun extra virgin (EVOO). Untuk memasak adas, saya menikmati menumisnya di EVOO di atas kompor atau oven yang dipanggang di EVOO yang hanya dibumbui dengan garam laut dan lada hitam.

Kebanyakan resep membutuhkan umbi, tetapi atasan hijau yang indah dan lembut juga bisa dimakan. Anda dapat mencincang dan menggunakannya sebagai hiasan untuk segala sesuatu mulai dari kembang kol tumbuk hingga spaghetti squash panggang dan sup miju-miju. Cari biji adas di lorong bumbu. Tambahkan ke hidangan lezat, seperti lentil Bolognese, sup kentang atau kacang putih, atau roti buatan sendiri.

 

Artikel 4 Manfaat Adas Bagi Kesehatan dikutip dari tulisan : Cynthia Sass, MPH, RD, adalah editor nutrisi yang berkontribusi di Kesehatan, penulis terlaris New York Times, dan ahli gizi kinerja praktik swasta yang telah berkonsultasi untuk lima tim olahraga profesional.

Sumber

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.